[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 19 Jam 28 Menit 3 Detik 

Rahasia Willy Membangun Karir sebagai Data Analyst di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 19-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/bb3862126e2b35016553a0c7a166056c_x_Thumbnail800.jpg

Willy Wildan, seorang fresh graduate yang lulus tahun 2021 silam ini memiliki impian sebagai data analyst sejak lama. Keinginannya untuk bisa berprofesi sebagai data analyst dibuktikan dengan kegigihannya dalam mencapai mimpinya tersebut. Berbagai rintangan pun ia lewati, semangatnya pun tak patah arang saat mengalami kesulitan. Ia justru berupaya mencari cara untuk bisa menyelesaikannya. Berkat usahanya, Willy kini berhasil mendapatkan kesempatan internship sebagai data analyst di PT Erajaya Swasembada. 

Contek kisah inspiratifnya di balik perjuangannya Willy, yuk Sahabat DQ!


1. Mempelajari Ilmu dari Semua Sumber yang Ada

Kemudahan akses internet di zaman sekarang, membuat siapapun dengan mudah untuk bisa mendapatkan segala informasi yang tersedia. Hal inilah yang rupanya dimanfaatkan Willy saat mempelajari data science. Ia mengaku tidak hanya belajar dari satu sumber saja, melainkan juga berusaha menggali ilmu dari berbagai sumber yang ada. Tentunya, cara ini akan lebih cepat memperkaya pengetahuanmu.


"Sumber-sumber yang saya gunakan adalah Youtube, kursus online, Stack Overflow, Google, dan sumber lainnya," kata Willy.


Baca juga : Mulai Berkarir Jadi Data Project Manager Tanpa Background IT!


2. Posting Portofolio Data di Berbagai Platform

Segala pekerjaan di bidang data science, umumnya bersifat praktik. Artinya, pemahaman teori saja tidak cukup. Oleh sebab itu, kamu perlu untuk mengimplementasikan teori-teori yang kamu pelajari ke dalam project data salah satunya.

"Biasanya aku ngerjain module DQLab, projectnya macem-macem karena project yang tersedia case dari industrinya, selain itu aku juga suka ngulik case dari kaggle yang ternyata bisa dijadiin portofolio data." Ungkap Willy.

Semakin sering Sahabat DQ mempraktikannya, maka akan meningkatkan nalarmu dalam menyelesaikan beragam persoalan tentang data. Nantinya, project data yang telah kamu kerjakan, bisa kamu jadikan sebagai portofolio data, Sahabat DQ! Kamu bisa menggunggahnya di berbagai platform yang ada, seperti Github dan Medium. Hal ini agar lebih mempermudah perekrut dalam menemukan beberapa analisis data yang telah kamu kerjakan.


3. Fokus dan Surfing untuk Melamar ke Sejumlah Perusahaan 

Mau tidak mau, salah satu kunci keberhasilan seseorang terletak pada tingkat fokus dan konsistensi. Selain belajar, menurut Willy, konsistensi melamar ke sejumlah perusahaan juga perlu diperhatikan. Apalagi kalau kamu seorang fresh graduate. Willy menambahkan, saat ini sudah semakin banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan di bidang data science. Untuk itu, ini menjadi kesempatan yang bagus untuk kamu manfaatkan, Sahabat DQ!

"Tentunya fokus mempersiapkan skill, knowledge, dan portofolio yang sesuai dengan requirements dari perusahaan yang mau di apply dan yang paling penting cara berkomunikasi yang bagus." Tambahnya.


Baca juga : Siapkan Diri sebagai Praktisi Data, Pahami Python Bersama DQLab secara GRATIS!


4. Konsisten Belajar Data Science Seperti Willy, dan Raih Karirmu Menjadi Data Analyst!

data analyst

Sahabat DQ, bagaimana cerita perjalanan karir Willy? Semoga cerita perjuangannya bisa menjadi semangat dan motivasi Sahabat DQ ya! Sebagai pemula, tentu belajar adalah hal yang utama. Kamu bisa mulai konsisten mempelajari data science dari sekarang dengan memilih caramu sendiri dalam belajar. Mau otodidak bisa, mencari teman bisa, atau memilih tempat belajar yang terpercaya.


DQLab sebagai salah satu platform belajar data science berbasis online, bisa kamu jadikan pilihan yang tepat nih, Sahabat DQ. Di sini, kamu akan mempelajari data science dari dasar dan secara bertahap. Materi yang dikemas dalam bentuk modul bisa kamu akses secara gratis di DQLab.id. Yuk, belajar data science sekarang!


Penulis : Sandi Sabar Rahman

Editor : Annissa Widya Davita

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!