3.3 TRIPLE THE SALE!
Belajar Data 6 BULAN Bersertifikat hanya Rp130K!

0 Hari 22 Jam 17 Menit 33 Detik

Roadmap Data Engineer Terupdate 2023

Belajar Data Science di Rumah 18-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/08913d2e23cf2d0af697714c73a1ca3c_x_Thumbnail800.jpeg

Salah satu profesi praktisi data yang sekarang sedang banyak dicari dan dibutuhkan oleh banyak perusahaan karena menjadi sebuah akar dari suatu proses pengolahan data, profesi ini adalah Data engineer. Seorang data engineer ini memiliki tugas yang cukup penting yaitu membangun sebuah infrastruktur data yang nantinya akan diakses oleh tim data lain dan juga bisa diakses oleh pihak lain yang ada di dalam perusahaan. Itulah yang menjadikan seorang Data engineer memerlukan skill-skill khusus yang berbeda dengan praktisi data lainnya.


Jika kalian ingin menjadi sebuah data engineer pastinya haruslah belajar, untuk mempermudah metode pembelajaran kalian, kalian perlu menggunakan roadmap. Roadmap ini akan membantu kalian untuk belajar dan memahami tahapan-tahapan skill yang perlu dipelajari untuk bisa menjadi data engineer profesional. Nah, jadi seperti apakah roadmap dari data engineer ini, dalam artikel ini kita akan membahas roadmap apa saja yang bisa kalian pelajari!


1. Kuasai Ragam Pemrograman

Tahapan pertama untuk memulai karier menjadi seorang data engineer adalah pelajarilah bahasa pemrograman. Bahasa pemrograman yang dibutuhkan adalah Python, Scala, Java, R, dan juga SQL. Python dan R adalah sebuah pemrograman yang paling umum digunakan untuk mengembangkan sebuah situs web, system scripting, software, dan juga bisa digunakan untuk memanajemen data. 


Dalam python dan R juga memiliki library yang cukup banyak dan bisa kalian gunakan untuk mengolah data seperti Pandas dan juga Numpy. Untuk Java dan juga Scala digunakan untuk pemrosesan data tingkat lanjut dengan performa yang jauh lebih maksimal lagi, di dalam kedua bahasa ini juga digunakan untuk bisa membangun sebuah sistem big data tools seperti Apache Spark dan juga Kafka yang biasa dibuat dengan menggunakan scala dan juga hadoop. Jika kalian ingin menjadi seorang data engineer, kalian juga harus mampu mempelajari SQL untuk mengelola sebuah database.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Memahami Otomatisasi dan Juga Skrip

Untuk menjadi seorang data engineer juga diperlukan pengetahuan mengenai cara untuk melakukan otomatisasi tugas atau project. Ada beberapa tools yang mempermudah kalian untuk melakukannya diantaranya adalah Shell scripting dan juga CRON. Seorang data engineer nantinya akan lebih banyak bekerja dengan scripting dalam proses mendapatkan data atau dalam proses manajemen data. Proses scripting ini akan menerjemahkan beberapa perintah menjadi sebuah kode yang bisa digunakan untuk mendapatkan data, menerjemahkan datanya dan juga untuk manajemen datanya.


3. Mempelajari Cloud Computing

Efektivitas dari penyimpanan big data akan menjadi sebuah hal yang krusial untuk sebuah perusahaan, karena itulah sebagai seorang darta engineer kalian harus mampu memahami bagaimana cara mengoperasikan platform cloud computing itu. Salah satu keuntungan dari cloud computing ini adalah bisa memusatkan kekuatan pemrosesan dan juga bisa memungkinkan perusahaan menyimpan sebuah data dalam jumlah yang tidak terbatas. Platform cloud computing yang cukup populer dan banyak dipakai adalah Amazon Web Service, Microsoft Azure, dan juga Google Cloud Platform.


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


4. Mempelajari Database

Database management system atau biasa disebut dengan DBMS adalah sistem software yang biasa digunakan untuk menyimpan, mengatur, dan juga memastikan data tersebut tersimpan dengan aman. Dengan adanya DBMS ini, user dapat membuat, membaca, memperbarui, dan juga menghapus data yang ada di dalam database. Sebagai seseorang yang membangun infrastruktur data, pastinya memiliki pemahaman yang berkaitan dengan hal ini cukup penting, karena arsitektur data yang kalian punya haruslah sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. Jika management systemnya yang sudah dibangun tidak sesuai dengan kebutuhan, pasti akan menimbulkan kesulitan kepada pihak yang bersangkutan untuk bisa mengakses data tersebut.


Yuk, bulatkan tekad kamu mulai berkarir atau witch karir di bidang data analyst sekarang juga. Ngga usah overthinking karena tidak memiliki background pendidikan yang linier dengan itu. Kamu bisa mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Modul Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Pilih menu Learn

  • Pilih menu Career Track

  • Lalu Pilih menu Data Analyst


Mulai Karier
sebagai Praktisi Data
Bersama DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah pertamamu untuk mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :