Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Teknik Analisis Data untuk Data Science

Belajar Data Science di Rumah 14-Desember-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/867c713e91a40b322e9bbbe87a6b6410_x_Thumbnail800.jpeg

Dalam sebuah penelitian pastinya menggunakan metode teknik analisis data di dalamnya. Salah satu metode analisis data yang sering dipakai adalah metode analisis data kuantitatif. Jadi dalam metode ini bertentangan mengenai analisis data berdasarkan angka dengan menggunakan berbagai macam teknik statistik. Oleh karena itu, metode ini mencakup data kategorik dan juga numerik. Dapat disimpulkan bahwa metode analisis data kuantitatif ini adalah sebuah metode komputasi dan statistik yang berfokus pada analisis statistik, matematik dan juga numerik yang berasal dari sejumlah data atau sekumpulan data.


Nah pada artikel kali ini kita akan membahas macam-macam teknik analisis data kuantitatif yang sering digunakan oleh kebanyakan orang, yaitu metode analisis deskriptif, inferensial, dikriminan, dan yang terakhir ada komparatif. Jadi simak terus ya artikel berikut ini!


1. Metode Analisis Deskriptif

Metode pertama dalam teknik analisis data kuantitatif adalah metode analisis deskriptif. Metode analisis deskriptif ini adalah sebuah metode yang biasa membantu manusia dalam menggambarkan, menunjukkan atau meringkas suatu data dengan cara yang konstruktif. Jadi metode ini mengacu kepada gambaran statistik yang membantu dalam memahami sebuah detail data dengan menggunakan cara meringkasnya dan juga dengan cara menemukan pola dari sampel data tertentu. 


Teknik Analisis Data

Source : Pngtree


Dengan melalui sampel kalian dapat memperoleh angka yang absolut jadi tidak selalu menjelaskan motif yang ada di balik angka-angka dalam data. Nah tujuan dari metode deskriptif ini adalah untuk menguraikan sebuah masalah dengan jelas, akurat, dan lebih sistematik dengan berdasarkan fakta di lapangan.


Baca juga : Implementasi Teknik Analisis Data di Bidang Data


2. Metode Analisis Inferensial


Teknik Analisis Data


Selanjutnya ada metode analisis inferensial, metode ini juga cukup umum dipakai selain menggunakan metode deskriptif. Metode ini mengacu dengan adanya pengujian statistik hipotesis atau pengujian teori. Dalam metode ini kalian dapat mengubah angka mentah dengan menggunakan nilai numerik dan juga statistik deskriptif menjadi informasi yang berguna, dengan tujuan dapat membuat sebuah prediksi kemungkinan hasil dari data yang dianalisis. Yang hasilnya nanti akan membuat sebuah hubungan antara beberapa variabel untuk pengujian hipotesisnya untuk memprediksi perbedaan atau perubahan. Nah dalam metode ini juga dibagi empat metode yaitu Uji-T, ANOVA, Analisis Regresi, dan juga Analisis Faktor.


3. Metode Analisis Diskriminan

Metode ketiga ada metode analisis diskriminan. Dalam metode analisis diskriminan ini terdapat teknik analisis data deskriptid kuantitatif dengan cara mengklasifikasikan data dengan berdasarkan pengukuran dari sebuah variabel atau sebuah angka numerik dari data yang kita peroleh.


Dengan menggunakan metode analisis diskriminan ini kalian akan dapat dengan mudah menemukan apa yang dapat membuat dua atau lebih variabel menjadi sebuah variabel yang berbeda dan apa yang baru dari pengukuran variabel tersebut.


Baca juga : Contoh Teknik Analisis Data Dalam Penelitian Kuantitatif


4. Metode Komparatif

Metode analisis komparatif ini membandingkan beberapa data dalam penelitiannya dengan menggunakan teknik membandingkan suatu objek dengan objek lainnya. Singkatnya adalah membandingkan antara variabel-variabel yang saling berhubungan dengan cara menentukan perbedaan-perbedaan di dalamnya. Ciri-ciri dari metode komparatif ini adalah menentukan mana yang lebih baik atau yang mana sebaiknya dipilih, rumusan masalah dalam metode komparatif ini adalah dengan membandingkan keberadaan satu variabel atau lebih variabel dengan waktu yang berbeda, dan membuat generalisasi tingkat perbandingan dengan berdasarkan bagaimana cara pandang atau kerangka berfikir tertentu. 


Ingin berkarir di bidang data science tapi, tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu? Sudah mencoba belajar otodidak tapi malahan overdosis materi? Mengingat skill data science terbilang cukup banyak yang wajib dikuasai salah satunya adalah memahami algoritma data science nya hingga tahap penerapannya pada dataset. 


Yuk, coba free module Introduction to Data Science with R dan python dari DQLab sekarang 


Caranya gimana? Mudah banget kok cukup signup sekarang ke DQLab.id lalu pilih menu learn.


Setelah itu kamu sudah bisa menikmati pembelajaran yang praktis dan aplikatif dan jago algoritma data science bersama DQLab! Tunggu apa lagi? Yuk, signup sekarang dan mulai belajar Module Premium di DQLab!



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login