PROMO SUPER HUT JAKARTA KE-497!
Belajar Data Science 12 Bulan hanya 175K!

0 Hari 17 Jam 56 Menit 11 Detik

Roadmap Data Engineer: Role Paling Dicari di 2024

Belajar Data Science di Rumah 03-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2-longtail-jumat-04-2024-02-03-103003_x_Thumbnail800.jpg

Dalam era digital yang terus berkembang, profesi sebagai seorang Data Engineer menjadi semakin krusial. Menyusun dan mengelola infrastruktur data merupakan pondasi utama bagi keberhasilan operasional perusahaan. Artikel ini akan membahas teknologi paling dicari pada tahun 2024 untuk seorang Data Engineer, serta mengapa pemahaman mendalam terhadap tren ini adalah kunci kesuksesan dalam karir sebagai Data Engineer.


Dalam dunia yang terus berubah, peran Data Engineer tidak lagi hanya tentang mengelola dan menyusun data, tetapi juga menjadi penghubung vital antara sumber data dan solusi analitik yang menghasilkan wawasan berharga. Mari kita jelajahi teknologi-teknologi terkini yang membentuk roadmap seorang Data Engineer untuk masa depan.


1. Teknologi Cloud Computing

Data Engineer

Salah satu tren terkini yang sangat dicari oleh perusahaan pada tahun 2024 adalah penggunaan teknologi cloud computing. Keberadaan data di cloud memberikan fleksibilitas, skalabilitas, dan aksesibilitas yang luar biasa. Data Engineers perlu memahami konsep cloud storage, database, dan kemampuan untuk mengelola infrastruktur data di lingkungan cloud.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Pemanfaatan Big Data dan Data Streaming

Data Engineer

Dengan ledakan data yang terus meningkat, keahlian dalam pengelolaan big data dan data streaming menjadi sangat dicari. Data Engineers perlu memahami teknologi seperti Apache Kafka dan Apache Flink untuk memproses dan menganalisis data secara real-time. Kemampuan ini sangat relevan dalam menghadapi tantangan data yang dinamis dan cepat.


3. Penggunaan Teknologi Kubernetes

Data Engineer

Dalam dunia containerization, Kubernetes menjadi kunci untuk orkestrasi dan manajemen container. Data Engineers perlu memahami dan menguasai teknologi Kubernetes untuk memastikan aplikasi dan layanan data berjalan dengan efisien dan dapat diandalkan, terutama dalam skala yang besar.


4. Keterampilan SQL dan NoSQL

Meskipun terdapat teknologi baru, pemahaman dasar tetap penting. Keterampilan dalam SQL (Structured Query Language) dan NoSQL databases seperti MongoDB atau Cassandra tetap menjadi dasar yang tak tergantikan. Data Engineers perlu memiliki kemampuan ini untuk mengelola dan mengambil data dari berbagai sumber.


5. Keamanan Data dan Kepatuhan

Dengan semakin ketatnya peraturan privasi data, keterampilan dalam keamanan data dan kepatuhan menjadi semakin penting. Data Engineers harus memahami praktik terbaik dalam melindungi data, termasuk enkripsi data, pengelolaan hak akses, dan kepatuhan terhadap regulasi privasi.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Jika kamu tertarik menjelajahi dunia Data Engineering dan memahami teknologi-teknologi terkini, kami mengundangmu untuk bergabung dengan kursus Data Science di DQLab.


DQLab merupakan platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan bahasa pemrograman populer, serta platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur Chat GPT.  Selain itu DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. 


Yuk sign up di DQLab untuk mendapatkan pengalaman belajar yang lebih menarik. Daftar sekarang dan kejar impianmu untuk menjadi Data Scientist!


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login