Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS

Roadmap Menuju Karir sebagai Data Engineer

Belajar Data Science di Rumah 26-Februari-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-04-2024-02-26-144507_x_Thumbnail800.jpg

Menjadi seorang Data Engineer adalah tujuan karir yang menarik, terutama karena peran ini semakin penting dalam mengelola dan menganalisis data dalam skala besar. Sebagai seorang Data Engineer, kita akan memiliki kesempatan untuk terlibat dalam proyek-proyek yang memanfaatkan teknologi-teknologi terkini untuk mengelola dan menganalisis data dengan efisien. Kita akan bekerja dengan berbagai jenis data, mulai dari data terstruktur hingga data tidak terstruktur, dan menggunakan berbagai alat dan platform untuk memproses, menyimpan, dan mengolahnya.


Peran seorang Data Engineer tidak hanya menarik karena penggunaan teknologi-teknologi terkini dan tantangan yang kompleks, tetapi juga karena kemampuan untuk memberikan dampak yang signifikan pada kesuksesan dan pertumbuhan organisasi. Dengan berbagai proyek menarik dan peluang untuk terus berkembang dan belajar, menjadi seorang Data Engineer dapat menjadi pilihan karir yang sangat memuaskan bagi mereka yang tertarik pada teknologi, analisis data, dan pengambilan keputusan berbasis bukti.


Ada banyak cara untuk menjadi seorang data engineer. Pada artikel kali ini, DQLab akan merangkum roadmap yang dapat membantu kita sebagai panduan menuju kesuksesan sebagai seorang Data Engineer.


1. Pendidikan dan Pemahaman Dasar

Data Engineer

Langkah pertama dalam roadmap menjadi seorang Data Engineer adalah memperoleh pendidikan dan pemahaman dasar tentang bidang ini. Banyak hal yang harus dipelajari, seperti belajar dasar-dasar pemrograman, basis data, dan statistik. Sebagian besar Data Engineer memiliki latar belakang pendidikan dalam ilmu komputer, teknik, matematika, atau bidang terkait. Memperoleh gelar sarjana atau magister dalam bidang terkait adalah langkah awal yang baik.


Baca juga : Mengenal Data Engineer dan Prospek Karirnya


2. Pengembangan Keterampilan Teknis

Data Engineer

Setelah memperoleh dasar yang kuat, langkah berikutnya adalah mengembangkan keterampilan teknis yang diperlukan untuk menjadi seorang Data Engineer. Skill teknis yang diperlukan adalah belajar bahasa pemrograman seperti Python, Java, atau Scala, serta mendalami SQL untuk berinteraksi dengan basis data.


Memahami teknologi Big Data seperti Apache Spark, Hadoop, dan alat-alat terkait juga penting. Selain itu, pengalaman dalam penggunaan alat-alat integrasi data seperti Apache NiFi atau Airflow juga dapat memberikan nilai tambah.


3. Penerapan Praktis melalui Proyek dan Pengalaman Kerja

Saat kita memperdalam keterampilan teknis, penting untuk memperoleh pengalaman praktis melalui proyek-proyek data yang nyata dan juga pengalaman kerja. Ada banyak kegiatan yang dapat kita lakukan di tahap ini, misalnya magang, proyek akademis, atau bahkan proyek-proyek sampingan yang kita kerjakan secara mandiri. Proyek-proyek ini membantu kita mengaplikasikan pengetahuan yang telah dipelajari dalam situasi nyata dan mengembangkan portofolio yang kuat yang dapat kita tunjukkan.


4. Mengikuti Pelatihan dan Sertifikasi

Selain belajar secara mandiri, mengikuti pelatihan dan mendapatkan sertifikasi juga dapat menjadi bagian penting dari roadmap sebagai seorang Data Engineer. Terdapat berbagai program pelatihan dan sertifikasi yang ditawarkan oleh lembaga-lembaga terkemuka dan vendor-vendor teknologi terkait. Misalnya, sertifikasi dalam Apache Spark atau Google Cloud Platform dapat membantu meningkatkan kredibilitas sebagai seorang Data Engineer.

Data Engineer


Baca juga : Data Enginer VS Data Scientist


Dengan mengikuti roadmap ini dan tetap berkomitmen untuk terus belajar dan berkembang, kita dapat mengejar karir yang sukses dan memuaskan sebagai seorang Data Engineer. Dengan permintaan yang terus meningkat untuk para profesional yang memiliki keterampilan dalam mengelola dan menganalisis data, langkah-langkah ini dapat membantu kita mencapai tujuan karir dalam bidang yang menarik ini.


Yuk siapkan diri untuk terjun ke dunia data engineer bersama DQLab! DQLab adalah platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT yang memudahkan beginner untuk mengakses informasi mengenai data science secara lebih mendalam.


DQLab juga menggunakan metode HERO yaitu Hands-On, Experiential Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Jadi sangat cocok untuk kamu yang belum mengenal data science sama sekali, atau ikuti  Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Penulis: Galuh Nurvinda K


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login