3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 1 Jam 38 Menit 40 Detik

Ragam Tugas Data Scientist Terupdate 2024

Belajar Data Science di Rumah 02-Januari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-senin-02-2024-01-02-173948_x_Thumbnail800.jpg

Halo Sahabat DQ, seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini perkembangan teknologi yang semakin pesat memberi begitu banyak kesempatan untuk dapat meng-upgrade skill dan profesi yang sesuai. Dari sekian banyak profesi yang ada tentu kita tidak asing dengan profesi data scientist. Profesi data scientist ini merupakan profesi yang secara umum bertanggung jawab terhadap data perusahaan khususnya dalam proses analisis data. Selain itu, apalagi tugas data scientist yang perlu kita ketahui?


Sebelum berlanjut mengenai tugas data scientist, alangkah baiknya kita mengetahui apa itu data scientist. Data scientist merupakan sebuah profesi yang bisa disebut pula ilmuwan data. Data scientist memiliki berbagai tugas dan tanggung jawab yang perlu dilakukan. Kehadiran data scientist ini diperlukan oleh berbagai perusahaan masa kini.

Untuk menjadi seorang data scientist ini diperlukan beberapa skill seperti penguasaan skill dasar, penguasaan softskill, hardskill, dan lainnya. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa tugas data scientist.


1. Menyiapkan Infrastruktur Data

Data merupakan suatu kumpulan informasi yang memiliki peranan penting dalam perusahaan. Data pada era kecanggihan teknologi ini sudah sangat beragam dan bisa diakses dan dikumpulkan secara digital. Seorang data scientist memiliki tugas menyiapkan infrastruktur data. Infrastruktur data ini perlu disiapkan dengan baik agar data yang nantinya akan dianalisis menghasilkan kesimpulan yang sesuai dengan permasalahan yang akan diselesaikan.  

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Menganalisis Data

Proses analisis data adalah suatu tugas penting bagi seorang data scientist. Analisis data adalah suatu proses pengolahan data yang awalnya berupa data mentah atau data yang belum memiliki kesimpulan menjadi sebuah informasi atau keputusan. Proses analisis data ini dapat menerapkan berbagai teknik analisis data yang bisa disesuaikan dengan jenis data maupun jenis permasalahan yang ada. Dengan memilih teknik analisis data yang tepat maka hasil analisis data yang diperoleh akan dapat sesuai sasaran pula.

Data Scientist


3. Menggunakan Bahasa Pemrograman

Menguasai atau mampu menggunakan bahasa pemrograman adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh data scientist. Dalam prakteknya, data khususnya big data ini nanti akan dianalisis menggunakan tools data scientist karena sangat kecil kemungkinannya jika dilaksanakan dengan cara manual.


Tools data scientist dalam penggunaannya tentu menggunakan bahasa pemrograman. Oleh karena itu data scientist perlu menggunakan bantuan bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhannya.

Data Scientist


4. Visualisasi Data

Seperti yang telah diketahui bahwa salah satu tahapan dalam proses analisis data terdapat tahapan penyajian data. Seorang data scientist perlu menyajikan hasil analisis data kepada pembaca. Agar mudah dimengerti oleh pembaca maka hasil analisis data ini perlu dikemas dengan visualisasi data yang menarik. Visualisasi data yang dilakukan dapat berupa diagram, tabel, grafik, bentuk peta atau lainnya, Hal ini dapat dikemas dengan pilihan yang sesuai serta interpretasi yang singkat dan jelas.

Data Scientist


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Data scientist merupakan suatu profesi yang banyak diperlukan di era kecanggihan teknologi seperti sekarang ini. Oleh karena itu dasar-dasar data scientist pun perlu dipelajari dengan benar agar nantinya dapat melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara maksimal.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab dan ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :