SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 24 Menit 38 Detik

Ragam Langkah Kenali Tugas Profesi Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 26-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-03-2024-05-24-220210_x_Thumbnail800.jpg

Era digitalisasi seperti saat ini pasti banyak perusahaan yang memiliki permasalahan yang sama yaitu permasalahan dalam hal data. Jumlah data yang masuk ke dalam perusahaan memiliki jumlah yang sangat banyak, hal ini yang membuat perusahaan kewalahan ketika data yang masuk tidak langsung diolah. Data yang jumlahnya sangat banyak ini biasanya digunakan untuk mengidentifikasi masalah lain seperti inefisiensi dalam sebuah bisnis. Inilah mengapa seorang data analyst semakin dibutuhkan dan banyak sekali diminati oleh banyak orang.


Selain data analyst, profesi lain seperti data engineer, data scientist, dan lainnya semakin banyak dibutuhkan oleh perusahaan. Profesi data analyst ini berfokus kepada berbagai macam data yang bisa diolah dan digunakan kembali untuk kepentingan perusahaan dalam membuat sebuah keputusan bisnis. Selain mengolah data, apa saja sih tugas dari data analyst ini? Nah, pada artikel kali ini kita akan membahasnya, jadi simak terus ya!


1. Mengumpulkan dan Menganalisis Data

Tugas dari seorang data analyst adalah mengumpulkan dan memeriksa data. Hal ini melibatkan pengumpulan informasi yang relevan dari berbagai jenis sumber, menyusunnya sedemikian rupa sehingga bisa memungkinkan dilakukannya analisis yang efektif dan kemudian bisa menelitinya untuk memperoleh wawasan yang bermakna. Proses analisis data memerlukan serangkaian teknik, mulai dari pertanyaan sederhana sampai dengan metode statistik yang kompleks.

Data Analyst


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Manajemen dan Pemeliharaan Data Base

Memelihara dan mengelola database adalah tugas penting lainnya dari seorang data analyst. Mereka bisa membuat dan mengelola database untuk menyimpan dan juga mengatur data secara efektif. Selain itu, mereka juga memiliki tanggung jawab untuk memastikan integritas data, memecahkan masalah apapun, dan juga menerapkan pembaruan atau modifikasi yang diperlukan untuk bisa mengoptimalkan kinerja dari databasenya itu sendiri.


3. Menghasilkan Laporan dan Mempresentasikan Hasil Temuan

Mengubah data menjadi wawasan yang bisa ditindaklanjuti adalah peran penting bagi seorang data analyst. Setelah menganalisis data, mereka akan menghasilkan laporan komprehensif yang menyoroti temuan dan juga tren utama.


Namun, mengumpulkan dan menyajikan wawasan ini dengan menggunakan cara yang bisa dimengerti bagi manajemen dan pemangku kepentingan perusahaan. Seorang data analyst yang sukses tidak hanya mampu menghasilkan analisis yang berkualitas tetapi juga bisa mengkomunikasikan implikasinya secara efektif untuk membantu pengambilan keputusan.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Visualisasi Data dan Pembuatan Dashboard

Keputusan dengan berdasarkan data sangatlah penting bagi keberhasilan sebuah bisnis dan kemampuan untuk memvisualisasikan data serta membuat dashboard menjadi keterampilan yang pasti bagi seorang data analyst. Tugas-tugas ini lebih dari sekedar menyajikan data dalam bagan atau tabel. Mereka melibatkan pembuatan narasi visual yang menyampaikan wawasan kompleks dengan cara yang sudah disederhanakan dan mudah dicerna. 

Data Analyst

Credit by Medium


Belajar menjadi seorang data analyst adalah langkah yang cerdas dan strategis di era digital ini. Profesi ini tidak hanya menawarkan peluang karir yang luas, tetapi juga peran yang krusial dalam pengambilan keputusan bisnis. Sebagai data analyst, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengolah data menjadi informasi yang berharga, yang dapat mengarahkan perusahaan ke arah kesuksesan.


Selain itu, belajar analisis data membuka pintu bagi Anda untuk mengembangkan kemampuan teknis seperti penggunaan SQL, Python, dan alat visualisasi data seperti Tableau dan Power BI. Ini adalah keterampilan yang tidak hanya meningkatkan daya saing Anda di pasar kerja, tetapi juga memberikan kepuasan profesional karena Anda dapat melihat langsung dampak dari pekerjaan Anda.


Jadi, jangan ragu untuk memulai perjalanan Anda menjadi data analyst. Investasikan waktu dan usaha Anda untuk belajar, baik melalui kursus online, pelatihan, maupun sertifikasi. Masa depan cerah menanti Anda dengan keterampilan yang kuat di bidang analisis data. 


Mulailah sekarang, dan jadilah bagian dari revolusi data! Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData. Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login