3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 3 Jam 36 Menit 40 Detik

Ragam Contoh Coding Python Simpel untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 19-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-01-2024-01-19-094120_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman merupakan salah satu skill yang perlu dikuasai oleh programmer maupun praktisi data. Penguasaan bahasa pemrograman ini akan memudahkan seseorang dalam proses menganalisis data. Saat ini telah banyak bahasa pemrograman yang bisa dipelajari oleh siapapun. Beberapa diantaranya adalah bahasa python, R, SQL, Matlab, dan masih banyak lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mempelajari contoh coding python sederhana.


Bahasa python adalah bahasa pemrograman yang ditujukan untuk general purpose programming, artinya dapat digunakan untuk berbagai macam permasalahan seperti pengembangan aplikasi web ataupun mobile,m data science, dan lainnya. Python juga termasuk ke dalam kategori high level programming dikarenakan bahasa pemrograman python yang mudah untuk dibaca dan dituliskan oleh manusia. Bahasa python ini termasuk bahasa pemrograman yang banyak diminati terutama oleh para pemula yang baru akan belajar bahasa pemrograman.


1. List Library Python

Python memiliki beberapa macam list library yang bisa digunakan sebagai bagian dari proses pengolahan data. Beberapa list library python tersebut adalah:

  • Numpy (numerical python), memudahkan proses pendefinisian array dan komputasi aljabar

  • Scipy, digunakan untuk keperluan komputasi saintifik lanjut

  • Pandas, library untuk pengolahan data dalam bentuk tabular

  • Matplotlib, digunakan untuk visualisasi data ke dalam bentuk grafik 2D atau 3D

  • Scikit-learn, scipy toolkit yang ditujukan untuk menghasilkan model prediktif dengan menggunakan machine learning

  • Seaborn, untuk proses visualisasi grafik statistik dengan warna yang menawan

Python


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Struktur Bahasa Python

Data science dan python saling berkaitan. Python memiliki tiga karakteristik yaitu general-purpose programming, high level programming dan berlisensi open source. Oleh karena itu library dalam python seringkali ditujukan untuk data science dan memudahkan pengguna dalam melakukan analisis dan membuat model prediktif. Python memiliki beberapa struktur bahasa python yang dapat digunakan, yaitu Statements, Variables, Literals, Operators, Reserved Words, Whitespace, Comments.


3. Variables

Variables adalah pengidentifikasian yang digunakan untuk menampung sebuah data atau informasi. Variables memiliki beberapa aturan penting yang wajib diikuti, yaitu:

  • nama dari sebuah variabel harus dimulai dengan huruf (a-z, A-Z) atau karakter garis bawah (_)

  • variabel hanya boleh mengandung karakter alfabet dan bilangan dan underscore (a-z, A-Z, _)

  • variabel bersifat case sensitive

Berikut ini contoh coding sederhana mengenai variabel

Python


4. Comments

Comments merupakan sekumpulan teks yang dituliskan dalam sebuah program dan tidak akan mempengaruhi hasil dari sebuah program. Comments merupakan salah satu komponen yang penting dalam pengembangan program. Comments dapat diselipkan di antara sekumpulan statements untuk dapat berkomunikasi dengan rekan data lainnya dalam satu tim. Comments ini bisa digunakan untuk memudahkan pengguna sendiri sebagai bantuan dalam proses pengkodean.


Berikut contoh penggunaan comments.

Python


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Proses coding python dan dasar-dasar bahasa python perlu dipelajari dari awal oleh para praktisi data. Di DQLab kita bisa belajar bahasa python dengan mengerjakan modul-modul yang ada di dalamnya.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :