DOBEL DISKON 95% + 10% SPESIAL PROMO PUNCAK 7.7!
Belajar Data Science Paket Premium cuma 6 Bulan Hanya 177K!
SERBU SEKARANG!
Pendaftaran ditutup dalam 2 Hari 8 Jam 48 Menit 3 Detik 

Rekomendasi Aplikasi Statistik Open Source untuk Analisis Data

Belajar Data Science di Rumah 11-April-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2f740e51beb49358773799067a6949fc_x_Thumbnail800.jpg

Statistik merupakan bidang ilmu terkait pengolahan data yang meliputi pengumpulan data, pengorganisasian data, analisis data hingga penyajian atau visualisasi data. Proses ini menggunakan metode dan teknik yang sesuai dengan kebutuhan peneliti. Misalnya pengumpulan data bisa berupa data primer atau sekunder. Metode analisis statistik pun ada banyak seperti statistik parametrik dan non parametrik. Analisis data umumnya menggunakan data yang banyak untuk diolah. Data kualitatif, kuantitatif, interval, ratio adalah beberapa jenis data yang sering digunakan. Untuk melakukan analisis data tersebut maka diperlukan aplikasi statistik.


Aplikasi statistik merupakan software atau tools yang memiliki kemampuan pengolahan data dengan menerapkan kerangka kerja statistik. Aplikasi statistik ada yang berbayar ada juga yang bersifat gratis. Umumnya aplikasi statistik bisa digunakan di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux. Salah satu aplikasi yang powerfull untuk analisis statistik adalah SPSS. Namun aplikasi ini berbayar dan cukup mahal. Sahabat DQ yang ingin melakukan analisis data statistik, terdapat aplikasi statistik yang bersifat open source dan gratis, loh! Penasaran apa saja? Yuk, simak artikel di bawah ini!


1. SCI Labs

statistik

SCI Labs adalah software yang digunakan untuk analisis data bersifat open source dibawah lisensi GPL. SCI Labs memberikan komputasi berkualitas tinggi, statistik, dan pemodelan secara gratis. Biasanya software ini digunakan para ahli data untuk melakukan perhitungan statistik di industri. Interface dan fungsionalitas yang tinggi mampu melakukan analisis yang menggunakan big data. Beberapa fitur yang terdapat pada SCI Labs adalah descriptive statistics, standard deviation, variance analysis, data analysis dan modeling, regression test, SCI histplot, frequency distribution test, probability test, basic statistics function, dan linear and non linear modeling. 


Baca juga : Pengolahan Data Statistik Parametrik dan Non-Parametrik


2. SOFA

statistik

SOFA merupakan aplikasi statistik bersifat open source yang memiliki fitur analisis dan reporting yang user-friendly. Aplikasi ini memungkinkan penggunanya untuk menampilkan hasil analisis yang menarik dan siap dibagikan. Dengan SOFA kita dapat terhubung langsung ke database hanya dengan melakukan login. Kita juga dapat mengedit database dari SOFA atau menerapkan filter agar fokus pada subset yang kita inginkan saja. 


SOFA mendukung beberapa macam database yaitu MySQL, Microsoft Access, SQLite, PostgreSQL, Microsoft SQL Server, dan CUBRID. Chart yang bisa dibuat menggunakan SOFA yaitu antara lain bar chart, clustered bar chart, pie chart, area chart, dan scatterplot. Adapun teknik statistik yang dapat digunakan dengan SOFA yaitu antara lain mean, median, standard deviation, sum, min, max, one-way ANOVA, Mann Whitney U, dan Kruskal Wallis H.


3. JASP

statistik

Jeffreys’s Amazing Statistics Program (JASP) merupakan aplikasi statistik bersifat open source yang dapat menjadi alternatif pengganti SPSS. Fitur inti dari JASP adalah analisis Bayesian yang kuat. User interface yang diterapkan juga mudah dipahami dan dipelajari pengguna. Hasil dianotasi dengan teks deskriptif sehingga memudahkan analisis. Aplikasi ini bisa dipasang di berbagai sistem operasi seperti Windows, MacOS, dan Linux. Pengembang JASP menjanjikan pembaruan paling lama setiap 3 bulan. 


Pengguna dapat memberikan masukan mengenai fitur apa saja yang perlu ditambahkan pada JASP versi berikutnya. Namun JASP belum memiliki fitur auto-update sehingga pengguna harus rajin mengunjungi situs JASP untuk mengetahui apakah sudah ada versi terbaru. Beberapa fitur yang tersedia di JASP yaitu Frequentist analysis, Bayesian analysis, OSF Integration, Supports APA format, A/B Test (Beta), ANCOVA, Exploratory Factor Analysis (EFA), ANOVA, Bain (Beta module), dan Logistic Regression. 


4. MacAnova

statistik


MacAnova merupakan aplikasi statistik bersifat open source dan interaktif yang dikembangkan oleh Gary W. Oehlert dan Christopher Bingham yang berasal dari sekolah statistik Universitas Minnesota. Aplikasi ini dapat dipasang pada sistem operasi Windows, MacOS, dan Linux. Banyak kemampuan yang dimiliki MacAnova, namun yang paling powerful adalah untuk melakukan analisis varian dan model yang terkait, aljabar matriks, analisa time series, dan statistik eksplorasi multivariate. 


Fitur-fitur lainnya yang tersedia di MacAnova yaitu antara lain t-Test, ANOVA, K-Means cluster analysis, Hierarchical cluster analysis, discrimination and factor analysis, quartiles, skewness, logistic regression, linear modeling, mean, variance, dan median.


Baca juga : Yuk Pelajari Macam-Macam Metode Analisis Statistika


5. Bangun Portofolio Data untuk Jadi Data Scientist

Belajar pengunaan aplikasi statistik ini penting jika kamu tertarik di bidang data. Selain menggunakan aplikasinya, kamu juga harus paham teknik analisis apa yang cocok dengan data yang kamu miliki. 


Kemampuan statistik umumnya menjadi syarat wajib untuk kandidat yang ingin bekerja di bidang data atau data science. Mulailah dengan membuat portofolio data yang menarik untuk menunjukkan kemampuanmu. Kamu bisa mendapatkan data di internet atau melakukan web scraping. 


Mau module gratis belajar data science? Yuk, gabung di DQLab.id sekarang! Signup sekarang di DQLab dan dapatkan langsung akses module R dan Python gratis. 


Penulis: Dita Kurniasari

Editor: Annissa Widya



Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!