FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 56 Menit 2 Detik 

Roadmap Data Science Pemula dengan Bahasa Python

Belajar Data Science di Rumah 30-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/42329c5f6b1e653c3110b7b486299015_x_Thumbnail800.jpg

Data Science menjadi ilmu yang sangat dibutuhkan beberapa tahun belakangan ini. Perkembangan teknologi digital yang semakin pesat membuat banyak sekali permasalahan baru yang tidak bisa diatasi dengan cara yang sama.


Tidak hanya itu, perkembangan teknologi digital juga membuka mata banyak orang sehingga merubah persepsi nya mengenai data. Banyak orang yang akhirnya mulai menyadari betapa pentingnya data dalam proses pembuatan keputusan.


Untuk mempelajari ilmu Data Science, ternyata ada roadmap yang bisa dijadikan acuan agar proses pembelajaran menjadi terstruktur. Salah satu hal yang harus dikuasai ketika belajar Data Science adalah bahasa pemrograman.


Saat ini, Python merupakan salah satu bahasa pemrograman yang banyak digunakan oleh praktisi data. DQLab sebagai salah satu lembaga kursus online Data Science juga memiliki tahapan-tahapan ketika Sahabat DQ mulai mempelajari ilmu Data Science dengan menggunakan Python yang akan kita bahas dalam artikel ini. Yuk, simak pembahasannya!


1. Roadmap Belajar Data Science Secara Umum

Secara umum, DQLab telah memberikan roadmap untuk belajar Data Science. Pada akhirnya, setiap orang yang mempelajari Data Science dapat memilih apakah ingin berkarir sebagai Data Analyst, Data Engineer, maupun Data Scientist.


Setiap profesi yang dipilih memiliki perbedaan skill yang harus dikuasai. Jika dilihat pada gambar di bawah ini, setiap proses pembelajaran akan terbagi menjadi kelas persiapan, kelas fundamental, kelas penerapan di industri, dan project. 


Setiap bahasa pemrograman yang tersedia di DQLab pasti memiliki keempat bagian tersebut. Untuk penjelasan lebih lanjut mengenai setiap jenis kelas dari bahasa pemrograman Python akan dijelaskan di poin selanjutnya.

data science

Baca juga: Bidang Pemerintahan Juga Butuh Skill Data Science, Untuk Apa Ya?


2. Kelas Persiapan Python


data science


Kelas persiapan merupakan kelas pertama yang harus diselesaikan. Di dalam kelas ini, Sahabat DQ akan bertemu dengan modul-modul yang bisa digunakan untuk mempersiapkan diri sebelum mulai bertemu dengan kelas fundamental. Untuk bahasa Python, kelas persiapan ini terdiri dari free modul dan juga premium modul. Untuk free modul, kalian bisa menikmatinya secara bebas tanpa terikat waktu.


Saat ini, free modul Python hanya ada satu, yaitu modul “Introduction to Data Science with Python”. Sementara untuk modul premium yang tersedia di kelas persiapan terdiri dari modul “Python Fundamental for Data Science”, “Mengenal Distribusi Normal dengan Python”, “Ukuran Data : Variasi”, “Ukuran Data : Pemusatan”, serta “Mengenal Model Regresi Linear Pada Python”.


3. Kelas Fundamental

data science


Kelas Fundamental merupakan kelas lanjutan dari kelas persiapan. Dalam kelas ini, Sahabat DQ akan mempelajari hal-hal yang sifatnya basic dan fundamental, serta akan sering digunakan dalam pekerjaan praktisi data.


Tentunya agar bisa mahir di suatu bidang, hal yang fundamental harus diperkuat. Di kelas fundamental ini tersedia cukup banyak modul, hanya saja baru tersedia untuk premium modul, sehingga jika ingin menikmati semua modulnya, Sahabat DQ harus berlangganan modul premium terlebih dahulu. Tentu saja, biaya yang dibutuhkan sangat ramah di kantong.


4. Kelas Penerapan di Industri

data science


Setelah berhasil menguasai semua modul yang tersedia di kelas fundamental, artinya Sahabat DQ sudah memiliki bekal untuk lanjut ke kelas penerapan di industri. Modul yang disediakan pada kelas ini mirip dengan kasus yang umum terjadi di lapangan dan harus diselesaikan oleh praktisi data.


Karena hal fundamental sudah dikuasai, maka tentunya modul yang ada di kelas ini juga bisa diselesaikan dengan mudah. Dalam kelas ini juga baru tersedia untuk modul premium saja.


Baca juga: Memahami Keunggulan dan Manfaat Data Science dalam Dunia Bisnis


Dalam proses pembelajaran Data Science yang kamu lakukan secara mandiri, tentu kamu bebas jika tidak ingin mengikuti roadmap. Karena diri kita lah yang paling mengenal apa yang paling dibutuhkan. Adanya roadmap pembelajaran ini tentunya bertujuan agar proses pembelajaran menjadi lebih terstruktur.


Memilih media pembelajaran sangatlah penting dan jangan sampai salah pilihan, dengan kamu memilih untuk bergabung bersama DQLab kamu akan mendapatkan module lengkap, sertifikat sebagai bukti telah menyelesaikan modul pembelajaran dan juga bisa langsung menerapkan pembelajarannya melalui fitur project yang tersedia. 


Tunggu apalagi? Yuk langsung bergabung dengan cara signup di DQLab kemudian nikmati pembelajaran modul gratis “Introduction to Data Science with Python” atau “Introduction to Data Science with R”. Dengan memulai pembelajarannya dari sekarang, kamu siap menghadapi tantangan di era digital dan mewujudkan karirmu sebagai Data Scientist di tahun 2022.


Penulis : Gifa Delyani Nursyafitri


Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :