Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Ragam Tipe Data Karakter pada Sistem Operasi SQL

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-06-2023-09-30-115143_x_Thumbnail800.jpg

SQL sebagai bahasa pemrograman memiliki beragam variasi tipe data yang digunakan dalam menunjang sistem operasi database. Salah satu tipe data yang sering ditemui dalam pekerjaan sehari-hari sebagai database admin adalah tipe data karakter.


Tipe data karakter adalah jenis data yang digunakan untuk menyimpan teks, huruf, dan karakter dalam basis data atau program komputer. Tipe data karakter yang ada dalam SQL digunakan untuk merepresentasikan informasi seperti nama, alamat, deskripsi, komentar, dan data teks lainnya.


Dalam banyak bahasa pemrograman dan sistem manajemen basis data, terdapat berbagai jenis tipe data karakter yang dapat digunakan. Mulai dari CHAR, VARCHAR, GRAPHIC, VARGRAPHIC dan lain-lain.


Tipe data karakter sangat penting dalam pemrograman dan manajemen basis data pada SQL karena mereka memungkinkan penyimpanan, pengambilan, dan manipulasi data teks. Selain itu, tipe data karakter sering digunakan dalam operasi pencarian, pengurutan, dan filtrasi data, sehingga menjadi bagian integral dalam banyak aplikasi yang melibatkan manipulasi teks dan karakter.


Tipe data karakter juga memungkinkan data untuk mudah dibaca dan dipahami oleh manusia. Selain itu, tipe data karakter merupakan format yang umum digunakan dalam berbagai aplikasi dan sistem, sehingga data dapat dengan mudah dipertukarkan dan diintegrasikan. 


Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang tipe data karakter dalam sistem operasi SQL. Simak yuk sahabat DQLab!


1. CHAR (Character)

CHAR adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan teks atau karakter dengan panjang tetap. Panjang karakternya biasanya ditentukan saat mendefinisikan kolom, misalnya CHAR(10) akan menetapkan panjang tetap 10 karakter. Jika teks yang disimpan lebih pendek dari panjang yang ditentukan, maka nilai akan diisi dengan spasi tambahan untuk mencapai panjang yang ditentukan. 


Contoh penggunaan CHAR adalah sebagai berikut:

SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. VARCHAR (Variable Character)

VARCHAR adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan teks atau karakter dengan panjang variabel. Panjang karakter yang bisa disimpan dalam kolom VARCHAR bergantung pada jumlah karakter yang sebenarnya disimpan dalam kolom tersebut.


Tidak ada spasi tambahan yang ditambahkan jika teks yang disimpan lebih pendek dari kapasitas maksimum kolom. Contoh penggunaan VARCHAR adalah sebagai berikut:

SQL


3. GRAPHIC

GRAPHIC adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan teks atau karakter dengan panjang tetap, terutama digunakan dalam sistem yang mendukung karakter berbagai bahasa dan set karakter ganda (misalnya, sistem mainframe IBM yang menggunakan EBCDIC).


Seperti CHAR, panjang karakternya ditentukan saat mendefinisikan kolom, dan spasi tambahan ditambahkan jika teks yang disimpan lebih pendek dari panjang yang ditentukan. Contoh penggunaan GRAPHIC adalah sebagai berikut:

SQL


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


4. VARGRAPHIC (Variable Graphic)

VARGRAPHIC adalah tipe data yang digunakan untuk menyimpan teks atau karakter dengan panjang variabel dalam sistem yang mendukung karakter berbagai bahasa dan set karakter ganda.


Panjang karakter yang bisa disimpan dalam kolom VARGRAPHIC bergantung pada jumlah karakter yang sebenarnya disimpan dalam kolom tersebut, tanpa spasi tambahan. Contoh penggunaan VARGRAPHIC adalah sebagai berikut:

SQL


SQL menjadi hal yang sangat wajib untuk dikuasai oleh praktisi data. Hampir semua pekerjaan seorang praktisi data pasti akan melibatkan proses query pada database, sehingga meskipun tidak begitu advanced menguasai SQL, setidaknya kita bisa menguasai hal-hal fundamentalnya terlebih dahulu.


Eits, kamu gak perlu bingung harus belajar SQL dimana karena DQLab juga menyediakan modul SQL yang sangat cocok bagi pemula.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.


Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Selain itu, Bootcamp Data Analyst with SQL and Python juga termasuk kelas yang direkomendasikan bagi pemula yang ingin melakukan pembelajaran data untuk menjadi seorang Data Analyst. Tentunya nanti kita akan dihadapkan dengan study case yang bisa menambah portfolio data.


Untuk mendapatkan pengalaman belajar menarik, buruan sign up di DQLab. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login