PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 13 Jam 47 Menit 20 Detik 

Roadmap Belajar Data Science dengan Modul SQL DQLab

Belajar Data Science di Rumah 04-Agustus-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/ea72becb47077293fbaf1065dad04476_x_Thumbnail800.jpg

Banyaknya perusahaan yang mulai menggunakan teknologi digital membuat kebutuhan akan talent yang mampu menguasai ilmu Data Science terus meningkat. Tidak heran, banyak orang yang mulai memutuskan untuk beralih mempelajari ilmu ini karena prospek yang cukup menjanjikan hingga beberapa tahun ke depan.


Proses pembelajaran Data Science sama hal nya dengan ilmu lainnya, dimana akan memiliki roadmap yang harus diikuti agar proses pembelajaran secara terstruktur.


SQL merupakan salah satu bahasa pemrograman yang umum digunakan oleh para praktisi data seperti Data Analyst, Data Scientist, dan lainnya untuk mengakses data yang ada di dalam database. Nah, agar bisa mempelajari SQL secara terstruktur, maka kita harus mengikuti roadmap yang telah ada.


DQLab sebagai lembaga kursus Data Science tidak hanya menyediakan modul namun juga memberikan roadmap yang bisa diikuti untuk menyelesaikan program career track.


Untuk memuaskan rasa penasaran Sahabat DQ, kali ini kita akan bahas modul-modul SQL yang layak masuk dalam roadmap belajar Data Science kalian. Yuk, simak pembahasannya!


1. Fundamental SQL Using SELECT Statement

sql

Materi yang paling dasar dari SQL adalah mempelajari penggunaan SELECT statement yang digunakan untuk memanggil data. SELECT akan terus di gunakan baik di query sederhana maupun query yang kompleks dan rumit. Modul ini terbagi menjadi 6 bab. Pada bab pertama berisi tentang pengenalan SQL dan pentingnya SQL dalam Data Science.


Kemudian di bab kedua dibahas tentang sistem database relasional menggunakan SQL sebagai pondasinya. Di bab selanjutnya kita akan mulai belajar menggunakan perintah SELECT...FROM¦ untuk melakukan query pada database. 


Pada bab keempat kita akan membahas mengenai penggunaan Prefix dan Alias serta penulisan SELECT yang lebih spesifik. Pada bab selanjutnya, kita akan belajar tentang penggunaan WHERE sebagai filter data. Sementara di bab terakhir diisi dengan Mini Project yang bisa digunakan untuk menguji hasil belajarmu.


Baca juga: 4 Penerapan Data Science di Dunia Telekomunikasi


2. Fundamental SQL Using FUNCTION & GROUP BY

sql

Modul SQL lain yang tersedia dalam career track adalah œFundamental SQL Using FUNCTION and GROUP BY. Dalam modul ini Sahabat DQ akan memahami konsep penggunaan fungsi skalar dan fungsi agregat dalam operasi string dan numerik di SQL database. Tidak hanya itu, konsep penggunaan GROUP BY dan CASE Statement untuk struktur pengambilan keputusan juga akan dibahas dalam modul ini. 


Modul ini terdiri dari 4 bab. Bab pertama akan membahas tentang fungsi matematika yang ada di SQL. Pada bab kedua, kita akan belajar tentang fungsi teks dalam SQL, di bab ketiga tentang fungsi aggregate dan penggunaan GROUP BY. Semenatara di bab terakhir merupakan Mini Project yang dapat digunakan untuk menguji hasil belajarmu dari bab ini.


3. Fundamental SQL Using INNER JOIN & UNION

sql

Modul SQL selanjutnya yang masuk ke dalam career track adalah modul œFundamental SQL Using INNER JOIN and UNION. Dalam modul ini kita akan membahas tentang konsep penggabungan tabel yang menjadi sumber data baru dengan mekanisme INNER JOIN dan UNION. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap dan bermanfaat. Modul ini terdiri dari 4 bab.


Pada bab pertama, kita akan mempelajari tentang cara menggabungkan tabel yang memiliki relasi. Bab kedua akan fokus membahas tentang INNER JOIN, dimana pada INNER JOIN ini kita akan menggabungkan data hanya berdasarkan data yang saling beririsan.


Pada bab ketiga, kita akan membahas tentang UNION, dimana kita bisa menggabungkan data secara horizontal selama posisi datanya sama. Sama dengan modul-modul sebelumnya, bab terakhir berisi Mini Project untuk mengetahui hasil belajarmu di modul ini.


4. Kerjakan Project SQL untuk Menguji Kemampuan Sahabat DQ

sqlsql


Tidak hanya modul yang berisi materi, DQLab juga menyediakan project yang bisa dikerjakan. Project ini tentunya menjadi hal yang cukup penting mengingat untuk bisa mengatakan kita cukup mahir di suatu bidang maka harus berhasil menyelesaikan banyak case.


Untuk SQL sendiri ada beberapa project yang bisa kamu kerjakan, yaitu œData Engineer Challenge with SQL, œProject Data Analysis for Retail :Sales Performance Report, œProject Data Analysis for B2B Retail : Customer Analytics Report, œData Analysis for E-Commerce Challenge, serta œProject: Fundamental SQL Group By and Having. Hasil dari pengerjaan project ini bisa kamu manfaatkan sebagai portofolio data mu loh!


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


Memilih media pembelajaran sangatlah penting dan jangan sampai salah pilihan, dengan kamu memilih untuk bergabung bersama DQLab kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis œIntroduction to Data Science with Python atau œIntroduction to Data Science with R. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2022.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri

Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :