DISKON 95%! BIG PROMO 8.8 MENARIK DI TANGGAL CANTIK
Belajar Data Science 6 Bulan bareng ahli + dapat sertifikat hanya Rp. 188K 
BURUAN AMBIL
Pendaftaran ditutup dalam 1 Hari 3 Jam 9 Menit 38 Detik 

Rekomendasi Buku Data Scientist yang Wajib Kamu Pelajari

Belajar Data Science di Rumah 13-Juli-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/d5343c80d340731720e8eba01bdeb6e8_x_Thumbnail800.jpg

Data Scientist merupakan salah satu posisi yang banyak dilirik saat ini. Profesi ini dikenal dengan work life balance terbaik namun juga bisa profesi yang memiliki upah yang cukup tinggi. Perusahaan-perusahaan yang sudah beralih ke teknologi digital akan sangat membutuhkan Data scientist untuk bisa meningkatkan performa perusahaannya. Data Scientist cukup memegang peranan penting dalam perusahaan, layaknya tombak yang menentukan arah perusahaan.


Untuk menjadi Data Scientist, ada banyak sekali cara. Mulai dari mengambil pendidikan formal yang berhubungan dengan Data Science, mengikuti bootcamp, hingga belajar secara otodidak. Belajar secara otodidak merupakan cara belajar Data Science yang mungkin terbilang bisa termurah diantara cara lainnya. Meskipun cara belajar saat ini sudah cukup banyak, salah satu yang terbaik adalah dengan belajar menggunakan buku. 


Dalam artikel ini akan dibahas mengenai rekomendasi buku-buku yang dapat Sahabat DQ gunakan untuk belajar Data Science. Penasaran dengan artikelnya? Yuk, simak pembahasannya!


1. Python Crash Course

data scientist

Buku yang pertama yang dapat kamu coba adalah buku untuk belajar Python. Buku yang ditulis oleh Eric Matthes ini cocok untuk pemula yang tidak memiliki background pendidikan yang berhubungan dengan Data Science maupun programming.


Buku ini dikemas dengan menggunakan bahasa yang sederhana sehingga akan sangat ramah dengan pemula yang belum banyak mengenal istilah-istilah tertentu yang tersedia di programming. Selain materi yang menarik, di buku ini juga disediakan latihan yang dapat sahabat DQ gunakan untuk menguji seberapa jauh pemahaman sahabat terhadap materi yang telah dibahas.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Naked Statistics : Stripping The Dread From The Data

data scientist

Materi statistika merupakan hal yang juga harus dikuasai jika kamu tertarik menjadi Data Scientist. Pada buku ini, Sahabat DQ akan menemukan penjelasan mengenai konsep statistik yang dikemas secara sederhana serta diselipkan contoh yang cukup sesuai dengan yang terjadi di dunia nyata.


Di buku ini juga akan dijelaskan apa yang membuat statistika menjadi begitu penting saat ini. Dengan memiliki pemahaman yang cukup akan statistika, Sahabat DQ tidak akan mudah termakan hoax yang berhubungan dengan statistik dan statistika.


3. Storytelling with Data: A Data Visualization Guide for Business Professionals


data scientist

Visualisasi data merupakan salah satu bagian dari analisis data yang cukup penting untuk dikuasai oleh praktisi data, seperti Data Scientist. Pada Buku yang ditulis oleh Cole Nussbaumer Knaflic ini, Sahabat DQ akan menemukan dasar-dasar dari visualisasi data yang bersifat fundamental.


Selain itu, di buku ini juga dijelaskan bagaimana kita bisa menggunakan data untuk berkomunikasi secara efektif. Tidak hanya konsep dan teori saja, karena di buku ini akan diberikan contoh nyata sehingga proses belajarmu akan menjadi lebih mudah.


4. Data Science for Business

data scientist

Buku yang ditulis oleh Foster Provost & Tom Fawcett ini berisi tentang penjelasan mengenai hubungan data dengan bisnis mengingat hampir semua bisnis akan sangat bergantung pada data dalam pengambilan keputusan. Selain itu, disini juga dijelaskan bagaimana Data Science dapat membuat banyak hal dalam bisnis menjadi lebih mudah.


Dengan membaca buku ini, Sahabat DQ akan dituntun untuk mengembangkan analytical thinking serta membangun pengetahuan terhadap ilmu bisnis yang sedang berkembang. Tidak hanya itu, Sahabat DQ juga akan diberikan tips untuk belajar meningkatkan komunikasi dengan manajemen terkait data.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Untuk bisa menjadi seorang Data Scientist, kita bisa memanfaatkan banyak sumber untuk memperkaya wawasan kita akan ilmu data Science. Selain belajar secara otodidak, sahabat DQ juga bisa nih mencari kursus Data Science sehingga dapat belajar sesuai kurikulum. 


Sahabat DQ bisa mulai belajar ilmu Data Science di DQLab. Ada 3 bahasa pemrograman yang bisa kamu pelajari di DQLab saat ini, yaitu bahasa R, Python, dan juga SQL. Selain modul yang berbayar, kamu juga bisa menikmati free modul dari DQLab loh. Caranya gampang banget, kamu cukup sign up menjadi member dan akan bisa menikmati modul-modul yang ada. Yuk, tunggu apa lagi?


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :