[LAST CALL!] BANGKITKAN SKILL DATA SAMPAI SUKSES BERKARIR
BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 127 RIBU  | Pakai Kode: DQBANGKIT
KLAIM PROMONYA!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 18 Jam 5 Menit 33 Detik 

Rekomendasi Modul Data Science Cocok Untuk Pemula Data

Belajar Data Science di Rumah 15-Februari-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/974fada3af4f3d4d1234ba76fa48de93_x_Thumbnail800.jpg

Data science merupakan salah satu bidang ilmu yang digandrungi oleh masyarakat intelektual dan melek data di akhir-akhir ini. Hal ini dikarenakan dari keilmuan data science bermunculan banyaknya profesi-profesi baru yang menggeser posisi pekerjaan atau profesi yang bergerak di ranah konvensional. Seperti data scientist, data analyst, data engineer dan masih banyak sekali yang lainnya profesi dari ranah data science


Dari kemunculan banyaknya profesi baru menandakan semakin banyak pula talenta data yang berbakat untuk dipersiapkan menghadapi eranya digital transformation dan merebaknya isu disrupsi teknologi. Alih-alih pergeseran kuasa dari sistem konvensional dan segera digantikan menjadi mesin diibaratkan bak angin segar bagi profesi baru di dunia digital. Ketersediaan lowongan pekerjaan yang bergerak di ranah industri data membuat orang-orang berlomba untuk mendapatkan pengakuan dan tambahan skill seputar data science dengan cara mengikuti kursus data science.


Menjamurnya kursus data science menciptakan peluang besar bagi penyelenggara kursus untuk mendapatkan bibit-bibit unggul yang berkualitas. Kursus data science yang bereputasi dan memiliki kredibilitas yang tidak diragukan lagi tentu menawarkan paket belajar yang sudah tersistem dan terstruktur. Tidak heran jika peserta kursus juga mendapatkan bocoran dan bahan-bahan belajar berupa modul data science. Salah satu kursus data science yang ada di Indonesia adalah DQLab


Bisa dibilang DQLab merupakan kursus data science yang bereputasi sehingga mampu melahirkan talenta data berbakat untuk bisa terjun beralih karir ke tech company. Dengan keunggulan fiturnya yaitu live code editor dan user interface yang keren membuat member betah untuk belajar secara online kapanpun dan dimanapun bisa diakses selama ada koneksi internet. 


Selain itu, DQLab juga memberikan beberapa modul atau kelas gratis yang bisa kamu nikmati cukup dengan sign up ke website resmi DQLab. Salah satu kelas gratis yang diberikan oleh DQLab adalah introduction data science yang terbagi atas dua kelas gratis lainnya yaitu yang menggunakan bahasa pemrograman R dan python. 


Selain dua modul gratis, tidak ketinggalan kalau excel menjadi sebuah modul yang gratis pula sehingga kalian bisa latihan dan mengakses juga sebagai bahan belajar. Mau tau apa aja modul-modulnya yang tersedia di DQLab? Kali ini DQLab akan bagikan khusus untuk kamu! Pastikan simak baik-baik dan keep scrolling on this article guys!


1. Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi

DQLab merupakan lembaga kursus data science yang berfokus memberikan pembelajaran mengenai pengolahan data. Tersedia modul SQL, Python, R, dan Excel dengan mentor-mentor profesional. Untuk modul Excel ada modul pembelajaran Excel tingkat dasar, tingkat lanjut, dan data cleansing. Ada juga modul gratisnya, loh yaitu Free Trial Excel - Penggunaan Rumus dan Fungsi. 


data science


Modul ini berisi materi berupa video dan kuis yang mempelajari data transaksi dengan Excel, cell pada Excel, dan penggunaan rumus dan fungsi perhitungan sederhana dengan Excel yang dimentori oleh Xeratic. Modul ini gratis tapi materinya daging banget, lho. Kamu bisa belajar tentang memasukkan data transaksi untuk pertama kali, memahami alamat cell pada excel, atau menggunakan rumus dan fungsi. Selain itu juga, materi disampaikan dalam 4 sampai 6 bagian melalui video interaktif dan quiz-quiz yang informatif


Baca juga: Ketahui Tipe Algoritma Data Science dalam Data Mining


2.Introduction to Data Science With R

data science



Module “Introduction to Data Science with R” adalah modul gratis yang disediakan DQLab membahas penggunakan DQLab LiveCode Editor dan dasar bahasa pemrograman R sebagai langkah awal menjadi data scientist. Modul ini terdiri dari 2 chapters dan 13 sub chapters. Kalian bisa akses modul gratisnya langsung di DQLab


Selanjutnya, kita akan bahas masing-masing chapter yang ada pada modul “Introduction to Data Science with R”. Di chapter pertama, kamu akan mengenal metode belajar dengan Live Code Editor dan dasar-dasar pemrograman R. Mulai dari pentingnya penggunaan aplikasi R bagi seorang data scientist, kenapa harus R, praktik penggunaan angka dan perhitungan, dan penggunaan variabel dalam R. 


