SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 3 Jam 36 Menit 57 Detik

Roadmap Data Engineer untuk Capai Karir Cemerlang

Belajar Data Science di Rumah 09-Juni-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/b4ba1344-61d1-44db-ba51-980c60742e4a-2023-06-10-003239_x_Thumbnail800.jpeg

Jika berbicara mengenai profesi atau jenjang karir, saat ini telah banyak orang yang mencari tahu kira-kira apa saja profesi yang dapat selalu update dan tidak termakan oleh perkembangan zaman. Untuk menekuni suatu profesi adakalanya kita perlu mengetahui roadmap atau langkah apa saja yang diperlukan untuk mencapai profesi yang diimpikan. Dalam hal ini kita akan mengenali roadmap data engineer bagi kamu yang tertarik dengan dunia data.


Data engineer termasuk salah satu profesi yang berkaitan erat dengan dunia data dan perkembangan teknologi. Data engineer memiliki peranan penting dan besar bagi perusahaan terutama dalam bidang data. Data scientist maupun data analyst sebelum mengelola data memerlukan sumber yang valid dan sudah bisa digunakan untuk proses analisis. Profesi yang bertanggung jawab terhadap persiapan data tersebut adalah data engineer. Yuk kita coba cari tahu apa saja roadmap data engineer yang perlu dilakukan!


1. Paham Dunia Data

Dataset atau kumpulan data merupakan salah satu bagian penting yang tidak boleh terlupakan. Salah satu tugas utama seorang data engineer adalah bertanggung jawab terhadap data perusahaan yang akan dikelola. Untuk lebih memahami peran serta tugasnya maka data engineer perlu memahami terlebih dahulu terkait dataset dan segala sesuatu yang berkaitan dengan database maupun data warehouse.

Data Engineer


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Kuasai Tools

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini kita sedang berhadapan dalam dunia big data. Untuk mengelola data dalam jumlah yang sangat besar perlu menggunakan bantuan tools atau software yang berkaitan tujuan penggunaan terus ini untuk memudahkan data engineer dalam mengelola database. Oleh karena itu salah satu langkah untuk menjadi data engineer adalah memahami tools data engineer dan mampu menerapkannya dalam penyelesaian studi kasus.

Data Engineer


3. Bahasa Pemrograman

Bahasa pemrograman atau bahasa komputer bukanlah hal baru bagi data engineer. Bahkan dalam pengerjaannya mayoritas data engineer menggunakan bahasa pemrograman. Dalam bahasa pemrograman pengguna akan menuliskan beberapa baris kode yang berisi instruksi atau perintah untuk dieksekusi oleh komputer saat ini pun telah banyak tersedia bahasa pemrograman mulai dari yang mudah dipelajari untuk pemula maupun yang telah digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar sehingga pengguna dapat menyesuaikan sesuai dengan kebutuhan.

Data Engineer


4. Update Skill dan Pengetahuan

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini kita berada dalam perkembangan teknologi yang semakin pesat. Skill yang dibutuhkan oleh data engineer juga perlu terus dipertahankan bahkan di update. Pengetahuan atau informasi yang berkaitan dengan data maupun data engineer juga perlu kita pantau terus menerus agar data engineer dapat mengetahui trend saat ini yang sedang beredar di masyarakat dan perusahaan memiliki data yang lebih aktif agar menghasilkan informasi yang lebih bermanfaat.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Perjalanan karir setiap orang memiliki langkah yang berbeda-beda. Namun jika kita telah mengetahui roadmap data engineer dengan baik dan mampu menerapkannya maka dapat dikatakan selangkah lebih maju untuk mencapai profesi yang diinginkan tersebut.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login