SUPER MID-YEAR SALE! DISKON 96%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 150K!

0 Hari 1 Jam 33 Menit 37 Detik

Sederetan Tugas & Wewenang Citizen Data Scientist

Belajar Data Science di Rumah 06-Februari-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/edee7ab83b5c34d651a23d4d1c551f1b_x_Thumbnail800.jpeg

Di tengah derasnya arus digitalisasi teknologi membuat peranan profesi baru kian bermunculan. Salah satu profesi yang kini berhasil mencuri di kalangan penggiat data adalah data scientist. Banyak perusahaan mulai merekrut bala bantuan khususnya yang berhubungan dengan data-data berskala besar. Berangkat dari alasan inilah data scientist hingga kini masih tetap dibutuhkan. Data scientist bertanggung jawab untuk melakukan prediksi data, pembuatan model machine learning, evaluasi operasional dan pengambilan keputusan berdasarkan data. Jadi, mau siapa lagi coba yang bisa begini selain posisi data scientist? 


Data scientist mulai difokuskan ke beberapa sektor industri. Mulai dari kesehatan, transportasi, manufaktur, operasional, sales & marketing, business intelligence, dan lain-lain. Tidak hanya dibutuhkan pada sektor-sektor diatas, namun uniknya data scientist juga mulai dibutuhkan pada sektor pemerintah dan pelayanan publik. Sebut saja posisi citizen data scientist. Posisi ini menjadi vital karena setiap harinya data terus diupdate dan ditransformasikan menjadi sebuah informasi yang bermanfaat bagi seluruh pihak termasuk masyarakat. Maka kemampuan statistika, matematika, algoritma dan penguasaan bahasa pemrograman tentu saja menjadi hal mutlak yang harus dikuasai. 


Lantas, apa saja tugas dan tanggung jawab yang dikerjakan oleh Citizen Data Scientist? Simak informasi lengkapnya melalui artikel DQLab berikut.


1. Mengenal Posisi Citizen Data Scientist

Citizen data scientist adalah istilah yang dikemukakan oleh Gartner, seorang analis dan peneliti di perusahaan. Beliau mengatakan bahwa Citizen data scientist adalah seorang ilmuwan maupun analis profesional yang membuat visualisasi data menggunakan analisis diagnostik dan melakukan kajian terhadap keseluruhan data yang dimilikinya untuk menghasilkan keputusan yang tepat bagi tim manajemen. Pada dasarnya, citizen data scientist memenuhi syarat sebagai analytic power user.

Data Scientist


Meskipun tidak memiliki tingkat keahlian dan keterampilan yang sama dengan yang dimiliki data scientist lengkap, ilmuwan data warga menjalankan algoritma pembelajaran mesin, melakukan penambangan data, membuat model analitik, menerapkan teknik analisis statistik, dan membuat visualisasi data, dasbor, dan laporan untuk mengomunikasikan temuan mereka kepada eksekutif bisnis dan pekerja. Mereka juga membawa pengetahuan khusus tentang masalah bisnis dan kebutuhan informasi ke aplikasi statistik.


Baca juga : Mengenal Profesi Data Scientist


2. Tugas dan Tanggung Jawab Citizen Data Scientist

Seperti ahli data scientist, citizen data scientist dapat secara khusus membantu organisasi melakukan hal berikut:

  • memprediksi bagaimana pelanggan akan merespons kampanye pemasaran dan promosi;

  • mengidentifikasi potensi peluang pendapatan baru berdasarkan tren bisnis;

  • mengoptimalkan manajemen rantai pasokan, layanan pelanggan, dan operasi lainnya;

  • menganalisis risiko keuangan dan reputasi untuk menghindari kemungkinan masalah bisnis;

  • mengembangkan rencana dan strategi bisnis yang lebih kuat; dan

  • mendapatkan keunggulan kompetitif atas pesaing bisnis.


