2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 13 Jam 51 Menit 31 Detik

Ragam Role Data Scientist di Berbagai Bidang 2024

Belajar Data Science di Rumah 15-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-02-2024-05-15-160359_x_Thumbnail800.jpg

Beberapa tahun belakangan ini semakin banyak profesi kekinian yang bermunculan dan menarik minat para kaum muda dan milenial. bahkan tidak hanya para fresh graduate saja yang tertarik dengan profesi ini, orang yang sudah bekerja pun banyak yang tertarik untuk alih profesi. Ya, profesi tersebut adalah profesi yang berkaitan dengan data, salah satunya adalah data scientist. Data scientist ini memiliki role dan job desk yang begitu penting di berbagai bidang perusahaan.


Perusahaan masa kini baik itu skala kecil maupun besar tentu memiliki data yang begitu banyak atau bisa juga dikatakan dengan big data. Keberadan big data ini perlu ditangani oleh seorang ahli di bidangnya, seperti data scientist. Oleh karena itu tidak mengherankan jika peran data scientist serta tanggung jawabnya terhadap data begitu besar. Tidak hanya dalam bidang teknologi dan informasi, data scientist ini juga bisa membantu permasalahan data di bidang kesehatan, pendidikan, ekonomi, pembangunan, dan masih banyak lainnya. 


1. Bidang Kesehatan

Kesehatan adalah kebutuhan utama bagi setiap manusia dan selalu ada setiap harinya. Adakalanya seseorang memerlukan sesi konsultasi online dengan dokter atau tenaga kesehatan namun terhalang waktu dan keadaan. Kini telah banyak aplikasi kesehatan yang dapat diakses secara online dan bisa digunakan oleh siapapun. Seorang data scientist dalam hal ini bisa berperan dengan menganalisis data yang diperoleh dari hasil konsultasi.

Data Scientist

Sumber : tek.id


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Bidang Pertanian

Saat ini bidang pertanian juga mulai melakukan beberapa hal yang modern dan mengikuti perkembangan zaman. Sebagai contoh sebuah perusahaan bisa membangun aplikasi pemesanan online yang bisa diakses antara petani dan pengguna sebagai sarana jual beli online dengan berbagai ketentuan tertentu. Disini data scientist di perusahaan bisa berperan dalam menafsirkan dan menganalisis data yang diperoleh untuk membantu proses pengambilan keputusan. 

Data Scientist

Sumber : HashMicro


3. Bidang Ekonomi

Bidang ekonomi masa kini tentu perlu menyesuaikan metode dan strategi yang tepat dengan kecanggihan teknologi. Sebagai contoh untuk mengamati naik turunnya harga saham dan membaca tren pasar tentu memerlukan bantuan seorang data scientist. dalam hal ini data scientist bisa membantu menemukan pola dan membaca perilaku pasar masyarakat. Hal ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam membuat keputusan.

Data Scientist

Sumber : detikcom


4. Bidang Pendidikan

Pada bidang pendidikan, data scientist juga memiliki banyak peran. Data scientist bisa menggunakan dasar ilmu data science untuk berbagai keperluan seperti menganalisis data siswa, meningkatkan kemampuan siswa, menemukan metode yang tepat untuk proses belajar mengajar, memprediksi performa akademik, personalisasi performa, dan masih banyak lainnya.

Data Scientist

Sumber : detikcom


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


Data scientist adalah sebuah profesi yang memiliki peranan penting di berbagai bidang dan sub tuhan oleh banyak orang. Menjadi seorang data scientist tentu perlu menguasai dasar-dasar data science, yang mana hal ini bisa dipelajari di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti  Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login