2 DAYS ONLY FLASH SALE 5.5
Belajar Data Science 3 Bulan hanya 99K!

1 Hari 12 Jam 18 Menit 52 Detik

Sangat Bermanfaat! Ini Kegunaan Python di Era Digital

Belajar Data Science di Rumah 29-April-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-kamis-01-2024-04-29-171632_x_Thumbnail800.jpg

Di era digital seperti sekarang, sudah saatnya untuk mengembangkan skill agar tetap relevan di dunia kerja. Salah satu skill yang kini semakin banyak dibutuhkan adalah bahasa pemrograman Python. Dengan memiliki pemahaman yang baik pada Python, kalian akan memiliki peluang yang besar untuk bekerja di bidang teknologi. Memangnya, apa saja kegunaan Python di era digital? Langsung simak pembahasannya di sini!


1. Data Science

Python

Python telah menjadi bahasa pemrograman pilihan untuk data science. Melalui library seperti Pandas, NumPy, dan Matplotlib, Python membantu praktisi data untuk melakukan manipulasi data, analisis statistik, dan visualisasi data dengan cepat dan efisien. Selain itu, framework seperti Scikit-learn sangat kuat untuk melakukan pemodelan dan machine learning. Sementara TensorFlow dan PyTorch diperlukan untuk pengembangan model yang lebih kompleks dalam bidang deep learning.


Selain itu, Python juga mendukung kolaborasi yang mudah antara berbagai disiplin ilmu. Memiliki kemampuan integrasi yang kuat dengan teknologi-teknologi terkait data seperti basis data, cloud computing, dan big data tools, Python memungkinkan para profesional untuk bekerja secara efektif di berbagai proyek dan berbagai environment, mulai dari pemrosesan data skala kecil hingga analisis big data yang kompleks. 


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Pengembangan Web

Python

Django, salah satu framework Python yang paling populer, menawarkan tools yang lengkap untuk membangun aplikasi web yang kompleks dengan cepat dan efisien. Mulai dari manajemen basis data hingga autentikasi pengguna. Selain itu, Flask memberikan pendekatan yang lebih ringan dan fleksibel untuk aplikasi web yang lebih sederhana. Keduanya menawarkan kemampuan yang luar biasa dalam membangun aplikasi berbasis web dengan fitur-fitur seperti routing URL, template rendering, dan integrasi dengan berbagai layanan dan teknologi lainnya.


Selain framework, Python juga menawarkan beragam library dan alat bantu yang mendukung pengembangan web, seperti Requests untuk mengelola permintaan HTTP, BeautifulSoup untuk scraping web, dan Selenium untuk otomatisasi browser. Dengan beragam pilihan ini, developer dapat memilih tools dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan, mulai dari proyek kecil hingga aplikasi web berukuran besar. 


3. Jaringan dan Sistem

Python

Python telah menjadi bahasa yang populer dalam pengembangan perangkat lunak untuk jaringan dan sistem, karena mampu menyederhanakan tugas-tugas administratif yang terkait dengan infrastruktur IT. Dengan library seperti Paramiko dan Fabric, Python memungkinkan para administrator sistem untuk melakukan tugas-tugas seperti remote execution, manajemen konfigurasi, dan otomatisasi tugas-tugas rutin secara efisien. Selain itu, framework seperti Twisted dan asyncio dapat dimanfaatkan untuk pengembangan aplikasi jaringan yang skala besar, seperti server dan protokol khusus.


Python juga sangat berguna dalam pengembangan aplikasi yang terhubung dengan jaringan, seperti aplikasi monitoring jaringan dan sistem, serta alat-alat keamanan seperti IDS (Intrusion Detection Systems) dan firewall. Dengan library seperti Scapy, developer dapat membuat tools khusus untuk analisis jaringan dan penetration testing. Selain itu, Python juga mendukung pengembangan aplikasi berbasis cloud dengan integrasi yang kuat dengan layanan cloud seperti AWS, Google Cloud, dan Azure.


4. Internet of Things (IoT)

Python

Dengan dukungan untuk berbagai platform, termasuk Raspberry Pi dan microcontroller seperti Arduino, Python memungkinkan developer untuk membuat prototipe dan mengembangkan aplikasi IoT dengan cepat dan efisien. Library seperti Adafruit CircuitPython dan MicroPython menyediakan dukungan khusus untuk hardware mikrokontroler, memungkinkan developer untuk menggunakan bahasa Python langsung pada perangkat keras tersebut tanpa memerlukan sistem operasi yang kompleks.


Selain itu, Python juga menyediakan berbagai library dan framework untuk pengembangan aplikasi IoT yang lebih canggih, termasuk untuk komunikasi antar perangkat, analisis data sensor, dan integrasi dengan layanan cloud. Dengan dukungan untuk protokol komunikasi seperti MQTT dan CoAP, Python membantu dalam membuat jaringan perangkat IoT yang terdistribusi dan terhubung dengan baik.


Baca juga : Mengenal Perbedaan R Python dan SQL


Setelah mengetahui bahwa Python merupakan bahasa pemrograman yang general sehingga dapat digunakan di kebutuhan apa saja tentu kalian semakin tertarik untuk mempelajarinya. Apalagi bagi kalian yang menginginkan karir yang cemerlang di tengah perkembangan teknologi yang pesat ini. DQLab adalah jawaban terbaik untuk kalian memulai mempelajari Python. 


Saat ini, DQLab memberikan fasilitas Live Class yang membantu kalian untuk memahami penggunaan Python secara menyeluruh. Live Class adalah salah satu metode pembelajaran paling tepat yang ditawarkan DQLab agar Sahabat DQ bisa mulai belajar Python. Tidak hanya Python, bahkan di sini kalian juga bisa belajar SQL yang juga menunjang pemahaman kalian di bidang data science. Apa saja manfaat mengikuti Live Class ini?


  • Variatif dan komplit. Variatif karena terdiri dari kelas pemula sampai advance. Komplit karena tidak hanya belajar teori tapi juga praktik. 

  • Materi dan rekaman dapat diakses selamanya.

  • Mendapatkan dukungan dari awal. Live Class memberikan kelas persiapan untuk memastikan kalian siap mengikuti kelas

  • Dibimbing dengan mentor berpengalaman.

  • Mendapatkan komunitas baru yang saling mendukung.


Selain bootcamp di atas, kalian juga bisa loh meningkatkan pemahaman kalian dalam menerapkan Python untuk sejumlah studi kasus yang ada di perusahaan. DQLab juga memilki modul belajar online yang akan membantu kalian menerapkan kemampuan tersebut secara bervariasi. Apa keunggulan modul belajar online DQLab?

  • Terintegrasi dengan Chat GPT yang membantu menjelaskan konsep serta coding yang tepat jika ada error

  • Dapat diakses kapanpun dan dimanapun

  • Dilengkapi Live Code Editor sehingga praktis tanpa perlu aplikasi tambahan


Tunggu apalagi? Yuk segera daftarkan diri kalian untuk ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python dan nikmati semua manfaat di atas!


Penulis : Dita Feby 

Editor : Annissa Widya

Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login