Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Manfaat Python untuk Karir Bidang Data

Belajar Data Science di Rumah 07-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-01-2-2023-08-07-210842_x_Thumbnail800.jpg

Mungkin diantara kalian sudah tidak asing dengan bahasa pemrograman yang satu ini yaitu python. Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang cukup populer di zaman sekarang, terlebih lagi banyak praktisi data yang memakai bahasa pemrograman ini untuk membantu mereka dalam membuat project mereka. Python ini memiliki banyak manfaat yaitu sebagai pengembangan web, membuat sebuah aplikasi mobile, sebagai software analisis data, dan lain sebagainya. Dengan manfaat ini python memiliki peranan penting untuk mempersiapkan karir kalian di masa yang akan datang.


Python juga bisa dengan otomatis mengubah masukkan dari usernya dan juga bisa mendukung berbagai macam paradigma pemrograman baik pemrograman prosedural maupun yang memiliki basais objek dan fungsional. Python juga memiliki kelebihan yaitu bahasa yang open source, mudah untuk dipelajari, dan masih banyak lagi untuk menunjang karir dan pekerjaan kalian. Di dalam artikel kali ini kita akan membahas pentingnya python untuk persiapan karir kalian.


1.  Cocok untuk Pemula

Python adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, maksud dari bahasa tingkat tinggi adalah sintaks dari bahasa ini dibuat semirip mungkin dengan bahasa manusia. Jadi dalam proses pembelajarannya python tergolong ramah dengan pemula karena lebih mudah untuk dipelajari dan juga cepat dalam memahaminya. Python ini tersusun dari objek-objek kecil, objek-objek kecil ini memiliki karakteristik atau memiliki atributnya sendiri. Selain itu, python memiliki komunitas yang cukup luas dan juga suportif terhadap para pemula. 


Python juga dapat digunakan secara gratis atau bisa dikatakan open source. Library, modul, maupun toolsnya dapat dimanfaatkan secara gratis dan juga legal tanpa harus mengeluarkan biaya untuk mengoperasikannya. Jadi untuk kalian ingin mempelajari bahasa ini cukup bebas. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Dibutuhkan Berbagai Perusahaan 

Di zaman sekarang teknologi sudah berkembang dan teknologi juga semakin banyak dipakai di berbagai industri. Dengan berkembangnya teknologi banyak perusahaan yang memiliki data dalam jumlah besar dan mengharuskan perusahaan memiliki seorang praktisi data untuk bisa mengolah data yang ada di dalam perusahaan. Maka dari itu perusahaan haruslah memiliki sebuah kompetensi bagi para praktisi data, salah satu kompetensi yang harus dimiliki adalah memahami bahasa pemrograman yang salah satunya adalah python. Python ini sendiri cukup membantu seorang praktisi data untuk bisa memudahkan pekerjaannya dan juga mempersingkat tingkat pekerjaannya.


3. Kemudahan dalam Mengakses Database

Database adalah bagian dari tugas penting yang dimiliki oleh seorang praktisi data. Selain praktisi data perusahaan juga membutuhkan database ini untuk menampung semua data mereka. Bahasa yang bisa dipakai untuk memproses database ini adalah Python, mengapa python yang dipilih? Ini karena python memiliki fitur yang bisa mengizinkan para usernya untuk bisa melakukan kustomisasi interface. Selain itu sebagai user kalian juga bisa mengobservasi bagaimana database yang kalian buat dan juga bisa diupload secara langsung tanpa perantara lainnya.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


4. Menjadi Penunjang Karir

Untuk kalian yang sudah menguasai bahasa pemrograman ini, maka kalian tidak perlu mengkhawatirkan jenjang karir kalian, karena python sangat bermanfaat untuk berbagai aspek bisnis terutama dalam bidang teknologi. Ada jenjang karir yang mungkin menjanjikan bagi kalian yaitu sebagai python developer. Python developer ini memiliki tanggung jawab utama yaitu untuk menjaga program pada aplikasi yang dimiliki oleh perusahaan. Selain menjadi python developer kalian juga bisa menjadi seorang data engineer. Data engineer ini memiliki tugas untuk membangun sebuah sistem ataupun sebuah infrastruktur yang memiliki kaitan dengan volume data dalam jumlah yang besar. Dan pekerjaan lainnya yang membutuhkan skill dalam memahami bahasa python ini.



Gimana sahabat DQ? Terbukti bukan bahasa python termasuk kategori high level language, syntax-syntaxnya juga mudah dipahami khususnya untuk pemula. Kamu juga ngga perlu khawatir jika kamu belum memiliki pengalaman tentang bahasa python sebelumnya, kamu tetap bisa mengasah pemahaman mendasar kamu tentang python, kamu bisa bergabung dalam rangkaian modul DQLab.


DQLab  menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


DQLab juga merupakan program belajar online pertama yang mengintegrasikan modulnya dengan ChatGPT. Dengan begitu, proses belajar menjadi lebih menyenangkan karena membantu kalian menjelaskan lebih detail code yang sedang dipelajar, membantu menemukan code yang salah atau tidak sesuai, memberi solusi atas problem yang dihadapi pada code serta membantu kalian belajar kapanpun dan dimanapun


Yuk, segera Sign Up dan kembangkan kemampuan kalian menggunakan Python dengan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login