Data Scientist



3. Pentingnya Peranan Citizen Data Scientist dalam Bisnis

Keberadaan posisi Citizen Data Scientist tentunya sangat penting khususnya dalam keberlanjutan suatu bisnis. Ilmuwan data mendokumentasikan temuan mereka dan mengomunikasikannya dengan para pemimpin bisnis dan TI. Mereka juga membuat rekomendasi untuk menyesuaikan strategi bisnis yang ada dan mengusulkan solusi untuk setiap tantangan bisnis yang mungkin timbul. 


Data Scientist


Mereka mempresentasikan datanya menggunakan teknik visualisasi yang mudah dipahami dan sering berkolaborasi dengan tim engineering atau pengembangan produk.


Baca juga : Yuk Kenal Role Data Scientist, Profesi Menarik Dengan Gaji Besar


4. Perbedaan Citizen Data Scientist dengan Data Expert

Secara keseluruhan, Citizen Data Scientist dan ahli data scientist melakukan pekerjaan yang sama. Namun, secara umum, seorang Citizen Data Scientist cenderung ditugaskan dengan aplikasi analitik yang kurang canggih dan lebih mudah daripada yang ahli sesuai dengan tingkat keahlian mereka yang berbeda. 


Data Scientist


Perbedaan-perbedaan itu memanifestasikan dirinya dalam cara-cara berikut:

  • Expert data scientist harus mahir dalam menggunakan Python, R, Julia, dan bahasa pemrograman lainnya, serta berbagai alat dan teknologi ilmu data, untuk membuat algoritma khusus dan model analitik kompleks. Mereka juga harus diselesaikan dalam semua aspek proses sains data, mulai dari penemuan, pengumpulan, pembersihan, dan persiapan data hingga pemilihan model, validasi dan penerapan, serta visualisasi data dan penceritaan .

  • Citizen Data Scientist membutuhkan keterampilan serupa tetapi lebih cenderung menggunakan kecerdasan buatan (AI) dan alat analitik tambahan yang mengotomatiskan bagian dari proses untuk mereka. Misalnya, perangkat lunak pembelajaran mesin otomatis (AutoML) menyederhanakan pengembangan dan penerapan model pembelajaran mesin, dengan sedikit atau tanpa perlu pengkodean. Alat lain dapat digunakan untuk membantu menemukan dan menyiapkan kumpulan data yang relevan dan membuat visualisasi data.


Dari sudut pandang organisasi, data science expert biasanya adalah anggota tim sains data yang lebih besar, bersama dengan data analyst, data Engineer, dan pekerja pendukung lainnya. Tim-tim tersebut seringkali terpusat tetapi dapat dibentuk di unit bisnis individu, terutama di organisasi yang lebih besar. 


Meskipun citizen data scientist mungkin ditugaskan ke tim data science di unit bisnis, banyak dari mereka bekerja secara mandiri untuk memenuhi kebutuhan bisnis tertentu. Namun, dalam hal itu, mereka mungkin memiliki koneksi dengan ilmuwan data ahli untuk mendapatkan bantuan dan kolaborasi sesuai kebutuhan.


Jadi bisa dibayangkan ya, apabila tugas data scientist bisa menjadi sebuah perpanjangan tangan kepada pemangku kepentingan untuk bisa merumuskan kebijakan yang tepat bagi sebuah bisnis. Nah, apakah kamu pengen juga seperti mereka sahabat DQLab? Untuk menjawab kebutuhan kamu, sekarang ini DQLab punya tiga bahasa pemrograman yang bisa kamu kuasai. Ada R, Python dan SQL. Belajarnya juga seru karena pakai live code editor biar langsung sekalian praktik. Terus cobain modul gratis dari kita yaitu “Introduction to Data Science with R” dan “Introduction to Data Science with Python”. 


Kalau pengen nambah belajarnya gimana min? Bisa banget! Caranya gimana? Langsung aja yuk buat subscribe akun kalian menjadi member DQLab Premium. Kamu juga diberikan kesempatan mendapatkan job connector dari perusahaan ternama di ranah industri data. Uniknya kamu bisa langsung apply dari akun kamu loh. So, tunggu apalagi, buruan bikin akunnya secara gratis dan lakukan SIGNUP dari sekarang ya!


Penulis: Reyvan Maulid




Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login