PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

0 Hari 2 Jam 53 Menit 44 Detik

Roadmap Belajar Data Science versi DQLab untuk Siap Berkarir sebagai Praktisi Data

Belajar Data Science di Rumah 04-Juni-2021
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/991a061f4eff6ff28a22689c56b1b7ff_x_Thumbnail800.jpg

Data Science menjadi salah satu ilmu yang melonjak dan makin banyak dipelajari karena kebutuhan tenaga kerja serta praktisi data yang semakin meningkat. Nyatanya, setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi praktisi data. Banyak cara bagi para pemula untuk mempelajari ilmu satu ini, seperti masuk jurusan atau latar belakang yang memiliki peran dengan ilmu terkait maupun mengikuti kursus. 


Meski begitu, banyak pemula yang seringkali bingung untuk memulai belajar data science dari mana. Tapi, tenang aja! DQLab akan memberikan tips roadmap yang dijamin nggak bikin sahabat data dan para pemula bingung lagi untuk mulai belajar Data Science. Roadmap ini akan membantu kamu untuk mulai membangun kompetensi data science dari dasar hingga materi yang lebih kompleks, lho!


Apa sih keuntungannya menggunakan roadmap belajar DQLab? Pertama, kamu akan lebih terarah dalam mempelajari Data Science, sehingga fokus dan terstruktur. Kedua, roadmap ini akan membantu kamu untuk siap berkarir menjadi praktisi data, seperti Data Scientist, Data Analyst, Data Engineer hingga profesi industri data lainnya.

Tunggu apa lagi? Yuk, langsung simak aja penjelasan Learning Roadmap Data Science dibawah ini!

 

1. Kelas dan Project yang Beragam

data science

Berdasarkan gambar diatas, kamu bisa melihat arah dan struktur pembelajar Data Science bersama DQLab sesuai dengan minta profesi yang kamu inginkan. Ada kelas persiapan yang berisikan fundamental dari bahasa pemrograman yang kerap digunakan oleh ketiga profesi, kemudian terdapat kelas fundamental, kelas persiapan di Industri hingga projects yang bersifat riil sesuai dengan industri. 


Kelas persiapan memiliki materi dasar yang perlu dipelajari untuk berkarir dalam bidang Data Science, seperti Introduction to Data Science With R dan Introduction to Data Science With Python. Sementara kelas fundamental dan kelas persiapan di industri akan menyediakan materi lebih lanjut setelah kelas persiapan, hingga akhirnya kamu bisa mengakhiri proses pembelajaran dengan pengerjaan projects riil yang ada di industri data.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Engineer, Yuk Intip Studi Kasus yang Bisa Dipecahkan dengan "Feature Discovering"


2. Mempelajari Kompetensi yang Dibutuhkan Sesuai Minat Profesi

Setiap profesi dalam bidang data tentunya memiliki kompetensi dan skill yang berbeda dan perlu disesuaikan dengan perannya masing-masing. Memang tidak jarang profesi dalam bidang data, seperti Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer memerlukan skill yang sama, namun tetap saja, ketiga profesi ini memiliki batasan dalam penggunaan skill tersebut.


Seperti yang terdapat pada gambar di poin pertama, kamu bisa mempelajari kompetensi yang dibutuhkan sesuai dengan minat profesi bidang Data Science. Selain itu, terdapat arah panah sebagai petunjuk proses pembelajaran yang diperlukan hingga pada pengerjaan secara praktik pada project-project yang disediakan.


Dengan menggunakan learning roadmap DQLab, kamu bukan hanya terpenuhi dari segi materi secara teori, namun juga praktik melalui project yang sesuai dengan minat profesi.


3. Siap Bantu Kamu Pahami Profesi Data Scientist, Data Analyst dan Data Engineer

Seorang Data Scientist membutuhkan beberapa kemampuan khusus, diantaranya pemahaman statistika, pemrograman, dan pengetahuan bisnis. Bersama roadmap pembelajaran DQLab, kamu bisa mulai dengan belajar Kelas Persiapan baik dari fundamental Python, R dan SQL, sebagai kompetensi dasar yang perlu kamu miliki untuk siap berkarir sebagai Data Scientist.


Setelah itu kamu bisa melanjutkan pembelajaran dengan mengikuti Kelas Fundamental, Kelas Penerapan di Industri serta Project-project, sepertii Project Machine Learning with Python: Building Recommender System with Similarity Function dengan project industri yang lebih riil.


Berbicara mengenai Data Analyst, maka kemampuan yang harus kamu miliki adalah analisis statistik yang kuat, bahasa pemrograman untuk mengolah data hingga business knowledge. Kamu bisa mulai belajar dengan Kelas Persiapan DQLab baik dari fundamental Python, R dan SQL. Setelah itu, kembali melanjutkan kompetensi mu dengan mengikuti Kelas Fundamental, Kelas Penerapan di Industri dan project-project riil kasus industri Data Analyst.


Selanjutnya, adalah Data Engineer. Tugas utama dari profesi satu ini adalah mengumpulkan data dari banyak sumber. Data itu dapat diambil dari database perusahaan dan juga dari app analytic. Kamu bisa mulai belajar berdasarkan roadmap DQLab dengan Kelas Persiapan DQLab baik dari fundamental Python, R dan SQL sebagai dasar ilmu. Setelah itu, melanjutkan pembelajaran dengan mengikuti Kelas Fundamental, Kelas Penerapan di Industri dan Project-project sampai pada project Data Engineer Challenge with SQL.


Baca juga : Tetap Produktif #dirumahaja, Yuk Intip 4 Cara Belajar Data Science di Rumah Versi DQLab!


4. Belajar Data Science dan Siap Geluti Karir di Industri Data Bersama DQLab! 

Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati pengalaman belajar yang terarah, terukur dan pastinya fleksibel banget untuk diikuti!


Perjalanan membangun karir sebagai Data Analyst, Data Engineer dan Data Scientist dapat kamu capai segera! Nikmati pula module gratis Introduction to Data Science dan langsung terapkan roadmap belajar data science secara praktis dan aplikatif bersama DQLab! 


Yuk, tunggu apa lagi? Langsung akses Modulenya segera, untuk mendapatkan berbagai penawaran eksklusif!

 


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login