SUPER 6.6 SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 120K!

0 Hari 5 Jam 49 Menit 48 Detik

Ragam Tools Data Science yang Bisa Pemula Coba

Belajar Data Science di Rumah 22-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/9f17269f2102e344be1209a632995f00_x_Thumbnail800.jpeg

Data science merupakan suatu bidang ilmu yang dibutuhkan di masa kini terutama pada era perkembangan teknologi yang semakin pesat dari waktu ke waktu. Data science digunakan untuk menyelesaikan permasalahan data di berbagai industri. Dalam penerapan data science dibutuhkan bantuan tools data science yang gunanya mempermudah proses analisis data sehingga lebih efektif dan efisien baik dari segi waktu maupun biaya.


Saat ini sudah banyak tools data science yang sering kita jumpai, baik itu bersifat open source maupun berbayar. Masing-masing tools memiliki kegunaan, kelebihan, serta kekurangan masing-masing. Ada tools yang sering digunakan untuk pemrosesan database, untuk proses analisis data, untuk proses visualisasi data, dan lainnya. Pada artikel kali ini kita khususnya akan mengenali berbagai macam tools data science yang populer di kalangan para praktisi data. Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Tableau

Tableau merupakan salah satu tools data science yang sering digunakan untuk proses visualisasi data. Dengan menggunakan bantuan tools data science maka memudahkan pengguna dalam memvisualisasikan hasil analisis data agar lebih menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Tableau memiliki banyak kelebihan seperti banyaknya fitur yang menarik, pilihan visual yang interaktif, user friendly, mampu mengolah banyak sumber data, dashboard mobile friendly, serta terintegrasi dengan bahasa skrip.

Data Science


Baca juga : Data Science Adalah: Yuk Kenali Lebih Jauh Tentang Data Science!


2. Google Data Studio

Google Data Studio adalah salah satu tools data science yang merupakan bagian dari layanan Google yang dapat digunakan secara gratis. Secara umum Google data Studio memiliki beberapa fungsi seperti untuk proses integrasi data, transformasi data, visualisasi data, dan sharing data. Google Data Studio juga memiliki berbagai kelebihan antara lain gratis,memiliki data dari banyak sumber, mudah digunakan, mudah dikustomisasi, proses sharing data lebih mudah, serta mudah dipelajari.

Data Science


3. Microsoft Power BI

Power BI adalah salah satu platform atau tools yang sering digunakan dalam proses berlangsungnya bisnis. Tools ini termasuk bagian dari Microsoft yang terdiri dari berbagai versi yaitu Power BI Desktop, Power BI Service, Aplikasi HP Power BI untuk iOS dan Android, Power BI Report Builder dan Power BI Report Server. Beberapa keuntungan menggunakan Power BI bagi perusahaan antara lain dapat diintegrasikan dengan aplikasi lainnya, kinerja fitur yang sederhana dan seinmbang, tidak memerlukan dukungan teknis khusus, dan lainnya.

Data Science


4. Tensorflow

Tensorflow merupakan salah satu tools data science yang memiliki komponen inti tensor dan grafik komputasi yang melintasi node hingga edge. Saat ini sudah banyak perusahaan yang menggunakan tools ini seperti Airbnb, Lenovo, Coca-Cola, Lenovo. PayPal, Twitter, dll. Terdapat berbagai alasan mengapa Tensorflow digunakan, beberapa diantaranya yaitu pengkodean yang fleksibel, memberikan eksperimen yang kuat untuk penelitian dan pengembangan bukti konsep, dan lainnya.

Data Science


Baca juga : 3 Contoh Penerapan Data Science yang Sangat Berguna di Dunia Perindustrian


Penggunaan tools data science termasuk ke dalam salah satu hal yang perlu dikuasai. Tujuan utamanya tentu untuk memudahkan pengguna dalam menganalisis data dan menghasilkan program maupun visualisasi data yang menarik dan mudah dipahami.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login