3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 39 Menit 46 Detik

Ragam Dasar Machine Learning & Contohnya

Belajar Data Science di Rumah 22-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-senin-07-2024-01-22-215006_x_Thumbnail800.jpg

Dengan berkembangnya teknologi saat ini, manusia sangatlah terbantu untuk kegiatan sehari-harinya. Salah satu bentuk perkembangan dari teknologi ini adalah Artificial Intelligence atau sering dikenal dengan kecerdasan buatan. Artificial Intelligence ini memiliki beberapa bagian salah satu bagiannya adalah machine learning. Contoh penerapan dari machine learning sekarang sudah banyak sekali kita jumpai dan sering kita gunakan untuk membantu pekerjaan kita sehari-hari.


Machine learning adalah salah satu cabang dari Artificial Intelligence yang sangat populer saat ini. Machine learning adalah mesin pembelajar yang dikembangkan agar bisa belajar secara otomatis tanpa adanya arahan dari manusia. Machine learning dibuat dengan berdasarkan ilmu-ilmu matematika, statistika, data mining, dan lain sebagainya. Nah, machine learning memiliki beberapa contoh penerapannya di kehidupan kita sehari-hari, apa sajakah itu? Yuk kita simak artikel di bawah ini!


1. Deteksi Wajah dalam Gambar

Contoh penerapan yang sering kita gunakan adalah pengenalan wajah dalam gambar. Teknologi ini dapat membantu meningkatkan keamanan dengan menggunakan kamera pengintai untuk melacak para penjahat. Contohnya seperti kalian memiliki proyek identifikasi visi computer untuk anak yang memiliki kekurangan gizi, nah dengan menggunakan pembelajaran mesin kalian bisa memprediksi tinggi badan sanga anak dan bisa menentukan apakah mereka kekurangan gizi atau tidak.

Machine Learning


Baca juga : Yuk Kenali Macam-Macam Algoritma Machine Learning!


2. Asisten Online

Contoh penerapan selanjutnya adalah asisten online atau asisten pintar. Ada beberapa produk asisten online ini yaitu seperti Siri, Alexa, dan juga Google Assistant. Tiga jenis asisten ini menggunakan machine learning untuk membantu penggunanya untuk mengerjakan tugasnya sehari-hari, seperti memeriksa cuaca, mengatur pengingat, dan lain sebagainya. Selain itu asisten ini memiliki manfaat yang sangat baik untuk para penyandang disabilitas.

Machine Learning


3. Keamanan Ponsel Pengguna

Keamanan dalam ponsel saat ini tidak hanya berupa tombol kunci saja. Dengan berkembangnya machine learning, keamanan dalam ponsel semakin berkembang juga, contohnya seperti munculnya fitur pengenalan sidik jari, pengenalan wajah, pengaturan sandi dengan menggunakan pola, dan lain sebagainya. Selain itu keamanan ini dapat dilakukan secara berganda yang berarti dapat digunakan di beberapa sistem keamanan dalam satu tujuan.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Penyaring E-mail Spam

Sebagian orang pasti memiliki email spam yang sering masuk. Tetapi email spam ini tidak masuk ke dalam inbox kita, melainkan masuk ke dalam folder yang terpisah. Machine learning yang bekerja di balik layar tersebut yang bisa mendeteksi apakah pesan yang masuk adalah email yang mengganggu atau tidak.


Machine learning juga bisa mengkategorisasikan jenis-jenis email yang masuk apakah termasuk ke dalam Social, Promotions, ataupun update. Dengan adanya hal ini, kalian tidak akan terganggu dengan email yang spam atau email yang tidak relevan dengan kalian. 


Machine Learning


Gimana sahabat DQ? Nggak perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang machine learning sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang machine learning, kamu bisa bergabung dalam modul DQLab yang berjudul “Basic Feature Discovering for Machine Learning” Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago machine learning bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab dan ikuti Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner!

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :