PROMO 12.12 YES! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 122K!
Diskon Spesial 97% Belajar Data Science Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 10 Jam 48 Menit 23 Detik 

Roadmap Belajar Data Science Otodidak untuk Siap Berkarir

Belajar Data Science di Rumah 20-Juni-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/44683f804423fa6773ef304d56246594_x_Thumbnail800.jpg

Saat ini data science menjadi salah satu topik yang mendapat banyak sorotan. Pada dasarnya, data science menggunakan data untuk menjawab pertanyaan. Definisi ini adalah definisi yang cukup luas, dan oleh karena itu, data science adalah bidang yang cukup luas. Peminat data science pun ikut meningkat seiring dengan tingginya rekrutmen data scientist. Tingginya kebutuhan posisi ini tidak sebanding dengan banyaknya SDM yang siap kerja. Pertanyaannya, bagaimana cara memulai dan dari mana sumber belajar data science yang tepat? Apakah kita bisa belajar hanya dari buku atau perlu belajar dari lembaga pendidikan formal?


Menurut Harvard Business Review, data scientist dinobatkan sebagai œthe sexiest job in 21st century. Di dunia data, data yang digunakan oleh perusahaan adalah data yang berukuran petabyte dan exabyte data. Data yang berukuran sangat besar ini menyulitkan industri untuk menyimpan data. Untungnya saat ini framework penyimpanan data seperti Hadoop sangat membantu proses organisir big data. 


Saat ini pertumbuhan data science telah meningkat dan membutuhkan ahli yang cukup mumpuni. Data science dapat dipelajari secara mandiri. Namun, bagaimana cara belajar yang tepat? Pada artikel kali ini DQLab akan membocorkan roadmap yang bisa menjadi patokan bagi kamu yang ingin belajar data science secara mandiri.


1. Belajar Dasar Python

Python adalah salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh data scientist. Python memiliki komunitas yang besar dan saling mensupport satu sama lain. Python tidak hanya digunakan untuk mengolah big data, tapi juga bisa digunakan untuk web dan apps development, game development, dan lain sebagainya.


Karena sifatnya yang general purpose maka seorang calon data scientist harus mulai belajar fundamental python yang digunakan untuk tujuan data science. Ada banyak sumber yang bisa kita gunakan, misalnya dari youtube, course, bootcamp, dan lain sebagainya.

data scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Belajar Python untuk Data Science

Setelah mempelajari basic python, maka saatnya calon data scientist untuk mulai mengaplikasikan apa yang telah dipelajari. Semakin banyak kita mengaplikasikan machine learning, deep learning, dan artificial intelligence, maka kita akan semakin mahir dan ketajaman intuisi kita akan semakin terasah. Dengan banyak mencoba teknik data science, kita akan semakin mudah untuk menyelesaikan error yang terjadi saat proses running script.


3. Belajar Script SQL

SQL merupakan salah satu tools database manajemen yang banyak digunakan untuk menyimpan data berukuran besar yang sulit disimpan di spreadsheet karena ukurannya terlalu besar. Database SQL dapat disambungkan ke website sehingga ketika kita ingin mengakses users website kita bisa mengambil datanya dari database tersebut.


Data scientist sering kali menggunakan SQL untuk mengambil dan memanipulasi data yang akan digunakan untuk menyelesaikan suatu permasalahan atau menyimpan data yang telah dikumpulkan.

data scientist


4. Belajar Mengaplikasikan Algoritma Machine Learning

Algoritma machine learning adalah algoritma yang tidak akan lepas dari data scientist. Ada dua algoritma machine learning yang sering digunakan, yaitu algoritma unsupervised learning dan supervised learning. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda dan membutuhkan data yang berbeda. Algoritma supervised learning membutuhkan data training untuk mengajarkan sistem agar bisa melakukan sesuatu sedangkan algoritma unsupervised learning tidak. Banyaknya metode algoritma ini mengharuskan data scientist mempelajari algoritma-algoritma tersebut.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


Sedang mencari sumber belajar mandiri yang fleksibel, mudah diakses kapanpun dan dimanapun? Yuk belajar dengan modul dari DQLab! Modul DQLab didesain oleh expertise yang sudah bertahun-tahun bergelut di dunia data sehingga materi yang ada didalamnya tidak perlu diragukan lagi. 


Klik button di bawah ini untuk mengakses FREE modul "Introduce to Data Science" menggunakan R dan Python dan nikmati experience menarik menggunakan live code editor DQLab. Belajar kapanpun, dimanapun, dan menulis coding langsung di modulnya. Selamat belajar!


Penulis: Galuh Nurvinda K

Editor: Annissa Widya Davita


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :