Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Peranan Data Science di Dunia Bisnis 2023

Belajar Data Science di Rumah 25-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-05-2023-09-26-122853_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini perkembangan teknologi memberikan banyak kemudahan pada berbagai pihak dan berbagai bidang, salah satunya yaitu dalam bidang bisnis. Kecanggihan teknologi ini membutuhkan peran data science.


Data science merupakan suatu bidang ilmu yang berkaitan dengan data dan digunakan untuk banyak kebutuhan, seperti menganalisis data. Namun dalam bidang bisnis data science juga banyak membantu loh. Lalu bagaimana cara data science membantu bisnis di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini?


Data science merupakan suatu bidang ilmu yang tidak berdiri sendiri, melainkan gabungan dari beberapa ilmu lainnya seperti matematika, sistem informasi, bahasa pemrograman, pengetahuan database, dan masih banyak lainnya.


Data science sendiri juga memiliki berbagai algoritma yang dapat diterapkan untuk proses analisis data. Pada artikel ini khususnya kita akan mengenali beberapa hal terkait peranan data science dalam dunia bisnis.


1. Data Real Time

Data merupakan bagian penting dalam suatu kegiatan. Pada bidang bisnis, baik itu skala kecil maupun besar memerlukan kelengkapan data yang tersimpan dengan rapi dan jelas. Pada era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini dapat menghasilkan data secara real time.


Keberadaan data yang dapat diperoleh secara real time ini tentang memudahkan praktisi data dalam menerapkan data science untuk pembuatan keputusan dengan lebih tepat.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Meningkatkan Keamanan Data

Seperti yang telah kita ketahui bahwa dalam proses analisis data ini memerlukan data yang sesuai dengan kebutuhan. Agar dapat memenuhi kebutuhan data tentunya database perusahaan perlu dikelola dengan baik agar menghasilkan data yang berkualitas.


Selain data yang berkualitas, diperlukan pula keamanan dalam penyimpanan data. Dengan adanya berbagai algoritma data science seseorang bisa merancang tingkat keamanan data sehingga hanya bisa diakses dengan seizin pihak yang berwenang terhadap data tersebut. 

Data Science


3. Memudahkan Pengambilan Keputusan

Saat ini sudah banyak perusahaan yang berbisnis dan saling berkompetisi satu sama lain. Setiap perusahaan tentunya memiliki strategi perusahaan masing-masing yang tujuannya untuk meningkatkan performa perusahaan dan meningkatkan penjualan.


Hal-hal tersebut memerlukan peranan data science. Selain membantu meningkatkan performa perusahaan dan meningkatkan penjualan, data science juga berperan untuk memudahkan pengambilan keputusan.


4. Inovasi Baru

Suatu perusahaan baik itu bergerak dalam bidang jasa maupun produksi tentu memerlukan inovasi baru yang menyesuaikan perkembangan zaman. Perusahaan perlu mengetahui trend pasar dan tren industri.


Dengan demikian perusahaan dapat mengidentifikasi peluang baru unuk mengambangkan produk baru maupun layanan baru. Hal ini membutuhkan peranan data science yang dapat membantu menemukan pola dalam data dengan lebih efisien dan efektif

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Mempelajari data science dalam bidang bisnis merupakan suatu kebutuhan yang perlu dipenuhi untuk memudahkan proses pengembangan bisnis di era digital seperti sekarang ini.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login