Rumus Excel VLOOKUP untuk Proses Pengolahan Data
Daftar Isi:
Microsoft excel merupakan salah satu software bagian dari Microsoft Office. Excel dipuji karena memiliki fitur untuk melakukan kalkulasi dan visualisasi yang lebih mudah. Dalam dunia kerja, belajar maupun aktivitas kehidupan sehari-hari seringkali menggunakan Excel sebagai pengolah angka yang disusun berupa spreadsheet atau lembar kerja yang rapi. Penggunaan spreadsheet pada Excel ini bisa kamu gunakan baik di PC maupun handphone. Microsoft Excel menyediakan berbagai macam rumus excel dasar maupun advanced yang tentunya disesuaikan dengan berbagai keperluan penggunanya. Penggunaan rumus excel dasar biasanya dibutuhkan khususnya yang berhubungan dengan banyak data seperti data entry, absensi, maupun perekapan data-data perusahaan baik dalam kurun waktu harian, mingguan maupun bulanan. Dengan demikian, penggunaan rumus excel dasar setidaknya membantu pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya. Jika kamu adalah seorang job seekers, pastinya Excel tentunya menjadi skill yang kamu harus persiapkan sebelum memasuki dunia kerja yang sesungguhnya.
Berdasarkan lansiran dari Kontan, salah satu portal media pemberitaan di Indonesia dalam artikelnya menjelaskan bahwa Excel merupakan salah satu skill yang seringkali digunakan dalam dunia kerja. Apalagi jika sahabat data ingin berkarir di ranah industri data, excel sangat membantu dalam mempercepat proses pengolahan data yang akurat dan tepat. Maka dari itu, untuk kalian para job seekers khususnya di bidang data tentunya perlu memiliki starter-pack dan perbekalan yang sangat matang untuk mempelajari rumus excel dasar guna mempersiapkan diri memasuki dunia kerja. Beberapa rumus excel dasar yang seringkali digunakan dalam dunia kerja mulai dari SUM, AVERAGE, COUNT, MAX, MIN dan lain-lain selalu tidak luput dari perhatian kita sebagai pengguna. Buat kalian para job seekers pastinya penasaran lebih dalam, selain rumus-rumus yang telah disebutkan diatas kira-kira ada rumus apa lagi ya sahabat data. Pada artikel DQLab kali ini, kita akan membahas mengenai rumus excel dasar yang biasanya digunakan di dunia kerja sehingga bisa menjadi tambahan insight. Artikel ini khusus dibuat teruntuk kalian para job seekers yang sedang looking for a job di bidang data agar dapat memahami beberapa rumus excel dasar di dunia data. Jadi, pastikan simak baik-baik, stay tune and keep scrolling on this article guys!
1. HLOOKUP
Fungsi Hlookup adalah fungsi yang digunakan untuk mengambil suatu nilai dari tabel lain yang akan dijadikan referensi dengan membaca data secara horizontal. Hlookup juga disebut horizontal lookup karena pembacaan tabel array secara horizontal, bedanya dengan Vlookup adalah pembacaan datanya pada tabel array secara vertikal. Sama dengan VlookUp, hanya saja pada rumus Hlookup data yang diambil harus secara horizontal.
Rumus Hlookup:
=HLOOKUP(lookup_value,lookup_array,[match_type])
Keterangan:
HLOOKUP Fungsi hlookup untuk mengambil data secara horizontal
lookup_value = adalah nilai yang akan dicocokan dengan nilai yg ada pada
table_array = adalah tabel sumber yang akan diambil datanya.
row_index_num= adalah nomor baris yg ada pd table_array.
range_lookup = Metode pencarian dalam tabel sumber yang bernilai TRUE "1" atau FALSE "0"
Contoh penggunaan rumus HLOOKUP :
Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja
2. VLOOKUP
Fungsi rumus Excel Vlookup adalah mencari suatu item di kolom, di tabel, dan mengambil nilai yang ada di kolom lain pada tabel tersebut. Contohnya, kita ingin mencari tahu kapan ulang tahun atau jumlah anak karyawan tertentu. Data yang ingin ditampilkan harus diambil dari sebuah tabel yang disusun dalam format vertikal.
Rumus Vlookup:
=VLOOKUP(lookup_value,lookup_array,[match_type])
Contoh penggunaan rumus VLOOKUP :
Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel
3. DATE, YEAR & MONTH
Siapa disini yang seringkali lupa menulis tanggal? Pasti kalian sering banget nemuin peristiwa seperti ini. Tapi tenang aja sahabat data, Microsoft Excel menyediakan rumus dengan format tanggal, bulan dan tahun. Jika kamu ingin menambahkan tanggal pada file Excel-mu, kamu bisa menggunakan rumus Date. Rumus Year digunakan apabila kamu hendak mengambil data tahun pada sebuah cell berformat tanggal. Rumus Month digunakan apabila kamu hendak mengambil data bulan pada sebuah cell berformat tanggal.
Date
Berikut syntax yang bisa kalian lakukan untuk menambahkan tanggal pada file Excel dengan menggunakan fungsi DATE
=DATE(year;month;day)
Year
Berikut syntax yang bisa kalian lakukan untuk mengambil data tahun pada cell yang berformat tanggal dengan menggunakan fungsi YEAR
=YEAR(serial_number)
Keterangan: serial number diisi cell yang berformat tanggal
Month
Berikut syntax yang bisa kalian lakukan untuk mengambil data bulan pada cell yang berformat tanggal dengan menggunakan fungsi MONTH
=MONTH(serial_number)
Berikut adalah contoh penggunaan syntaxnya bisa kalian lihat gambarnya berikut ini:
4. Perdalam Rumus Excel dengan Akses Mini Quiz Basic Excel
Mulai perdalam kompetensi excel dengan kenali rumus-rumusnya. Yuk, mulai aplikasikan tools Excel untuk mulai proses pengolahan data! Sign up sekarang di DQLab.id dan nikmati quiz GRATIS "Basiq Excel" untuk implementasikan rumus IF pada 3 kondisi. Selamat menikmati pengalaman belajar yang seru menyenangkan serta aplikatif pada industri nyata ya bersama DQLab! Kamu bisa membangun portofolio datamu dengan belajar data science di DQLab.
Bagaimana cara mengikuti quiznya? simak caranya dibawah ini :
1. Klik button dibawah untuk signup di DQLab.id
2. Masuk ke Academy.dqlab.id
3. Pilih menu "Quiz"
4. Ikuti Quiz Basic Excel yang tersedia
5. Selamat mencoba sahabat data DQLab!
Penulis : Reyvan Maulid
Editor : Annissa Widya Davita