PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!

0 Hari 3 Jam 25 Menit 47 Detik

Rekomendasi Platform Publikasi Portfolio Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 15-Juni-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-jumat-02-2024-06-16-144930_x_Thumbnail800.jpg

Dalam dunia data science yang kompetitif, memiliki portofolio yang kuat adalah salah satu elemen krusial yang dapat membedakan Kamu dari kandidat lainnya. Sebagai seorang data scientist, portofolio bukan hanya sekadar koleksi proyek, tetapi juga merupakan representasi visual dari keterampilan, pengetahuan, dan pengalaman Kamu.


Maka dari itu kamu harus memperhatikan hal-hal di dalamnya untuk bisa membuat sebuah portofolio, hal-hal yang bisa kamu perhatikan adalah seperti judul, studi kasus yang akan diangkat, metode dan juga library apa saja yang akan digunakan di dalamya, proses analisis datanya, dan yang terakhir kamu bisa menarik sebuah kesimpulan di akhir analisis kamu atau di akhir portofoliomu. 


Tak kalah penting, ketika kamu sudah memiliki portfolio yang outstanding. Publish di jejaring internet adalah hal yang paling penting. Nah sekarang kita akan membahas bagaimana 4 rekomendasi platform untuk publish portfolio data kamu. Simak terus ya artikel ini sampai selesai!


1. GitHub

Data Scientist

Cara membuat sebuah portofolio yang pertama adalah melalui GitHub. Ya benar GitHub, GitHub disini dibutuhkan untuk membuat sebuah portofolio dan kalian harus mempelajari git ini. Sebagai seorang data science, kalian akan menemukan projek-projek yang menarik yang bisa kalian coba untuk membuat portofolio. 


Platform ini juga sangat populer diantara para developer dan biasanya untuk para HRD biasanya akan melihat profile github kalian sebelum memanggil kalian untuk di wawancara. GitHub juga adalah salah satu platform kolaborasi yang cukup besar jangkauannya, jadi disini banyak orang yang membagikan projeknya dan juga kalian dapat berkolaborasi dengan orang-orang di dalamnya. 


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist



2. Deepnote

Data Scientist

kedua ada platform yang bernama deepnote. Nah deepnote ini lebih simpel dibandingkan GitHub dan juga platform ini sangat ramah bagi para pemula. Jika kalian cukup familiar dengan jupyter notebook itu akan menjadi sebuah hal yang cukup bagus untuk kalian yang baru pertama kali memposting atau mempublish project pertama kalian. 


Jika kalian menggunakan deepnote ini kalian akan diberikan pengalaman yang lebih berkualitas sama seperti halnya dengan kalian menggunakan GitHub hanya saja deepnote ini dikemas menjadi lebih simpel dari github dan lebih berfokus kepada komunitas data scientist. Baru-baru ini, platform deepnote ini memperkenalkan deepnote profile, jadi di fitur terbaru ini deepnote dapat menampilkan semua portofolio yang kalian unggah dengan informasi  dan juga profile kalian sendiri.


3. DAGsHub

Data Scientist

Ketiga ada platform yang bernama DAGsHub. Platform ini bisa dikatakan platform terbaru di dunia ini dan platform ini membuat namanya cepat dikenal karena di dalam platform ini menyediakan one-stop solution untuk praktisi machine learning dan juga bagi seorang data engineers.


Dalam DAGsHub ini terdapat DVC server, MLflow, Visualizing pipeline, dan juga GitHub Synchronization. Kalian tidak perlu untuk mendalami platform ini kalian hanya cukup fokus terhadap fitur-fiturnya yang menonjol pada platform ini. DAGsHub ini memungkinkan kalian untuk bisa membagikan repositori GitHub kalian dan juga dapat membuat project data science kalian dengan menggunakan visualisasi dari machine learning dan juga data pipelines.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Kaggle

keempat ada platfrom bernama kaggle. Jika kalian ingin mendapatkan informasi cepat tentang data science di dunia ini, kalian perlu membuat akun kaggle ini dan kalian bisa memulai kontribusi didalamnya seperti kompetisi, dataset, notebook, dan juga diskusi di dalam platform ini. Ketika kalian sudah menjadi profesional, orang-orang nantinya akan menghormati kalian dan kalian memiliki nilai lebih dalam hal karir. 


Segera asah kemampuan Data Scientist kamu sekarang! Jangan khawatir yuk, bergabung bersama DQLab dengan urusan waktu, karena dengan kursus data science onlinedi DQLab  waktu belajar kamu akan lebih fleksibel dan tentunya dapat diakses dimanapun dan kapanpun. 


Kamu bisa mulai dengan free modul DQLab yang bertajuk Introduction to Data Science with Python and R dan dapatkan free sertifikat. Caranya mudah banget, cukup buat akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup dan kamu bisa mulai Belajar Data Science GRATIS.

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login