JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 1 Jam 33 Menit 3 Detik

Ragam Manfaat Excel dalam Implementasi Sehari-hari

Belajar Data Science di Rumah 29-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-08-2023-09-29-143726_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft Excel merupakan suatu software bagian dari Microsoft berupa program spreadsheet yang dapat digunakan untuk mengorganisir data. Excel bukanlah hal baru di masyarakat, bahkan dari tingkat pelajar pun sudah mengetahui terkait software Excel ini serta penggunaannya.


Sebagai salah satu tools pengolahan data, Excel terbilang cukup powerfull dan ringan dibandingkan dengan tools yang sejenis. Khususnya dalam membuat daftar laporan keuangan, pembuatan daftar nilai atau daftar hadir, melakukan operasi hitung, dan lain sebagainya.


Hal ini menyebabkan training terkait Excel semakin digencarkan. Pelatihan Excel sangat penting terutama di era teknologi seperti saat ini. Penasaran apa saja keuntungan dari mengikuti pelatihan Excel? Yuk simak artikel berikut ini!


1. Mengelola Anggaran Keuangan & Belanja

Excel sangat berguna untuk membuat dan mengelola anggaran keuangan pribadi maupun keluarga. kamu dapat membuat tabel untuk memantau pengeluaran bulanan, menghitung penghasilan, dan mengevaluasi seberapa efektif keuangan kamu.


Dengan Excel, kamu juga dapat membuat daftar belanja yang mudah diatur, yang dapat membantu kamu menghemat waktu dan uang. kamu dapat membuat daftar belanja yang teratur dan menghitung total biaya belanja dengan cepat.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


2. Membuat Jadwal serta Invetaris

Excel dapat membantu kamu membuat jadwal kerja, jadwal belajar, atau jadwal kegiatan lainnya. Kamu dapat membuat tabel yang menampilkan waktu, tempat, dan kegiatan yang harus dilakukan pada waktu tertentu.


Excel menjadi salah satu tools yang sangat berguna dalam mengelola inventaris. Kamu dapat membuat tabel yang menampilkan daftar barang, jumlahnya, dan lokasinya. Kamu juga dapat menghitung jumlah total barang yang kamu miliki dan mengetahui kapan kamu harus memesan barang baru.

3. Melakukan Analisa Data

Excel dapat digunakan untuk menganalisis data dan membuat grafik yang mudah dimengerti. Kamu dapat membuat tabel yang menampilkan data, seperti penjualan atau pengeluaran, dan menganalisisnya untuk mengetahui trend atau pola yang muncul.


4. Membuat Laporan dan Menghitung Rumus

Excel dapat membantu kamu membuat laporan dengan mudah. Kamu dapat membuat tabel yang menampilkan informasi yang relevan, seperti angka penjualan, biaya, atau pengeluaran, dan membuat laporan yang mudah dibaca.


Excel juga dapat digunakan untuk menghitung rumus matematika yang rumit. Kamu dapat membuat rumus untuk menghitung persentase, rata-rata, atau pengurangan angka dengan mudah.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Itulah beberapa manfaat Excel bagi kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan Excel, kamu dapat menghemat waktu, mengelola data dengan mudah, dan membuat keputusan yang lebih baik berdasarkan analisis data yang akurat.


Selain itu masih banyak manfaatnya yang tidak dapat disebutkan satu persatu. Jadi, alangkah baiknya langsung dicoba ya! Kamu juga gak perlu bingung harus belajar Excel dimana karena DQLab juga menyediakan modul Excel yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan Sign Up di DQLab.id dan ikuti Bootcamp Data Analyst with Excel!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login