SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 5 Jam 8 Menit 37 Detik

Ragam Tools Data Science Kekinian di Tahun 2023

Belajar Data Science di Rumah 17-November-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-05-2023-11-17-182413_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan ilmu yang diterapkan oleh data scientist. Data scientist adalahsuatu profesi yang kini diminati dari berbagai kalangan. Perkembangan internet pun mendukung profesi ini menjadi profesi yang populer dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan.


Dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya, hadirlah peran tools data analyst yang berguna untuk memudahkan proses analisis data menjadi lebih cepat, singkat, efisien, dan lebih akurat. Ada apa sajakah tool data analyst yang sering digunakan itu?


Data scientist adalah profesi yang secara umum bertanggung jawab terhadap big data. Keberadaan big data pada masa kini memang sudah tidak bisa dipungkiri lagi. Kecanggihan teknologi yang terus berkembang menjadikan big data semakin mudah terkumpul dan mudah diakses oleh pengguna.


Untuk menindaklanjuti big data agar menjadi informasi yang bisa disimpulkan maka diperlukannya peran data scientist serta penggunaan tools data science yang bisa digunakan.


1. Tableau

Tableau merupakan salah satu tools data science yang sering digunakan untuk proses visualisasi data. Dengan menggunakan bantuan tools data science maka memudahkan pengguna dalam memvisualisasikan hasil analisis data agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca.


Tableau memiliki banyak kelebihan seperti banyaknya fitur yang menarik, pilihan visual yang interaktif, user friendly, mampu mengolah banyak sumber data, dashboard mobile friendly, serta terintegrasi dengan bahasa skrip.

Data Science



Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Python

Python merupakan salah satu tools data scientist yang sangat populer dan sering digunakan oleh praktisi data. Python dikenal sebagai bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mudah dipahami, mudah dipelajari serta memiliki banyak library.


Selain itu python juga bersifat open source sehingga memudahkan pengguna tanpa harus membeli lisensi terlebih dahulu. Python sering digunakan untuk berbagai keperluan seperti di bidang matematika, menulis skrip sistem, analisis data, machine learning, software development, web development, dan masih banyak lainnya.


Data Science



3. Power BI

Power BI adalah salah satu tools yang sering hadir dalam proses visualisasi data. Software ini seringkali digunakan untuk menggabungkan, menganalisis, membagikan serta visualisasi data. Terdapat hal-hal yang menarik dari Power BI yaitu dapat diintegrasikan dengan beberapa aplikasi analisis data yang sudah sering digunakan para praktisi data.


Pada dasarnya software ini bersifat gratis namun fitur yang tersedia sangat terbatas. Jika kalian ingin mendapatkan lebih banyak fitur, terdapat beberapa pilihan paket yang dapat digunakan yaitu seperti Power BI Pro dan Power BI Premium.

Data Science


4. QlikView

Qlikview merupakan tools data science yang sering digunakan untuk visualisasi data. Tools ini seringkali digunakan oleh para praktisi data. Qlikview ini memiliki beberapa kelebihan seperti dapat berdiri sendiri, dapat diintegrasikan dengan tools lainnya, dapat dengan mudah menangani kumpulan data yang besar, dn lainnya.


Adapun kekurangan dari qlikview yaitu biaya keseluruhan yang tinggi, membutuhkan kapasitas memori komputasi yang besar, dan masih banyak lainnya.


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Data science merupakan suatu ilmu kekinian yang perlu dipelajari oleh berbagai orang yang ingin update terhadap perkembangan teknologi. Dalam penerapannya itu perlu menggunakan beberapa tools data science.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.

Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login