SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 14 Jam 49 Menit 7 Detik

Ragam Rumus Excel Dasar yang Bisa Kamu Pelajari

Belajar Data Science di Rumah 22-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-08-2024-05-23-220156_x_Thumbnail800.jpg

Microsoft excel adalah sebuah aplikasi atau software yang biasa digunakan untuk mengolah data baik itu dalam keperluan pribadi maupun golongan tertentu. Para praktisi data maupun pekerja kantoran membutuhkan microsoft excel untuk membantu menyelesaikan pekerjaannya. Microsoft excel tentu memiliki beragam manfaat dan kegunaan yang bisa digunakan untuk keperluan tertentu. Ragam fungsi excel yang tersedia juga bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. 


Microsoft excel adalah salah suatu aplikasi yang berada di bawah naungan Microsoft. Microsoft excel ini berbentuk spreadsheet yang terdiri dari berbagai baris dan kolom. Dalam dunia kerja, microsoft excel penting untuk dipelajari dan banyak digunakan untuk berbagai keperluan. Salah satunya adalah dengan menggunakan berbagai rumus atau formula di dalam nya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali apa saja rumus excel yang bisa digunakan.


1. Average

Average adalah sebuah rumus yang digunakan untuk menghitung nilai rata-rata. Nilai rata-rata termasuk salah satu perhitungan dalam ilmu matematika. Konsep dasar dari perhitungan nilai rata-rata adalah dengan menghitung jumlah dari keseluruhan data kemudian membaginya dengan banyaknya data tersebut.


Berikut ini contoh mudah menghitung nilai rata-rata dengan menggunakan rumus excel., yaitu dengan menggunakan rumus =AVERAGE.

Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Count

Pada data excel, ada kalanya setiap baris dalam data tidak selalu terisi dengan angka. Untuk mengetahui ada berapa sel yang terisi dengan angka, pengguna dapat menerapkan rumus count, yaitu rumus dalam excel yang dapat digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka.


Dengan demikian pengguna tidak perlu menghitung secara satu persatu sel mana saja yang berisi angka. Rumus umum dari count adalah =COUNT(value1:value2). Berikut contoh mudah menggunakan rumus count.

Excel


3. Upper dan Lower

Sebagian besar orang mengira bahwa microsoft excel hanya bisa digunakan untuk keperluan data numerik saja. Padahal, microsoft excel pun dapat digunakan untuk data yang bersifat non numerik. Sebagai contoh mudah, pengguna dapat mengubah semua huruf kecil menjadi huruf kapital hanya dengan mengetikkan rumus tertentu. Begitu pula sebaliknya, pengguna juga dapat mengubah huruf kapital menjadi huruf kecil dengan mudah. Perhatikan contoh berikut.

Excel


4. Sum

Seseorang yang baru mengenali microsoft excel, pada umumnya mengetahui fungsi microsoft excel adalah untuk melakukan perhitungan dan memudahkan dalam membuat tabel-tabel. Hal tersebut memang benar walau sebenarnya excel juga memiliki beragam fungsi selain untuk perhitungan aritmatika. Salah satu rumus matematika dalam excel yang perlu diketahui adalah rumus SUM. Rumus SUM ini berguna untuk menjumlahkan keseluruhan angka yang dipilih dengan mudah.


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with Excel


Rumus dasar excel adalah sebuah dasar dalam microsoft excel yang perlu dipelajari. Rumus dalam excel ini bisa digunakan untuk data numerik maupun non numerik. Berbagai rumus excel ini bisa kamu pelajari dalam modul yang ada di DQLab


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with Exce.


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login