Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Roadmap Menuju Karier Sukses Data Analyst Profesional

Belajar Data Science di Rumah 13-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-kamis-03-2024-05-13-203047_x_Thumbnail800.jpg

Berani beralih karier ke dunia analisis data seringkali terasa seperti melangkah ke dalam wilayah yang tak dikenal, terutama bagi mereka yang belum memiliki pengalaman atau latar belakang dalam bidang ini. Namun, dengan tekad yang kuat, sebuah rencana yang matang, dan langkah-langkah yang tepat, perjalanan menuju menjadi seorang data analyst bisa menjadi suatu pencapaian yang memuaskan. Profesi Data Analyst telah menjadi salah satu yang paling dicari dalam dunia digital saat ini. Permintaan akan ahli yang mampu mengurai dan memahami bahasa data terus meningkat seiring dengan pertumbuhan data yang eksponensial. 


Meskipun berpindah ke karier sebagai seorang data analyst tanpa latar belakang dalam analisis data mungkin terasa menantang, hal itu bukanlah hal yang tidak mungkin. Dengan komitmen, ketekunan, dan kerja keras, kita dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk sukses dalam bidang yang penuh dengan peluang ini. Yang dibutuhkan hanyalah tekad untuk melangkah maju dan keyakinan bahwa kita mampu mengatasi setiap tantangan yang muncul di sepanjang perjalanan.


Di era teknologi seperti saat ini. Istilah ‘banting setir’ tidak lagi sulit karena ada banyak roadmap yang bisa kita ikuti untuk menjadi role tertentu di internet. Berikut adalah roadmap yang dapat membimbing kita dalam perjalanan menuju karier sebagai seorang Data Analyst versi DQLab.


1. Pelajari Dasar-dasar Analisis Data

Langkah pertama dalam roadmap adalah memahami dasar-dasar analisis data. Ini termasuk pemahaman tentang konsep statistik dasar seperti mean, median, modus, dan deviasi standar. Kita juga perlu mempelajari bahasa pemrograman seperti Python atau R, yang sering digunakan dalam analisis data. Terdapat banyak sumber daya online gratis seperti kursus-kursus di platform seperti DQLab yang dapat membantu untuk memperoleh pengetahuan dasar ini.

Data Analyst


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Kuasai Alat dan Teknik Analisis Data

Selanjutnya, kita perlu mengembangkan keterampilan dalam menggunakan alat-alat dan teknik analisis data yang digunakan secara luas dalam industri. Ini termasuk penggunaan perangkat lunak seperti SQL untuk mengambil data dari basis data, Excel untuk analisis data dasar, dan alat-alat analisis data seperti pandas dan NumPy dalam Python. Selain itu, kita juga perlu memahami teknik-teknik seperti regresi, klastering, dan pemodelan prediktif.

Data Analyst


3. Praktikkan dengan Proyek-Proyek Praktis

Praktik adalah kunci untuk menguasai keterampilan sebagai seorang Data Analyst. Mulailah dengan mengerjakan proyek-proyek praktis yang memungkinkan kita untuk menerapkan konsep-konsep yang telah dipelajari. Kita dapat mencari dataset publik dari berbagai sumber seperti Kaggle, UCI Machine Learning Repository, atau data.gov. Lakukan analisis data pada dataset tersebut, buat visualisasi yang menarik, dan ambil wawasan yang bermanfaat dari hasil analisis kita.

Data Analyst


4. Bangun Portofolio yang Kuat

Portofolio adalah aset yang sangat penting dalam membangun karier sebagai seorang Data Analyst. Selama kita belajar dan mengerjakan proyek-proyek, pastikan untuk menyimpan hasil pekerjaan dalam portofolio yang dapat diakses secara online. Kita dapat menggunakan platform-platform seperti GitHub, Kaggle, atau Tableau Public untuk menyimpan proyek-proyek kita dan membagikannya dengan orang lain. Portofolio yang kuat akan membantu kita menonjol di mata calon klien dan membuktikan kemampuan kita sebagai seorang Data Analyst.


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


Dengan mengikuti roadmap-roadmap ini, kita dapat mempersiapkan diri dengan baik untuk menjadi seorang Data Analyst yang sukses. Penting untuk memiliki kombinasi pengetahuan, keterampilan, dan pengalaman yang dibutuhkan dalam bidang ini. Selain itu, tetaplah terhubung dengan komunitas profesional dan terus berusaha untuk belajar dan berkembang secara berkelanjutan agar dapat mengikuti perkembangan yang terus berubah dalam industri analisis data.


Yuk lengkapi journey belajar data analyst kamu dengan modul-modul dari DQLab yang menggunakan data yang mencerminkan data real di dunia industri! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login