GEBYAR DISKON 95%+10%! KEJUTAN SPESIAL KEMERDEKAAN
Belajar Data Science 6 Bulan Bareng Ahli Bersertifikat hanya Rp. 170K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 12 Jam 47 Menit 2 Detik 

Query MySQL, Materi yang Wajib Pemula di Bidang Data Pelajari

Belajar Data Science di Rumah 08-November-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/0f03a5f9942ed687ab0b8a6e51418a76_x_Thumbnail800.png

Belajar hal seputar Data Science memang cukup rumit karena banyak sekali materi, skill atau istilah yang perlu dipahami. Salah satu yang akan kalian pelajari ketika memutuskan untuk mengenal Data Science adalah database. Database yang paling familiar di kalangan pelajar data adalah MySQL.


Dalam database terdapat istilah yang disebut dengan query, banyak yang masih kurang mengenal dan tidak paham bagaimana cara penggunaan query database dalam MySQL. Oleh karena itu, pada artikel kali ini, DQLab akan memberikan kalian informasi seputar query, mulai dari sejarah hingga kelebihan dari query di MySQL. Yuk, simak bersama!



1. Pengertian Query

Query merupakan sintaks atau perintah yang biasanya digunakan untuk mengakses atau menampilkan data pada sistem database. Query berkemampuan untuk mengatur data yang perlu ditampilkan sesuai dengan keinginan atau kebutuhan pekerjaan kalian karena query akan mengambil data yang telah diambil dari tabel tabel dalam database.


Pada umumnya, query seringkali disebut dengan nama query language atau bahasa query. Bahasa query yang sedang populer saat ini di kalangan database administrator adalah SQL. Query juga memiliki definisi atau pengertian lain, yaitu bahasa yang digunakan untuk memanipulasi database yang telah distandarkan dan biasanya dikenal dengan nama Structured Query Language atau SQL.


Baca Juga : Belajar Query MySQL Dasar yang Wajib Kamu Tahu Khususnya Untuk Pemula


2. Sejarah Query MySQL

Awalnya, MySQL merupakan proyek UNIREG lanjutan yang dikembangkan oleh seorang ahli, Michael Monty dan perusahaan software asal Swedia, TcX. Namun, sangat disayangkan UNIREG belum dapat dipakai di website karena belum kompatibel dengan database dinamis website. Perusahaan TcX mencari alternatif lain dan menemukan mSQL yang dikembangkan oleh David Hughes.


Sehingga pada akhirnya TcX, Michael Monty, dan David Hughes bekerja sama untuk mengembangkan sistem database yang baru. Pada tahun 1995, MySQL pun diluncurkan seperti yang dikenal seperti saat ini dan perkembangan MySQL sekarang diawasi atau berada di bawah pihak Oracle.


3. Jenis-jenis Query dalam SQL

Terdapat tiga jenis query database dalam SQL, yaitu DDL, DML, dan DCL. masing-masing jenis tersebut memiliki fungsi untuk membuat objek-objek database, seperti membuat, memanipulasi, dan mengontrol database. Mari ketahui satu persatu definisi dan kegunaan ketiga query tersebut.


  • Data Definition Language (DDL)

    DDL adalah metode query SQL yang digunakan untuk mendefinisikan data pada database. Dengan DDL, kalian dapat membuat tabel, mengubah tabel, membuat indeks, menentukan struktur penyimpanan tabel, dan lainnya.

  • Data Manipulation Language (DML)

    DML merupakan metode query yang digunakan setelah DDL dibuat, DML dapat kalian gunakan untuk memanipulasi database.

  • Data Control Language (DCL)

    Jenis terakhir, DCL merupakan metode query SQL yang digunakan untuk memberikan hak otorisasi akses database, auditan penggunaan database, alokasi space, dan definisi space.


4. Kelebihan Query MySQL

Diluar definisi, fungsi, dan jenis-jenis query, MySQL juga memiliki kelebihan yang dapat kalian manfaatkan ketika akan mengembangkan atau merancang perangkat lunak. Berikut beberapa kelebihan MySQL yang perlu kalian ketahui.


  • Dapat digunakan bersamaan dengan bahasa pemrograman lain.

  • Dapat digunakan dengan RAM kecil.

  • Mendukung multi user atau pengguna yang banyak.

  • Bersifat open source.

  • Memiliki struktur tabel yang fleksibel.

  • Memiliki tipe data yang bervariasi.

  • Memiliki fitur keamanan yang terjamin.


Baca Juga : Saatnya Belajar SQL, Kenali Rekomendasi Query SQL Bagi Pemula


5. Pelajari Query MySQL Secara Mendalam di DQLab

Salah satu materi yang wajib kalian pelajari dalam menguasai Data Science adalah query. Kalian memerlukan materi yang lengkap agar tidak bingung dalam proses mempelajarinya, DQLab dapat memberikan kalian materi belajar yang lengkap agar kalian dapat menguasai Data Science dengan baik. Kalian dapat sign up di DQLab.id, kemudian kalian boleh langsung mengerjakan module "Introduction Data Science with Python and R" secara gratis. Ayo, gabung dengan DQLab.id dan miliki materi lengkap seputar Data Science!



Penulis : Callista Eugenia

Editor : Annissa Widya Davita

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :