Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Rekomendasi Project Data Analyst dari Modul DQLab

Belajar Data Science di Rumah 16-Juli-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-03-2023-07-15-030630_x_Thumbnail800.jpg

Project data analyst adalah salah satu bukti yang bisa menggambarkan skill set yang dimiliki oleh seorang data analyst. Bagi jobseeker yang ingin menjadi data analyst, project ini sangat penting untuk mendapatkan pekerjaan, karena project tersebut menunjukkan kepada perekrutan bahwa kita memiliki keterampilan yang sesuai untuk role pekerjaan tersebut. Paling tidak, project-project ini akan menjadi nilai plus ketika proses sorting kandidat. Data analyst memiliki scope pekerjaan yang sangat luas, tergantung dari industri tempat ia bekerja hingga objective yang ingin dicapai oleh perusahaan.


Luasnya scope kerja data analyst ini juga menjadi salah satu faktor mengapa membangun project data analyst sangat tricky. Salah satu tugas yang terkadang dilakukan oleh data analyst adalah scraping data. Tugas ini cukup bersinggungan dengan data scientist dan data engineer, namun tidak jarang seorang data analyst juga melakukan scraping untuk mendapatkan data yang mereka perlukan. 


Kita dapat menggunakan project-project tersebut untuk membangun portfolio yang bisa menggambarkan skill data analyst kita. Pada artikel kali ini kita akan membahas beberapa project yang bisa digunakan untuk membangun portfolio. Penasaran? Yuk simak bersama!


1. Data Visualization in Data Science Using R

R merupakan salah satu bahasa pemrograman yang populer dikalangan data analyst. Hal ini karena R memiliki berbagai package dan library untuk analisis data. Salah satu fungsi R adalah untuk visualisasi data dengan chart atau diagram yang cantik namun mudah dipahami. Untuk memulai project, kamu bisa mengakses modul Modul Data Visualization in Data Science Using R dari DQLab. Modul ini berisi cara-cara menggunakan library ggplot yang merupakan salah satu library terkenal untuk membuat chart yang powerful. 

Data Analyst


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Credit Risk Analysis

Modul kedua yang bisa kamu gunakan untuk membangun portofolio adalah modul Data Science in Finance: Credit Risk Analysis. Modul ini lebih berfokus pada penerapan analisis data dalam bidang finance dengan menggunakan algoritma decision tree dengan tools R. Goals dari modul ini adalah untuk membuat dan mengoperasikan model prediksi risiko kredit beberapa konsumen. Di bagian awal, kita akan dikenalkan terlebih dahulu bagaimana analisis data bekerja dalam analisis risiko kredit hingga praktik langsung.

Data Analyst


3. Market Basket Analysis

Seperti yang telah dijelaskan di awal, ada berbagai analisis yang bisa kita masukkan dalam portofolio. Semakin beragam bidang project yang kita kerjakan, semakin tinggi pula pengalaman kita untuk menganalisis data dari berbagai sektor industri. Dengan modul Data Science in Retail: Market Basket Analysis, kita bisa membangun portofolio mengenai bagaimana cara meningkatkan performa bisnis dengan menemukan hubungan antar produk berdasarkan transaksi menggunakan algoritma machine learning, yaitu algoritma apriori. Pada modul ini kita akan menggunakan bahasa pemrograman R. 

Data Analyst


4. Customer Segmentation

Salah satu metode yang banyak dicantumkan dalam portofolio data analyst adalah algoritma clustering. Dengan modul  Data Science in Marketing: Customer Segmentation dari DQLab, kita bisa membangun portofolio dengan tujuan untuk membagi customer menjadi beberapa kelompok berdasarkan ciri-ciri tertentu yang bermanfaat bagi bisnis di bidang marketing dan CRM. Kamu akan diberi kesempatan untuk membangun algoritma K-Means Clustering dan mempraktekkannya secara langsung.

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Yuk akses semua modul-modul di atas dengan sign up pada platform DQLab! DQLab adalah platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science dan Artificial Intelligence dengan menggunakan bahasa pemrograman populer seperti R dan Python. Menariknya, DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis dan aplikatif, yuk sign up sekarang di DQLab.id atau ikuti Bootcamp DQLab LiveClass  dengan klik tautan https://dqlab.id/bootcamp-data-analyst-with-python-and-sql  berikut untuk informasi lebih lengkapnya! Ingin bangun portfolio? Yuk signup sekarang!


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login