SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 4 Jam 50 Menit 52 Detik

Python: Pemrograman yang Multifungsional dalam Karir

Belajar Data Science di Rumah 03-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-01-2023-11-08-130250_x_Thumbnail800.jpg

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang paling populer di dunia. Tidak hanya karena kemudahan dalam penggunaannya, Python juga menjadi bahasa pemrograman yang bersifat fleksibel.


Tidak hanya digunakan oleh para praktisi data untuk mengolah dan memproses data saja. Namun lebih dari itu, Python bisa menyelesaikan banyak pekerjaan. Tidak heran jika pengguna Python terus meningkat setiap tahunnya. 


Untuk bisa menyelesaikan berbagai tugas dan keperluan yang terjadi di berbagai bidang, Python dilengkapi dengan banyak library dan ekosistem. Pengguna bisa menggunakan library yang ada sesuai dengan kebutuhannya masing-masing.


Dalam artikel ini, kita akan membahas mengapa Python bisa dikenal sebagai bahasa pemrograman yang bersifat fleksibel dan unggul dalam berbagai konteks. Yuk, simak pembahasan di bawah ini!


1. Data Science dan Analisis Data

Python


Python adalah bahasa pilihan dalam dunia Data Science. Para praktisi data tertarik menggunakan Python karena banyaknya library yang tersedia, misalnya seperti NumPy, Pandas, Matplotlib, dan Scikit-Learn membuat para praktisi data menjadi lebih mudah untuk melakukan analisis data, pemodelan statistik, visualisasi data, serta pembuatan model machine learning.


Dengan dukungan Python dalam komunitas Data Science yang berkembang pesat, ini adalah bahasa yang ideal untuk para praktisi data khususnya Data Scientist dan Data Analyst.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pengembangan Web dan Framework Web

Python


Tidak hanya disenangi oleh praktisi data, Python juga menjadi salah satu favorit dari web developer. Bahasa pemrograman ini memiliki sejumlah framework web yang kuat seperti Django, Flask, dan Pyramid.


Hal ini menjadi salah satu alasan bahwa bahasa pemrograman ini bisa menjadi pilihan utama untuk pengembangan situs web dan aplikasi web. Dengan dukungan database, templating, dan alat pengujian yang layak, Python akan sangat memudahkan para web developer dalam membangun aplikasi yang kuat dan aman.


3. Automasi dan Pengolahan Teks

Python

Python juga dapat digunakan secara luas dalam otomatisasi tugas-tugas sehari-hari. Dengan adanya proses automasi, kita tidak perlu melakukan tugas yang sama secara berulang-ulang. Karena dengan program yang telah disetting, Python bisa membantu kita dalam mengerjakan hal tersebut.


Dengan bantuan dari library Python seperti “requests”, “BeautifulSoup”, dan “OpenCV”, kita bisa mengotomatisasi berbagai tugas seperti  pengolahan file, pengiriman email, analisis log, dan banyak lagi.


4. IoT (Internet of Things)

Python

IoT merupakan keadaan dimana benda mati bisa berinteraksi satu sama lain dengan bantuan internet. Tujuan dari adanya IoT adalah untuk meningkatkan efisiensi, kenyamanan, dan produktivitas dalam berbagai aspek kehidupan manusia.


Menariknya, Python ternyata merupakan salah satu bahasa yang populer digunakan dalam pengembangan perangkat IoT. MicroPython dan CircuitPython adalah varian Python yang dioptimalkan untuk hardware kecil.


Dengan dukungan Python dalam ekosistem IoT, kita dapat mengendalikan berbagai perangkat fisik dan membuat solusi pintar untuk rumah atau bisnis.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Python adalah bahasa yang menawarkan fleksibilitas dalam penggunaanya. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu tools yang ideal untuk berbagai keperluan. Terlepas dari profesi yang kita miliki, apakah kita seorang software developer, praktisi data web developer, atau bahkan jika kita ingin mengejar karir di bidang artificial intelligence, Python adalah bahasa yang dapat diandalkan. 


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst! Atau kamu ingin mempelajari Artificial Intelligence lebih dalam & intensif?


Yuk ikuti DQLab LiveClass! Nikmati pembelajaran secara langsung dengan metode simulasi yang akan membantu kamu dalam persiapan karir. Kunjungi halaman Bootcamp Data Analyst with SQL and Python untuk informasi lebih lanjut ya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login