PROMO PAYDAY! SERBU PAKET DATA SCIENCE 3 BULAN CUMA 100K!
Diskon Spesial 95% Belajar Data Science Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 22 Jam 21 Menit 3 Detik 

Rekomendasi Modul Data Science Roadmap untuk Pemula

Belajar Data Science di Rumah 10-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/c9f721158d086d57147f71a43b7a715f_x_Thumbnail800.jpg

Pada era revolusi industri 4.0 ini banyak kita lihat munculnya profesi-profesi baru. Sebenarnya beberapa profesi tersebut bukanlah profesi yang baru, melainkan baru dikenal oleh sebagian besar orang. Salah satu profesi tersebut adalah data scientist.


Profesi yang naik daun ini cukup menarik minat banyak orang sehingga penasaran apa itu data science, tugas dan tanggung jawab data scientist, serta bagaimana data science roadmap untuk pemula.


Profesi data scientist tidak hanya bisa diraih oleh orang yang memiliki latar belakang pendidikan yang berkaitan dengan STEM (Science, Technology, Engineering, Math). Akan tetapi tidak sedikit pula orang yang ‘banting setir’ dari profesi lain untuk menjadi data scientist.


Jadi, peluang menjadi data scientist ini terbuka lebar bagi siapapun yang berniat dan tekun terhadap profesi ini. Pada artikel kali ini kita akan mengenali beberapa modul dasar yang dapat dipelajari di DQLab sebagai langkah awal belajar data science.


1. Pengenalan Bahasa R

Mempelajari modul dasar merupakan salah satu langkah awal yang perlu dilakukan. Salah satu hal yang perlu dipelajari adalah dasar-dasar dari bahasa pemrograman. Terdapat berbagai bahasa pemrograman yang dapat digunakan oleh data scientist, salah satunya adalah R.


Dalam modul dasar pemrograman R, peserta akan mempelajari apa hubungan data science dengan R, mengetikkan perintah dasar R, mempraktekkan perhitungan dasar, variabel dan comment dalam R, penggunaan vektor dalam R dan penggunaan fungsi summary.

data science


Baca juga: Simak Empat Algoritma Data Science untuk Big Data


2. Bahasa Dasar R untuk Data Science

Setelah mengenali apa itu bahasa R dan kaitannya dengan data science, selanjutnya peserta bisa mencoba modul yang isinya mulai mempraktekkan data science dengan menggunakan bahasa R. Pada modul lanjutan ini peserta akan lebih banyak diberi kesempatan untuk mempraktekkan secara live code tanpa mengesampingkan teori dasarnya.


Beberapa hal yang dipelajari antara lain mengenai konsep dan penggunaan tipe data fundamental seperti vector, list, dan data frame serta operasinya. Selain itu, peserta juga kan mempelajari secara singkat tata cara membuat visualisasi data dengan ggplot2.

data science


3. Statistik Menggunakan R

Statistik merupakan ilmu dasar dalam data science yang berperan sangat penting. Sebelum belajar lebih lanjut tentunya peserta harus mengetahui pengertian statistik, jenis data, estimasi karakteristik data dan sebagainya.


Pada modul ini peserta akan mempraktekkan cara membaca dataset dengan read.csv, melihat tipe data dengan Str, mengetahui skala pengukuran data serta mempraktekkan estimasi karakteristik (nilai statistik modus, mean, median) dan ukuran sebaran data (range, varians, simpangan baku).


Selain itu peserta juga akan mempraktekkan analisis data sederhana meliputi analisis deskriptif, pengenalan uji hipotesis dan analisis hubungan dua variabel.

data science


4. Visualisasi Data Menggunakan R

Visualisasi data merupakan salah satu tahapan penting dalam proses analisis data. Proses visualisasi data ini menjadikan hasil analisis data tidak monoton maupun membosankan. Tujuan dari visualisasi data ini agar hasil analisis dapat ditampilkan dengan tampilan yang fresh, menarik, tepat sasaran dan mudah dimengerti oleh pembaca.


Pada modul ini peserta akan belajar mengetahui jenis grafik dan kegunaannya, cara memilih grafik, dan akan mengerjakan project sederhana sebagai pengukur pemahaman terhadap materi yang telah diberikan.

data science


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


Pemula dalam suatu profesi seringkali bingung langkah apa yang harus dilakukan untuk memulainya. Namun, bagi kalian yang berminat menjadi data scientist profesional, kalian tidak perlu bingung lagi untuk memulai dari mana. Kalian bisa memulai mencari tahu lebih dalam terkait data science dan data scientist serta mulai mengikuti kursus di DQLab.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :