PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 4 Jam 24 Menit 22 Detik

Ragam Skill Data Engineer untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 05-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/longtail-selasa-04-2024-01-05-154122_x_Thumbnail800.jpg

Data engineer adalah profesi yang berfokus pada sebuah pengelolaan infrastruktur daya pada sebuah perusahaan. Biasanya data engineer ini bekerja sama dengan praktisi data lainnya seperti data analyst dan juga data scientist. Praktisi data ini memiliki ruang lingkup yang sama yaitu untuk mengolah data tetapi dengan tugas dan tanggung jawab yang berbeda.


Infrastruktur data pada sebuah perusahaan biasanya memiliki banyak varian seperti warehouse, pipeline, database, dan sistem lainnya yang dirancang khusus untuk memproses data dalam jumlah yang cukup besar. Setiap menit pasti ada ribuan bahkan jutaan data yang masuk ke dalam sebuah perusahaan. Maka dari itu, perusahaan membutuhkan data engineer untuk menjaga infrastruktur ini sehingga bisa beroperasi dengan maksimal. 


Dengan adanya hal ini tidak menutup kemungkinan untuk kalian mencoba terjun ke dalam dunia data ini. Tetapi sebelum kalian menjadi seorang data engineer ada beberapa skill yang harus kalian miliki terlebih dahulu, apa sajakah skill yang diperlukan untuk menjadi seorang data engineer? Yuk, kita simak artikel dibawah ini!


1. Memiliki Kemampuan dalam Bahasa Pemrograman Dasar

Skill yang perlu dimiliki oleh seorang data engineer adalah mampu dalam mengoperasikan bahasa pemrograman dasar. Hal ini karena data engineer adalah profesi yang berspesialisasi pada software engineer. Ada beberapa bahasa pemrograman yang harus dikuasai oleh data engineer seperti Python, SQL, Java, Apache Airflow, dan lain sebagainya. Kemampuan bahasa pemrograman ini digunakan untuk bisa mengakses, mengelola, menjalankan, dan juga mengambil data query dan juga menghapus data pada sebuah database.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Pengetahuan Database dan Algoritma

Salah satu fokus utama dari seorang data engineer adalah pengoptimalan dan juga penyaring data. Tugas ini akan lebih mudah jika seorang data engineer memiliki pengetahuan akan algoritma. Dengan memiliki pengetahuan akan algoritma ini, kalian bisa menentukan checkpoints dan juga tujuan dari masalah bisnis perusahaan.


Selain algoritma, seorang data engineer juga dituntut untuk memahami database. Database ini digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti menentukan hubungan data seperti data pesanan, data karyawan, dan data penting perusahaan lainnya. 

Data Engineer


3. Pengetahuan akan Machine Learning

Data engineer ini perlu mengetahui akan pengetahuan dasar mengenai machine learning untuk bisa memahami kebutuhan data scientist. Algoritma machine learning dapat membantu data scientist dalam melakukan sebuah prediksi dengan berdasarkan data terkini dan juga data historis. Model ini nantinya akan diubah menjadi sebuah sistem produksi oleh seorang data engineer.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Memahami ETL

Extract, Transfer, dan Load atau biasa disingkat menjadi ETL adalah dasar dari pengolahan data. ETL ini adalh proses integrasi dara yang menggabungkan data dari berbagai sumber yang kemudian disimpan kedalam platform cloud service. ETL tools yang cocok untuk seorang data engineer adalah Big Query, Tableau, Amazon Redshift, dan lain sebagainya.


Data Engineer


Yuk, sambut tahun baru dengan semangat belajar baru untuk mulai berkarir di bidang data sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir.


Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login