2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 59 Menit 10 Detik

Ragam Contoh Query SQL yang Simpel & Gampang

Belajar Data Science di Rumah 02-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-06-2024-05-02-193723_x_Thumbnail800.jpg

Bahasa pemrograman termasuk suatu keahlian yang perlu dimiliki oleh seorang praktisi data maupun profesi lainnya yang berkaitan dengan bidang data maupun kecanggihan teknologi. Kini telah tersedia banyak bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk membantu menyelesaikan permasalahan dan memudahkan pengerjaan. Salah satu bahasa pemrograman yang bisa dipelajari adalah SQL. Beberapa contoh query SQL dapat dipelajari dari dasar. 


SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa query yang banyak digunakan untuk proses pengaksesan database. Bahasa SQL ini memiliki berbagai jenis, klausa, fungsi dan berbagai kegunaan lainnya. Bahasa query seperti SQL ini telah digunakan untuk berbagai bahasa pemrograman seperti MySQL. Bahasa SQL ini mengikuti standar American National Standart Institute (ANSI) yang digunakan dalam manajemen database relasional. 


1. Sejarah SQL

SQL (Structured Query Language) merupakan suatu bahasa query yang dirancang untuk mengakses database. SQl muncul pada tahun 1970-an yang mana pada awalnya bernama structured english query language. Pada tahun 1986, IBM menggunakan nama SEQUEL dalam berbagai proyek database hingga akhirnya nama SEQUEL diubah menjadi SQL. Sejak saat itu sampai masa kini, SQL menjadi populer dan digunakan dalam proses pengolahan data dan database. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Karakteristik SQL

SQL hampir sama seperti bahasa pemrograman lainnya, memiliki ciri khas dan karakteristik yang menjadi bahan pertimbangan pengguna ketika akan memilih bahasa pemrograman. Beberapa ciri khas dan karakteristik SQL antara lain:

  • statement dalam SQL bergantung kepada baris teks

  • dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan 

  • pernyataan dalam SQL mempengaruhi sebagian besar database

  • memiliki standar yang terdefinisi dengan baik

  • bersifat multiple data view dan mudah dipindahkan


3. Kegunaan SQL

SQL memiliki beberapa fungsi yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan. Beberapa fungsi SQL antara lain:

  • mampu mengeksekusi query

  • mampu mengatur hak akses user, seperti hak akses table,pandangan dan prosedur database

  • mampu memanipulasi dan mengakses database, dengan menuliskan beberapa perintah sesuai dengan query yang telah ditetapkan

  • mampu membuat tabel

  • melihat struktur tabel

SQL


4. Contoh Query SQL

SQL dapat dipelajari di berbagai platform salah satunya seperti DQLab. Pada DQLab terdapat fitur live code editor (LCE) yang bisa digunakan untuk belajar dengan mudah. Dengan mengetikkan code di live code pengguna bisa mendapatkan feedback secara langsung. Berikut ini adalah contoh query SQL yang sederhana yang mana sebelumnya telah memiliki tabel dan salah satu kolomnya berjudul nama_produk. Untuk menampilkan kolom nama_produk maka bisa mengetikkan query seperti di bawah ini. 


SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


SQL termasuk bahasa pemrograman yang bisa digunakan untuk berbagai hal seperti mengakses database, membuat tabel, menghapus tabel, dan masih banyak lainnya. Bahasa SQL ini juga bisa dipelajari di media pembelajaran seperti DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login