SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 2 Menit 18 Detik

Ragam Project Data Analyst, Bisa untuk Showcase!

Belajar Data Science di Rumah 24-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-03-2024-05-24-213644_x_Thumbnail800.jpg

Project data analyst adalah sebuah hal yang tidak pernah terpisahkan. Umumnya, ketika kita masuk ke dalam dunia data analyst, kita pasti akan dihadapkan dengan berbagai macam tugas atau project untuk menjawab permasalahan yang ada. Semakin banyak project yang berhasil diselesaikan maka akan menunjukkan orang itu memiliki keahlian di bidang data analyst. 


Project data analyst ini adalah sebuah langkah pertama untuk mengukur dan mengembangkan kemampuan kita dalam menganalisis sebuah data. Kalian bisa memilih berbagai macam jenis tugas atau project yang bisa kalian kerjakan dengan melihat kasus yang ada di lapangan. Pada artikel kita kali ini kita akan membahas project apa saja yang bisa kalian buat untuk menjadi seorang data analyst. Apa sajakah itu? Mari kita simak pembahasan berikut ini!


1. Financial Budget Analysis

Project yang bisa kalian coba buat adalah analisis financial budget dengan menggunakan bahasa pemrograman Python. Pada umumnya, di setiap negara pasti memiliki anggaran keuangan yang menggambarkan kapasitas belanja pemerintah dalam berbagai sektor, nah kalian bisa mencoba menganalisis anggaran keuangan di sebuah negara setiap tahunnya agar bisa mendapatkan analisis terkait prioritas keuangan secara keseluruhan setiap tahunnya.

Data Analyst


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Analisis Sentimen

Project selanjutnya adalah analisis sentimen. Analisis sentimen adalah menganalisis kata-kata untuk menentukan pendapat atau sentimen yang mungkin tergolong positif atau negatif dalam polaritas. Analisis ini bisa mengidentifikasi kata-kata yang termasuk dalam kategori bahagia, sedih, marah, tidak suka, dan lain sebagainya.


Untuk mengimplementasikan ini dalam proyek data sains, Anda bisa menggunakan bahasa R dan dataset janeaustenr. Anda akan memanfaatkan kamus sentimen seperti bing, loughran, AFINN, dan lainnya. Hasil akhirnya akan divisualisasikan menggunakan word cloud.


3. Sistem Rekomendasi

Sistem rekomendasi adalah sebuah platform yang menggunakan proses penyaringan dan juga bisa memberikan para usernya dengan berbagai jenis konten dengan berdasarkan kesukaan mereka. Sistem rekomendasi ini akan mengambil beberapa jenis informasi tentang user sebagai input nya dan juga mengembalikan rekomendasi dari hasil evaluasi tersebut dengan menggunakan machine learning. 


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Risk Management

Kalian juga bisa membuat sebuah project data science dengan menganalisis risiko dalam bidang keuangan dan bisa mengembangkan modelnya untuk mengelola eksposur risiko keuangan. Nantinya kalian akan membuat sebuah evaluasi risiko berbagai jenis aset, membuat simulasi untuk menguji dampak berbagai skenario dan juga mengembangkan strategi untuk memitigasi risiko.

Data Analyst


Belajar menjadi seorang data analyst adalah langkah yang cerdas dan strategis di era digital ini. Profesi ini tidak hanya menawarkan peluang karir yang luas, tetapi juga peran yang krusial dalam pengambilan keputusan bisnis. Sebagai data analyst, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengolah data menjadi informasi yang berharga, yang dapat mengarahkan perusahaan ke arah kesuksesan.


Selain itu, belajar analisis data membuka pintu bagi Anda untuk mengembangkan kemampuan teknis seperti penggunaan SQL, Python, dan alat visualisasi data seperti Tableau dan Power BI. Ini adalah keterampilan yang tidak hanya meningkatkan daya saing Anda di pasar kerja, tetapi juga memberikan kepuasan profesional karena Anda dapat melihat langsung dampak dari pekerjaan Anda.


Jadi, jangan ragu untuk memulai perjalanan Anda menjadi data analyst. Investasikan waktu dan usaha Anda untuk belajar, baik melalui kursus online, pelatihan, maupun sertifikasi. Masa depan cerah menanti Anda dengan keterampilan yang kuat di bidang analisis data. 


Mulailah sekarang, dan jadilah bagian dari revolusi data! Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData. Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login