R adalah nama sebuah bahasa pemrograman sekaligus software untuk pengolahan data dan grafik. R sangat populer saat ini karena tiga hal berikut yaitu Banyak pilihan pengolahan data dengan jumlah fitur yang sangat komplit - dari grafik sampai machine learning. Lebih cepat dipelajari dan dijalankan untuk mengolah data dibandingkan dengan bahasa lain. R bersifat gratis dan open source yang artinya, tidak perlu biaya lisensi yang biasanya sangat mahal untuk software pengolahan data


3.Introduction to Data Science With Python

data science


Selanjutnya, modul Introduction to Data Science with Python merupakan modul free yang disediakan oleh DQLab sekaligus menjadi favorit belajar sahabat data. Pada chapter pertama, kamu akan mengenal metode belajar dengan Live Code Editor dan dasar-dasar pemrograman Python. Mulai dari list library pada python, struktur bahasa python hingga penggunaan variables dan comments dalam python. 


Adapun list library yang disediakan pada python yaitu pandas, numpy, scipy, matplotlib, seaborn dan scikit-learn. Masih banyak library lainnya yang memiliki kemampuan yang sama atau lebih dari yang telah dijelaskan. Tetapi list library ini adalah library dasar yang wajib dikuasai oleh pemula dalam Data Science sebelum menggunakan library lainnya. Sedangkan, pada chapter kedua modul ini lebih banyak membahas tentang tipe data pada Python dan menerapkan teknik memanggil library pada Python. 


Setelah belajar tipe data Python, di chapter ini kamu juga akan belajar cara menggunakan library python. Library python dapat diakses, kamu harus mengimport library-nya dulu. Ada dua cara untuk mengimport library yaitu  menggunakan perintah import nama_library atau import nama_library as alias.


4.Fundamental SQL With Select Statement

data science


Module “Fundamental SQL With Select Statement” adalah salah satu modul dasar dengan bahasa pemrograman SQL yang disediakan DQLab. DQLab membahas penggunaan DQLab LiveCode Editor dan dasar bahasa pemrograman SQL sebagai langkah awal menjadi data scientist. Modul ini terdiri dari 6 chapters dan 50 sub chapters. Kalian bisa akses modulnya dengan subscribe atau berlangganan langsung di DQLab. Selanjutnya, kita akan bahas masing-masing chapter yang ada pada modul “Fundamental SQL With Select Statement”. 


Di chapter pertama, kamu akan mengenal metode belajar dengan sistem database relasional beserta konsep-konsep yang digunakan dalam bahasa pemrograman SQL. Di chapter kedua, kamu akan mempelajari perintah-perintah SQL dan melakukan pengambilan data secara langsung dengan perintah SELECT. Chapter ketiga kamu akan menentukan kolom dan baris tertentu dari tabel menggunakan perintah SELECT. Chapter keempat kamu akan dikenalkan penggunaan SELECT dengan penulisan identitas nama kolom dan table dengan lebih spesifik dan lengkap dengan menggunakan prefix dan alias. Chapter kelima kalian akan dikenalkan menggunakan filter pada perintah SELECT.


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


5.Belajar Mencintai Bahasa Pemrograman Bersama DQLab Yuk!

Ngomong-ngomong soal mencintai, sudah sampai mana nih tahap mencintai kalian? Bosan dengan janji-janji manis mulu? Bilang cinta tapi bilang doang gaada aksinya? Yuk wujudkan rasa cinta kamu bersama DQLab dengan mencintai bahasa pemrograman! Kini Sahabat Data DQLab sudah tidak perlu khawatir lagi. Karena sekarang telah tersedia roadmap pembelajaran yang telah dirancang khusus oleh data mentor yang pastinya berpengalaman di ranah industri data.

Mulai dari Tech Company Industries maupun perusahaan-perusahaan lain. Apalagi kalian juga bisa akses modul-modul lengkap kalau kamu sudah subscribe jadinya kamu bisa menjadi lebih siap dengan perbekalannya menjadi seorang Data Scientist. Dengan belajar data science di DQLab sekarang tidak perlu install software lagi. Kamu bisa langsung belajar dari sekarang karena dataset yang telah disediakan sudah sudah terintegrasi dengan live code editor. 


Jika kamu penasaran dengan data science dan ingin belajar data science secara langsung, caranya mudah banget. Kamu bisa loh untuk coba bikin akun gratisnya kesini di DQLab.id dan lakukan signup untuk dapatkan info-info terbaru serta belajar data science. Nikmati pengalaman belajar data science yang menarik dan cobain berlangganan bersama DQLab yang seru dan menyenangkan dengan live code editor. 


data science


Tersedia berbagai macam modul-modul yang terupdate mulai dari free hingga platinum semua dapat diakses jika kamu ingin berlangganan buat akses seluruh modul lengkapnya. Banyak benefit yang tentunya bisa kalian dapetin kalau join belajar di DQLab. Kalian juga bisa mencoba studi kasus penerapan real case industry dan kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, yuk belajar mencintai bareng-bareng bersama DQLab. Buruan SIGNUP Sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid

Postingan Terkait

Sign Up & Mulai Belajar Gratis di DQLab!