Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Rekomendasi Dataset untuk Portofolio Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 07-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/309a0c4b0d9d1c6453678160e9112598_x_Thumbnail800.jpeg

Data Analyst adalah profesi yang akan terus berhadapan dengan data. Mereka biasanya bertugas untuk mencari insight yang terdapat didalam data untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Biasanya, data yang digunakan oleh Data Analyst untuk proses analisis adalah data yang sudah siap digunakan, bukan lagi data mentah yang sulit untuk diolah. Di beberapa perusahaan besar, data yang akan digunakan oleh Data Analyst akan disiapkan oleh Data Engineer, namun tidak menutup kemungkinan jika kamu bekerja di startup kecil kamu akan mengerjakan pekerjaan Data Engineer juga.


Profesi Data Analyst bisa dikatakan sebagai salah satu profesi yang banyak dicari, bahkan dibanding dengan Data Scientist dan Data Engineer, kebutuhan Data Analyst adalah yang paling tinggi di tahun sebelumnya. Untuk mempermudah proses menjadi Data Analyst, kamu harus menyediakan portfolio data yang bisa membuktikan bahwa kamu memang benar-benar bisa mengerjakan pekerjaan Data Analyst. Dalam artikel ini ada beberapa sumber data yang anti mainstream yang bisa kamu gunakan untuk membangun portfolio mu. Apa saja sih? Yuk, simak pembahasannya!


1. NCEI (National Centers for Environmental Information)

Data Analyst


NCEI yang merupakan singkatan dari National Centers for Environmental Information merupakan salah satu sumber dataset yang bisa digunakan secara gratis oleh masyarakat. Website ini menyediakan data yang berkaitan dengan cuaca dan iklim terbesar di dunia. Tidak hanya data mentah saja, disana juga terdapat beberapa contoh infografis. Data dan tools yang disediakan oleh NCEI sebenarnya bertujuan untuk membantu sektor publik maupun swasta di seluruh AS agar bisa mengatasi tantangan khusus, serta mengurangi risiko dan paparan terhadap bahaya lingkungan.


Baca juga : Kenali Perbedaan Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer


2. NYC Open Data

Data Analyst

Sumber dataset lain yang bisa digunakan untuk membangun portfolio mu adalah NYC Open Data. Disini ada banyak sekali data yang disediakan, seperti populasi tupai di Central Park, tabrakan kendaraan bermotor, dan masih banyak lagi. Di website ini, kita bisa mencari data berdasarkan lokasi agency nya atau berdasarkan kategori yang ada (misalnya bisnis, pendidikan, dan lingkungan). Kita tidak hanya bisa mengakses data, tapi kita juga bisa menyumbangkan data di website ini.


3. World Happiness Report 2021

Data Analyst

Di website ini akan menyediakan data yang berhubungan dengan kebahagiaan orang-orang di dunia setelah terdampak COVID-19. Seperti yang kita ketahui bersama, tahun pertengahan 2020 hingga 2021 adalah tahun-tahun terberat yang disebabkan karena adanya pandemi sebelum akhirnya semua sektor mulai recovery. Data ini akan sangat menarik untuk dijadikan portfolio data. Disini tersedia report yang melihat efek COVID-19 pada struktur dan kualitas masyarakat, serta mengevaluasi kinerja pemerintah dalam mengatasi pandemi. Selain itu juga akan ada faktor-faktor yang membuat negara tertentu menjadi lebih baik dibandingkan negara lainnya dalam mengatasi COVID-19.


 4. NASA

Data Analyst

Website lain yang bisa dijadikan sumber data adalah NASA. Tentu NASA (National Aeronautics and Space Administration) sudah tidak asing lagi di telinga kita. Jika kamu tertarik dengan ilmu antariksa dan bumi, kamu bisa menggunakan data publik yang disediakan oleh NASA untuk membuat portfolio mu. Diperkirakan ada sebanyak 10 ribu dataset yang bisa diakses secara gratis. Namun sebagian besar halaman dataset yang ada di data.nasa.gov hanya menyimpan metadata untuk setiap dataset. Biasanya data aktual disimpan di situs arsip NASA lainnya. 


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Tertarik menjadi seorang Data Analyst? Kamu bisa mulai dengan belajar bahasa pemrograman R, Python, dan SQL di DQLab. Seperti kata pepatah, “sekali menyelam dua tiga pulau terlampaui” bisa kamu temukan disini. Tidak hanya belajar bahasa pemrograman, namun kamu juga akan belajar untuk membuat visualisasi data, mencari insight dari data, serta ada project yang sangat mirip dengan permasalahan di lapangan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu berlangganan menjadi member premium DQLab dan kamu akan bisa menikmati semua hal tersebut.


Tapi untuk kamu yang belum mau berlangganan menjadi member premium, kamu juga tetap bisa mengakses live code yang ada di free modul loh, yaitu modul “Introduction to Data Science with R” dan “Introduction to Data Science with Python”. Yuk, tunggu apa lagi? Buruan sign up dan nikmati fasilitasnya!


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login