3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 0 Jam 37 Menit 20 Detik

Ragam Job Description Data Engineer vs Test Engineer

Belajar Data Science di Rumah 19-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-kamis-03-2024-01-19-171529_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer memiliki beragam tahapan yang saling berkaitan satu sama lain. Mulai dari pengumpulan data, pengolahan data, hingga pemeliharaan infrastruktur data. Pengumpulan data merupakan langkah awal dimana data engineer bertanggung jawab untuk merancang dan mengimplementasikan sistem pengumpulan data yang efisien.


Setelah data terkumpul, langkah selanjutnya adalah pengolahan data, di mana data engineer akan menggunakan berbagai teknologi dan alat untuk membersihkan, mentransformasi, dan mengorganisasi data agar dapat digunakan dengan efektif.


Jika ditilik dari tugas dan wewenangnya, data engineer memiliki berbagai macam profesi yang saling berkaitan satu sama lain. Salah satunya adalah profesi test engineer. Keduanya memiliki kesamaan tugas dalam ranah engineer. Namun demikian, meskipun memiliki sejumlah kesamaan tugas, peran data engineer dan test engineer memiliki fokus utama yang berbeda.


Data engineer bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara infrastruktur data, serta memastikan integritas, keamanan, dan ketersediaan data. Sedangkan test engineer berfokus pada pengujian perangkat lunak dan sistem untuk memastikan kualitas dan kehandalan. Seperti apa serba-serbinya antara kedua profesi ini? Simak yuk sahabat DQLab!


1. Mengenal Profesi Data Engineer

Data engineer adalah seorang profesional IT yang bertanggung jawab untuk merancang, mengembangkan, dan memelihara arsitektur data. Posisi ini berfokus pada pengelolaan data dan infrastruktur teknologi yang mendukung pengolahan data. Posisi data engineer sangat penting dalam mendukung keputusan bisnis yang didasarkan pada data. Mereka memainkan peran kunci dalam membangun dan menjaga infrastruktur data yang diperlukan untuk analisis data dan aplikasi berbasis data lainnya.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Mengenal Profesi Test Engineer

Posisi test engineer, atau disebut juga quality assurance (QA) engineer, adalah peran dalam dunia teknologi informasi yang fokus pada pengujian perangkat lunak dan sistem untuk memastikan bahwa mereka berfungsi sebagaimana mestinya dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Pekerjaan seorang test engineer melibatkan berbagai kegiatan pengujian, termasuk perencanaan pengujian, pembuatan skenario pengujian, eksekusi pengujian, dan pelaporan hasilnya.


Pekerjaan test engineer sangat penting dalam siklus pengembangan perangkat lunak karena membantu menemukan dan memperbaiki bug atau masalah kualitas sebelum produk atau sistem diperkenalkan ke pengguna akhir. Keberhasilan seorang test engineer juga dapat memastikan bahwa perangkat lunak dapat beroperasi sesuai dengan persyaratan dan tujuan bisnis yang ditetapkan.


3. Fokus Utama Tugas Data Engineer

Fokus utama posisi data engineer adalah merancang, mengembangkan, dan memelihara infrastruktur data dalam suatu organisasi. Mereka bertanggung jawab untuk memastikan bahwa data dapat dikumpulkan, disimpan, dan diakses dengan efisien dan aman. Beberapa tugas utama data engineer melibatkan:

  • Perancangan Infrastruktur Data: Membuat arsitektur data yang memadai untuk mendukung kebutuhan bisnis, termasuk pemilihan database, sistem penyimpanan data, dan alat pengolahan data.

  • Pengumpulan Data: Menyusun sistem untuk mengumpulkan data dari berbagai sumber, termasuk basis data internal, data eksternal, dan sumber data lainnya.

  • Pembersihan dan Transformasi Data: Membersihkan dan mengubah data agar sesuai dengan kebutuhan analisis, termasuk normalisasi, penghapusan duplikasi, dan transformasi data.


Baca juga : Data Engineer VS Data Scientist


4. Fokus Utama Tugas Test Engineer

Fokus utama posisi test engineer adalah memastikan kualitas dan kehandalan perangkat lunak serta sistem yang dikembangkan. Tugas utama mereka mencakup perencanaan, pembuatan, dan eksekusi skenario pengujian untuk mengidentifikasi bug, kesalahan, atau potensi masalah dalam perangkat lunak. Test engineer juga bertanggung jawab untuk memastikan bahwa perangkat lunak memenuhi spesifikasi fungsional dan non-fungsional yang telah ditentukan sebelumnya.


Dengan kata lain, sementara data engineer bekerja pada pengelolaan dan pengolahan data dalam infrastruktur, test engineer fokus pada memastikan bahwa perangkat lunak dan sistem yang menggunakan data tersebut beroperasi dengan baik dan memenuhi standar kualitas yang ditetapkan. Keduanya, meskipun memiliki tujuan yang berbeda, saling melengkapi dalam memastikan keberhasilan proyek data dan pengembangan perangkat lunak secara keseluruhan.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis: Reyvan Maulid

Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :