PROMO PUNCAK LEBARAN DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan BERSERTIFIKAT hanya Rp 99K!

1 Hari 7 Jam 39 Menit 24 Detik

Rumus Dasar Deviasi Excel Simpel

Belajar Data Science di Rumah 08-Mei-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/08b3b370243365f3499ad56cae6719de_x_Thumbnail800.jpeg

Saat ini telah kita ketahui bahwa telah banyak software yang bisa digunakan untuk berbagai keperluan salah satunya adalah untuk menganalisis data. Dalam proses analisis data dibutuhkan kemampuan analisis statistik yang sesuai. Salah satu bagian dari statistik yang perlu kita pelajari adalah standar deviasi. Penggunaannya dengan menggunakan software pun juga perlu kita pelajari sebagai antisipasi jika mengelola data yang sangat besar. Dengan demikian rumus dasar deviasi excel pun perlu kita ketahui untuk memudahkan dalam proses analisis data.


Standar deviasi atau bisa dikenal juga dengan simpangan baku merupakan salah satu alat statistik yang sering digunakan oleh para praktisi data. Standar deviasi ini merupakan persebaran data pada suatu sampel untuk mengetahui jarak antara nilai data dengan nilai rata-ratanya. Standar deviasi ini merupakan nilai akar kuadrat dari varians. Semakin kecil nilai standar deviasi maka semakin mendekati rata-rata. Begitu pula semakin besar nilai standar deviasi maka semakin jauh dari rata-rata.


1. Jenis Rumus Standar Deviasi

Rumus standar deviasi dapat dihitung secara manual. Namun pada kali ini kita akan mengenali rumus standar deviasi dengan menggunakan excel. Rumus yang umum digunakan terbagi menjadi dua yaitu Standar Deviasi Sampel (STDEV.S) dan Standar Deviasi Populasi (STDEVP). Secara umum perbedaan dari keduanya adalah standar deviasi sampel mengestimasi variabilitas dalam populasi melalui sampel data, sedangkan standar deviasi populasi menghitung variabilitas dalam, populasi secara eksak.


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Cara Menghitung Standar Deviasi Manual

Standar deviasi bisa dihitung dengan menggunakan cara manual maupun menggunakan excel. Untuk cara manualnya, pertama tentukan nilai rata-rata dari data dengan cara menjumlahkan nilai data keseluruhan lalu dibagi dengan banyak data. Kedua, cari nilai varian dengan cara mengurangi nilai rata-rata dari nilai data. Ketiga, kuadratkan setiap nilai yang didapatkan, lalu jumlahkan. Keempat, hasil penjumlahan tersebut dibagi dengan jumlah titik data yang dikurangi satu. Untuk lebih mudah memahaminya, berikut rumus standar deviasi manual.

Excel


3. Cara Menghitung Standar Deviasi Excel

Seperti yang telah diketahui microsoft excel merupakan salah satu aplikasi yang memudahkan dalam menghitung atau mengolah data. Hal ini berlaku pula dalam menghitung standar deviasi. Dengan excel kita cukup mengetikkan rumus-rumus yang bisa digunakan seperti rumus STDEV berikut

Excel

terdapat pula rumus STDEVA

Excel

selain itu terdapat pula STDEV.P dan STDEVPA yang digunakan untuk menghitung populasi

Excel


4. Kelebihan dan Kekurangan

Kita dapat menghitung nilai standar deviasi dengan dua cara yaitu dengan cara manual maupun dengan menggunakan rumus dasar deviasi di excel. Setiap cara ini tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Kelebihan menggunakan rumus dasar STDEV di excel adalah mudah digunakan dan waktu yang diperlukan lebih efektif. Selain itu kita juga dapat mempermudah untuk mengestimasi tingkat variasi dalam suatu sampel data. Adapun kekurangan menggunakan rumus dasar STDEV adalah diperlukannya asumsi bahwa data adalah normal terdistribusi sehingga hasilnya kurang akurat jika ternyata data tersebut berdistribusi tidak normal. Selain itu STDEV juga sensitif terhadap outliers.



Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Penggunaan rumus-rumus excel perlu dikuasai oleh calon praktisi data. Saat ini telah banyak media yang menyediakan tempat untuk belajar excel dari dasar, salah satunya adalah DQLab.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login