SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

1 Hari 8 Jam 49 Menit 48 Detik

Ragam Visualisasi di Excel & Implementasinya

Belajar Data Science di Rumah 12-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2e5c98a695ae70562aadedcf958f4b32_x_Thumbnail800.jpeg

Excel merupakan tools yang bisa menyelesaikan berbagai jenis pekerjaan. Salah satunya adalah memvisualisasikan data. Visualisasi data adalah proses mengubah data non visual (data angka dan teks) ke dalam bentuk visual. Penggunaan visualisasi data bertujuan untuk membuat data lebih mudah untuk dipahami sehingga pola dan hubungan dari data lebih mudah untuk dilihat dibandingkan dari pada data mentah, dan membantu dalam pengambilan keputusan yang lebih baik.


Visualisasi data juga dapat membantu dalam mempresentasikan data kompleks dengan cara yang mudah dipahami oleh audiens yang berbeda, baik itu dalam laporan, presentasi, atau dasbor pengambilan keputusan. Dengan demikian, visualisasi data menjadi bagian penting dari analisis data dan pelaporan dalam berbagai bidang seperti bisnis, ilmu pengetahuan, teknologi, dan pemerintahan. Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang ragam visualisasi yang ada di Excel dan pengimplementasiannya.Yuk, kita simak bareng bareng!


1. Line Chart & Area Chart

ExcelExcel

Line chart dapat digunakan untuk memvisualisasikan data yang berkaitan dengan waktu. Contohnya, line chart dapat digunakan untuk memvisualisasikan perkembangan penjualan produk selama beberapa bulan terakhir. Area chart dapat digunakan untuk memvisualisasikan data yang berubah seiring waktu, area chart hampir mirip dengan line chart hanya saja bagian areanya diisi. Misalnya area chart dapat digunakan untuk memvisualisasikan perkembangan pengeluaran perusahaan selama beberapa tahun terakhir.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Bar Chart & Pie Chart

ExcelExcel

Bar chart dapat digunakan untuk membandingkan data yang berbeda berdasarkan kategori nya. Contohnya, bar chart dapat digunakan untuk membandingkan jumlah anak anak yang menggemari masing-masing warna. Pie chart dapat digunakan untuk membandingkan bagian-bagian yang membentuk keseluruhan data yang digambarkan dalam lingkaran. Contohnya, pie chart dapat digunakan untuk membandingkan proporsi karyawan laki-laki dan perempuan di perusahaan.


3. Heatmap & Diagram Pareto

ExcelExcel

Heatmap dapat digunakan untuk memvisualisasikan data dalam bentuk tabel yang besar dengan warna-warna yang berbeda untuk memudahkan analisis. Contohnya, heat map dapat digunakan untuk memvisualisasikan data keuntungan dari berbagai produk yang terdapat di berbagai wilayah dalam suatu negara. Diagram Pareto dapat digunakan untuk memvisualisasikan proporsi data yang paling signifikan dalam sebuah kategori. Misalnya untuk memvisualisasikan produk-produk terlaris di toko retail.


4. Scatter Plot & Waterfall Chart

Excel

Scatter plot dapat digunakan untuk menampilkan hubungan antara dua variabel numerik. Misalnya scatter plot dapat digunakan untuk menampilkan hubungan antara tinggi badan dan berat badan siswa di sekolah. Waterfall chart dapat digunakan untuk memvisualisasikan bagaimana sebuah total jumlah terbentuk dan berubah. Contohnya, waterfall chart dapat digunakan untuk memvisualisasikan pengaruh berbagai faktor terhadap pendapatan perusahaan.


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Visualisasi yang disediakan oleh Excel sudah sangat beragam, kita bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Pemilihan jenis visualisasi yang tepat dapat membantu memudahkan analisis data dan pengambilan keputusan yang lebih efektif.


Tertarik untuk belajar Excel lebih lanjut? Kamu bisa mengakses modul Excel di DQLab dengan cara membeli modul Platinum Excel. Selain program tersebut, DQLab juga menyediakan free modul yang berjudul “Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi” untuk kamu yang ingin belajar Excel namun tanpa harus mengeluarkan biaya lebih. Meskipun bersifat gratis, namun modul ini juga bisa dibilang cukup lengkap agar pemula bisa mengenal Excel secara singkat


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Analyst!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login