PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 6 Jam 38 Menit 16 Detik

Python: Kunci Ikuti Tren Terkini dalam Data Science

Belajar Data Science di Rumah 10-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-01-2023-11-08-151650_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah salah satu bidang paling dinamis dan berkembang pesat di dunia teknologi. Terlepas dari perubahan konstan dalam tren dan teknologi, ada satu hal yang tetap menjadi kunci sukses dalam data science: Python.


Python termasuk sebagai salah satu bahasa pemrograman yang bersifat high level programming language, dimana bahasa ini mudah untuk dibaca maupun ditulis kembali karena menggunakan bahasa manusia.


Dalam artikel ini, kita akan membahas tren terbaru dalam dunia data science, seperti penggunaan deep learning, analisis teks, dan interpretasi data, serta mengapa pemahaman Python sangat penting untuk mengikuti tren ini.


Mari kita lihat mengapa Python adalah bahasa yang tak tergantikan dalam persiapan karir di bidang data science!


1. Penggunaan Deep Learning

Python

Salah satu tren terkini dalam data science adalah penggunaan deep learning untuk analisis data yang lebih canggih.


Python, dengan pustaka seperti TensorFlow dan PyTorch, telah menjadi bahasa yang paling umum digunakan dalam pengembangan model deep learning. 


Kemampuan Python dalam memanipulasi data dan kemudahan implementasi model deep learning menjadikannya bahasa yang ideal untuk mengikuti tren ini.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Analisis Teks

Python

Analisis teks adalah bidang penting dalam data science yang semakin berkembang. Ini termasuk pemrosesan bahasa alami, analisis sentimen, dan lainnya.


Python memiliki pustaka seperti NLTK dan spaCy yang sangat kuat dalam analisis teks. Kemampuan Python untuk bekerja dengan teks membuatnya menjadi pilihan utama bagi para profesional yang ingin memanfaatkan tren ini.


3. Interpretasi Data

Python

Interpretasi data adalah inti dari data science. Bagaimana kita menggali wawasan dari data yang kita miliki? Python memiliki banyak pustaka seperti Pandas dan NumPy yang memungkinkan kita untuk melakukan analisis data yang mendalam.


Menggunakan Python, kita dapat menjalankan berbagai analisis statistik, memvisualisasikan data, dan membuat kesimpulan yang berguna.


4. Kemudahan Integrasi

Python juga dikenal karena kemudahan integrasinya dengan berbagai alat dan pustaka lain dalam data science. Dengan Python, kamu dapat menghubungkan proyek-proyek data science dengan berbagai sumber data, basis data, dan alat lainnya. Kemampuan ini menjadikan Python bahasa yang sangat serbaguna.


5. Komunitas dan Dukungan

Python memiliki komunitas yang besar dan aktif dalam data science. Ini berarti jika kamu mengalami kesulitan atau butuh bantuan, kamu dapat dengan mudah menemukan sumber daya, tutorial, dan forum yang dapat membantu. Dukungan ini sangat berharga dalam perjalanan karirmu di data science.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Sahabat DQ bisa mempelajari coding Python yang lebih mendalam dan detail dengan mengakses modul Premium yang tersedia di DQLab.  DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT. 


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif? Yuk ikuti DQLab LiveClass!


Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login