JULY SPECIAL ! DISKON 96%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 180K!
0 Hari 1 Jam 59 Menit 47 Detik

Ragam Persiapan Membuat Portofolio Data Science

Belajar Data Science di Rumah 22-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-05-2023-09-23-093314_x_Thumbnail800.jpg

Profesi praktisi data saat ini termasuk ke dalam profesi yang banyak diminati oleh berbagai kalangan. Profesi yang berkaitan dengan data ini termasuk ke dalam profesi yang kekinian dan sesuai dengan perkembangan zaman sekarang.


Proses menjadi praktisi data ini membutuhkan beberapa hal, salah satunya adalah portofolio data. Untuk memiliki portofolio data science kita perlu mengetahui cara bikin portofolio data yang menarik agar dilirik oleh recruiter.


Portofolio data adalah kumpulan project yang dapat digunakan sebagai bukti bahwa seseorang pernah mengerjakan beberapa project data science. Dengan memiliki portofolio data seseorang dapat melampirkan beberapa hal yang sekiranya diperlukan dalam menyampaikan hasil kerja.


Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa hal terkait portofolio data science dan cara membuatnya dengan baik dan menarik. Yuk, simak bersama-sama!


1. Profil Diri

Pada saat melampirkan portofolio data, bagian utama yang tidak bisa terlewatkan adalah profil diri. Penyampaian profil diri ini perlu disampaikan dengan singkat dan jelas. Tujuan penyampaian profil diri ini agar pembaca dapat mengenali secara singkat terkait penulis.


Pada bagian profil diri ini seseorang juga dapat menjelaskan secara singkat tentang dirinya seperti alasan berminat dengan data science dan hal-hal apa saja yang dilakukan untuk mencapai profesi tersebut.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Testimoni dan Riwayat Pekerjaan

Elemen lainnya yang perlu dicantumkan dalam portofolio data adalah riwayat pekerjaan. Dengan menampilkan riwayat pekerjaan maka pembaca dapat mengetahui secara singkat pengalam kerja kita dan apa saja yang pernah dikerjakan.


Selain itu  kita perlu melampirkan testimoni orang yang pernah menggunakan jasa kita. Hal ini berguna untuk meningkatkan kepercayaan pembaca terkait hasil kerja kita. Dengan melihat riwayat pekerjaan dan testimoni pengguna tentu akan membuat pembaca semakin yakin.


3. Project

Salah satu poin penting lainnya yang tidak boleh tertinggal tentunya adalah project analisi data yang pernah dikerjakan oleh pelamar. Dalam portofolio data biasanya peserta dapat mencantumkan satu atau lebih project yang pernah dikerjakan.


Untuk lebih menampakkan skill yang dimiliki, peserta dapat mencantumkan berbagai proyek dengan studi kasus yang berbeda-beda. Selain itu, peserta juga dapat menggunakan teknik analisis data yang berbeda pula.

Data Science


4. Tautan Link

Bagian penting lainnya yang bisa dicantumkan sebagai tambahan dalam portofolio data science adalah tautan link. Tautan link yang berisi project yang dikerjakan ini memberikan tempat atau media kepada pembaca yang ingin mengetahui tentang project secara lebih jauh.


Dengan mencantumkan tautan link penulis juga dapat membangun personal branding yang membuat pembaca mengetahui lebih jauh terkait kemampuan penulis dalam bidang data science.

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Portofolio data science adalah salah satu bentuk hasil kerja kita yang dicantumkan dan diringkas secara singkat dan jelas untuk memudahkan proses menuju profesi yang berkaitan dengan data science.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login