PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 14 Menit 2 Detik

Ragam Fungsi Excel untuk Mudahkan Pekerjaan

Belajar Data Science di Rumah 13-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-08-2024-02-12-162422_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel adalah salah satu software yang sangat terkenal di kalangan karyawan maupun praktisi data. Excel ini juga memiliki banyak sekali rumus yang bisa digunakan untuk berbagai macam keperluan. Selain itu excel ini juga bisa membantu para penggunanya untuk menghitung, menganalisis, dan juga merepresentasikan data. 


Ada beragam jenis fungsi rumus yang disediakan oleh excel ini yang harus kalian pahami jika ingin menguasai software ini. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas apa-apa saja fungsi rumus tersebut beserta dengan contohnya. Yuk kita simak pembahasannya!


1. Fungsi AND

Rumus AND adalah fungsi logika. Kalian bisa menggunakan fungsi ini jika ingin mengetahui apakah isi dari sebuah sel itu benar atau salah. Jika benar maka nilainya akan TRUE dan jika salah maka nilai yang akan muncul adalah FALSE. Misalnya kalian ingin mengetahui apakah di sel A1 lebih besar dari 40 dan kurang dari 60. Untuk rumusnya sendiri bisa kalian lihat di bawah ini.


=AND(A1>40;A1<60)


Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Fungsi OR

Fungsi selanjutnya adalah fungsi OR. Fungsi OR ini mirip dengan fungsi AND. Hanya saja, untuk rumus AND menggunakan dua kriteria untuk bisa mendapatkan jawabannya, untuk rumus OR ini bisa hanya dengan salah satu kriterianya saja. Misal kalian ingin mengetahui angka di sel A1 lebih besar dari 40 atau kurang dari 60.


Jika jawabannya benar akan muncul hasil TRUE, sedangkan jika salah maka akan muncul nilai FALSE. Untuk rumusnya seperti di bawah ini:


=OR(A1>40;A1<60)

Excel


3. Fungsi NOT

Fungsi selanjutnya adalah fungsi NOT. Fungsi NOT ini adalah kebalikan dari dua rumus sebelumnya yaitu AND dan OR. Misal, kalian ingin mengetahui angka yang berada pada sel A1 tidak lebih besar dari 60. Ketika jawabannya benar dan memenuhi kriteria maka yang akan muncul adalah TRUE dan jika jawabannya salah dan tidak memenuhi kriteria maka nilai yang akan muncul adalah FALSE. Untuk rumusnya seperti di bawah ini.


=NOT(A1>60)

Excel


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


4. Fungsi LEN

Fungsi lainnya adalah fungsi LEN. Fungsi LEN ini bisa membantu kalian untuk menghitung jumlah karakter yang ada pada satu sel. Karakter yang dihitung tidak hanya huruf dan angka saja, tetapi juga karakter lainnya seperti tanda seru, tanda tanya, titik, koma, dan lainnya. Untuk rumus dari fungsi ini seperti berikut ini.


=LEN(A1)

Excel


Yuk, nikmati modul Excel lainnya dan bergaabung dengan DQLab adalah solusi buat kamu yang ingin self learning tapi takut overdosis informasi. Kamu bisa belajar materi dasar hingga kompleks meskipun kamu ngga punya basic IT, lho. Disini kamu akan belajar skill data science mulai dari tools-tools pengolahan data dasar seperti excel secara online tanpa perlu keluar rumah. 


Dengan bermodalkan koneksi internet kamu bisa belajar secara fleksibel dan dapat diakses dimanapun dan kapanpun. Materinya pun disusun oleh mentor-mentor yang kompeten di bidangnya dari perusahaan unicorn dan startup. 


Jadi, jangan khawatir, kamu bisa mulai kursus data science online bersama DQLab! Sign up sekarang di DQLab.id atau klik button dibawah ini untuk nikmati pengalaman belajar yang seru dan menyenangkan! Sahabat DQ juga bisa mengikuti Bootcamp Data Analyst with Excel

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login