FLASH PROMO!! BELAJAR DATA SCIENCE ONLINE 6 BULAN 399K
Diskon 89%, Akses 76 Modul Data Science Premium, Metode Praktek Sandbox, Bersertifikat!
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 3 Jam 4 Menit 56 Detik 

Seberapa Pentingkah Excel dalam Dunia Kerja?

Belajar Data Science di Rumah 05-Januari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/2981b1e1f928399392ab0df4fd8a07f9_x_Thumbnail800.jpeg

Jika berbicara mengenai software pengolah data, mungkin kalian sudah tidak asing dengan istilah microsoft excel. Microsoft excel merupakan suatu software berbentuk spreadsheet yang sering digunakan untuk proses pengolahan data. Bagi seseorang yang akan memasuki dunia kerja harus tahu seberapa pentingnya excel untuk pondasi karir. Hal ini dikarenakan kemampuan menggunakan excel memang harus dimiliki oleh para karyawan jaman sekarang. 


Microsoft excel merupakan sebuah aplikasi yang memiliki beragam manfaat di dalamnya. Aplikasi ini sering digunakan untuk melakukan perhitungan matematika, melakukan analisis dan riset harga, membuat grafik atau visualisasi data, menghitung dan membuat laporan keuangan, mengkonversi mata uang, sebagai alat pembelajaran komputer dan logika, melakukan perhitungan statistik, serta masih banyak manfaat lainnya yang bisa digunakan. Kira-kira bagaimanakah peran excel dalam dunia kerja? Yuk, simak artikel berikut ini!


1. Kelebihan Microsoft Excel

Microsoft excel merupakan salah satu pilihan utama bagi para karyawan untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka. Aplikasi ini dipilih tentunya bukan tanpa alasan, melainkan excel memang memiliki berbagai kelebihan seperti dapat menampung data yang cukup besar, memiliki format yang populer dan fleksibel, memiliki program rumus yang lengkap, mudah dipelajari, tampilan yang mudah digunakan dan nyaman, fitur lembar kerja yang luas, dan masih banyak lainnya.


Excel


Baca juga : Rumus Excel yang Paling Sering Digunakan dalam Dunia Kerja


2. Memudahkan Visualisasi Data

Pada saat bekerja di perusahaan, proses analisis data merupakan salah satu bagian terpenting. Setelah menganalisis data, tentunya seorang analis perlu melaporkan hasil yang diperoleh. Penyampaian hasil analisis ini belum tentu dipahami oleh semua orang, terutama orang yang masih awam terhadap dunia data. Oleh karena itu perlu dilakukannya proses visualisasi data, yaitu penyampaian hasil analisis secara visual yang dirancang dengan menarik, informatif dan tepat sasaran. Nah, kamu bisa menggunakan excel untuk proses visualisasi data loh, excel menyediakan berbagai macam pilihan grafik yang dapat kamu gunakan sesuai kebutuhan.


Excel


3. Memudahkan Menyusun Laporan Keuangan

Laporan keuangan merupakan salah satu bagian yang tidak ketinggalan di setiap bulannya, Menyusun laporan keuangan ini akan sangat rumit dan membingungkan jika kita salah langkah atau tidak mengerti dalam proses pengerjaannya. Sata ini telah banyak para karyawan yang menyusun laporan keuangan dengan menggunakan microsoft excel. Dalam excel terdapat berbagai rumus yang dapat kamu gunakan untuk menyusun laporan keuangan. Selain itu kamu juga dapat membacanya melalui smartphone kamu loh. Sangat memudahkan bukan?

Excel


4. Membuat Proses Kerja Lebih Efisien

Seperti yang telah kita ketahui bahwa saat ini kita berhadapan dengan kecanggihan teknologi yang semakin berkembang. Hal-hal dalam keseharian kita pun sudah sepatutnya beriringan dengan kecanggihan teknologi ini. Sebagai contoh, kita sering mendapatkan informasi melalui media digital. Untuk lebih memudahkannya, proses tindak lanjut terhadap data atau informasi perlu dikerjakan dengan bantuan software atau aplikasi yang sejalan, salah satunya adalah microsoft excel. Dengan menggunakan excel akan sangat membantu agar proses kerja lebih efisien dan lebih produktif.

Excel


Baca juga : Kenali Rumus IF pada 3 Kondisi dengan Excel


Penggunaan microsoft excel saat ini sudah menjadi kebutuhan bagi sebagian orang terutama yang kesehariannya berkaitan dengan laptop atau sejenisnya. Microsoft ini termasuk ke dalam software yang mudah dipelajari dan sudah cukup familiar. Ingin tahu lebih lanjut terkait excel> Kamu bisa coba modul gratis yang ada di DQLab. DQLab menyediakan berbagai modul gratis untuk belajar dari dasar dengan bahasa yang mudah dipahami.


DQLab menyajikan materi secara teori maupun praktek. Selain itu di DQLab pun menyediakan berbagai modul dan ebook dengan materi yang beragam sesuai kebutuhan.


Cara bergabungnya sangat mudah. Langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan nikmati belajar data science DQLab


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita





Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :