JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 8 Jam 46 Menit 24 Detik

Ragam Pelatihan Data Science Sesuai Persiapan Karir

Belajar Data Science di Rumah 02-Agustus-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/kv-2-banner-longtail-selasa-02-1-2023-08-02-214723_x_Thumbnail800.jpg

Pelatihan data science merupakan salah satu langkah mudah untuk mempelajari data science di era digitalisasi. Setiap pelatihan data science menawarkan tujuan akhir yang berbeda, dan secara umum dibagi menjadi tiga tujuan, yaitu data analyst, data scientist, dan data engineer. Program-program di dalam pelatihan data science dirancang untuk mempersiapkan peserta sehingga siap menghadapi karir yang diimpikan. Setiap pelatihan memiliki kurikulum dan cara belajar masing-masing. Oleh karena itu, sebelum memilih pelatihan, kita harus memahami apa tujuan karir yang ingin kita capai, bagaimana kebiasaan belajar kita, dan berapa budget yang kita miliki.


Beberapa tahun belakangan, data science menjadi topik yang sangat banyak dibicarakan, baik di artikel, video, diskusi, bahkan di surat kabar. Bahkan Harvard University menobatkan profesi data scientist menjadi The Sexiest Job di abad ke-21. Jenjang karir dan benefit yang sangat menggiurkan membuat banyak orang mulai mempelajari data science. Salah satu cara belajar data science adalah dengan mengikuti program sesuai dengan tujuan karir yang diinginkan. Apa saja program data science yang bisa dikerjakan untuk menunjang karir di dunia data science? Yuk simak aritkel ini sampai akhir!


1. Program Data Scientist

Data Scientist

Data scientist merupakan pekerjaan yang mengharuskan seseorang memiliki keterampilan tingkat lanjut dan menggunakan teknik yang kompleks, seperti machine learning. Dalam program data scientist, kita akan belajar mengerjakan proyek data science yang biasanya dirancang oleh para praktisi data, membangun model machine learning yang efektif, dan merancang eksperimen, membangun sistem rekomendasi, dan menerapkan solusi pada cloud. Pada program data science kita juga akan belajar tools dan bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh praktisi data di dunia industri. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Program Data Engineer

Data Scientist

Peran data engineer sangat penting untuk strategi data analysis di sebuah perusahaan. Tugas data engineer adalah membangun infrastruktur data, termasuk warehouse, data lake, dan data pipeline, serta menyiapkan data agar dapat digunakan oleh divisi lain. Pipeline dan database yang dibangun oleh data engineer merupakan fondasi atau dasar dari semua analisis data, data science, dan artificial intelligence.


Dalam program ini, kita akan belajar merancang model data, membangun warehouse dan data lake,  mengotomatiskan data line pipe, dan bekerja dengan big data. Data engineer juga masuk ke dalam jajaran pekerjaan yang banyak dicari oleh perusahaan karena tanpa seorang data engineer, data hanya akan disimpan, tidak akan terpakai, dan menghabiskan ruang.


3. Program Data Analyst

Seorang data analyst yang sukses memiliki keterampilan yang unik dan sangat berperan penting bagi organisasi atau perusahaan yang ingin membuat keputusan bisnis berdasarkan data. Dalam program ini kita akan belajar menggunakan Python, SQL, dan software statistik lainnya untuk mengetahui insight yang bermanfaat, mengkomunikasikan hasil temuan kepada stakeholder, dan membuat solusi berbasis data.


Saat ini, rekrutmen data analyst yang berkualitas terus meningkat dan termasuk ke dalam The Most Wanted Job dalam beberapa tahun terakhir.

Data Scientist


4. Program Business Analyst

Program business analyst ditujukan untuk siapa saja yang ingin memiliki keterampilan dasar terkait data yang berlaku untuk hampir semua bidang. Dalam program ini kita akan belajar mengumpulkan, mengatur, dan menganalisis data menggunakan Excel, SQL, dan Tableau untuk menemukan pola pada data yang nantinya akan digunakan sebagai dasar pengambilan keputusan.


Program ini merupakan program yang ideal jika kita baru mengenal dunia data dan tertarik untuk melanjutkan studi atau berkarir di dunia data. Program ini berfokus pada penerapan analisis prediktif dan business intelligence untuk memecahkan masalah bisnis di dunia nyata. 

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Yuk pilih salah satu program yang ingin kamu dalami bersama DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti DQLab LiveClass  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin bangun portfolio? Yuk signup sekarang!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login