LAST DAY PROMO 7.7! DISKON 98%
Belajar Data Science Bersertifikat, 12 Bulan hanya 177K!
0 Hari 0 Jam 4 Menit 1 Detik

Role Data Scientist untuk Karir 2024

Belajar Data Science di Rumah 02-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-senin-02-2024-04-01-211739_x_Thumbnail800.jpg

Data science adalah bidang yang berkaitan dengan pengumpulan, pemrosesan, analisis, dan juga interpretasi data untuk mendapatkan wawasan dan juga mendukung pengambilan keputusan. Salah satu profesi di bidang data science ini adalah data scientist. Data scientist sekarang menjadi sebuah profesi impian yang hampir semua perusahaan dari berbagai industri mulai dari pendidikan, kesehatan, retail, dan lain sebagainya. Maka tidak heran, jika banyak sekali permintaan untuk profesi data scientist ini.


Berbeda dengan praktisi data lainnya, data scientist lebih fokus untuk mengekstrak data untuk pengembangan bisnis. Secara umum tanggung jawab utama dari data scientist ini adalah mengumpulkan data, menganalisis data, dan juga menginterpretasikan data sesuai dengan kebutuhan atau permintaan perusahaan. Nah, pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang tugas data scientist. Apa sajakah itu? Yuk kita simak artikel kali ini!


1. Pengumpulan dan Pemrosesan Data

Data scientist memiliki tugas untuk mengumpulkan data dari berbagai macam sumber yang relevan dengan tujuan analisis. Menjadi seorang data scientist, kalian harus melakukan pemeriksaan kualitas data untuk memastikan data yang dikumpulkan menjadi akurat, lengkap, dan tidak mengandung kesalahan.


Pemrosesan data juga pasti melibatkan membersihkan data dari outlier data yang valid, serta mentransformasi data dari outlier atau data yang tidak valid dan juga mentransformasi data menjadi format yang cocok untuk bisa analisis lebih lanjut. 

Data Scientist


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Melakukan Analisis Data

Data scientist juga memiliki tugas untuk analisis data. Data scientist dan stakeholder mengidentifikasi masalah dan juga menentukan tujuan penelitian. Nantinya, data scientist akan melaksanakan berbagai macam teknik data science untuk bisa mendapatkan informasi penting dara data.


Mereka akan menerapkan model prediktif dan algoritma machine learning untuk mengidentifikasikan pola, trend, dan juga korelasi diantara data. Kemudian, data scientist akan membuat presentasi dari data mereka, seperti membuat visualisasi data untuk disampaikan kepada stakeholder. 


3. Memberikan Rekomendasi Bisnis

Dari data yang sudah diolah dan juga dianalisis, data scientist akan ikut memberikan rekomendasi-rekomendasi bisnis dengan berdasarkan temuan dari data tersebut. Bantuan dari data scientist ini bisa mencakup banyak sekali ranah di dalam perusahaan, mulai dari pengembangan produk dan layanan, optimalisasi operasional, sampai dengan identifikasi peluang bisnis.


Baca juga : Bootcamp Machine Learning and AI for Beginner


4. Visualisasi Data

Data scientist harus membuat visualisasi data. Jadi data scientist harus menginterpretasikan hasilnya dna menyajikannya secara visual untuk bisa dipahami oleh orang lain seperti manajer dalam perusahaan. Dalam visualisasi data ini melibatkan penggunaan grafik, tabel, visualisasi data atau narasi yang mudah dimengerti untuk menyampaikan temuan dan wawasan yang ditemukan melalui analisis data.


Tujuan utama dari visualisasi data ini adalah untuk membantu pengambilan keputusan untuk memahami implikasi dari temuan tersebut dan mengambil langkah-langkah yang tepat. 

Data Scientist


Yuk, mulai belajar dan kuasai skill data scientist dari nol hingga advanced. Jangan khawatir jika kamu pemula yang tidak memiliki background STEM karena gelar bukan halangan untuk menguasai ilmu data analyst agar bisa berkarir di industri 4.0. Mulai bangun portfolio datamu yang outstanding dengan Data Analyst Career Track bersama DQLab dan nikmati modul-modul dari dasar hingga tingkat mahir. Caranya dengan Sign Up sekarang untuk #MulaiBelajarData di DQLab:

  • Buat Akun Gratis dengan Signup di DQLab.id/signup

  • Selesaikan modulenya, dapatkan sertifikat & reward menarik dari DQLab

  • Subscribe DQLab.id untuk Akses Semua Module Premium!

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login