SUPER 6.6 SALE! DISKON 99%
Belajar Data Science 6 Bulan hanya 99K!

0 Hari 13 Jam 11 Menit 38 Detik

Sekilas Tentang Statistik untuk Data Analyst

Belajar Data Science di Rumah 23-Mei-2024
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/3-longtail-rabu-03-2024-05-23-221027_x_Thumbnail800.jpg

Metode statistik adalah sebuah alat yang digunakan untuk membantu proses pengolahan data menjadi sebuah informasi yang berguna. Dengan adanya metode statistik ini, maka insight baru yang akan dihasilkan akan lebih optimal. Metode statistik ini sangat berguna untuk bisa mendapatkan sebuah parameter yang akan digunakan dalam sebuah analisis. Metode ini juga sering digunakan oleh data analyst untuk mengolah data mereka. 


Metode statistik ini seiring dengan berjalannya waktu semakin berkembang, yang memungkinkan data analyst untuk mengolah data dengan metode-metode statistik tersebut. Pada artikel kita kali ini, kita akan melihat metode statistik apa saja yang harus dikuasai oleh data analyst. Apa sajakah itu? Mari kita lihat pembahasannya!


1. Mencari Rata-rata

Metode pertama yang cukup sering digunakan oleh data analyst untuk melakukan analisis statistik adalah mean atau sering disebut dengan rata-rata. Ketika ingin menghitung rata-rata, yang kalian perlukan adalah menambahkan daftar angka dan kemudian membagi angka tersebut dengan jumlah item dalam daftar.


Metode ini juga bisa memungkinkan penentuan sebuah tren secara keseluruhan dari kumpulan data dan mampu mendapatkan tampilan data yang cepat dan lebih ringkas. Manfaat dari metode ini juga termasuk ke dalam perhitungan yang sederhana dan juga cepat.

Data Analyst


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2. Analisis Regresi

Analisis regresi dalam statistik mempelajari hubungan antara variabel dependen (data yang akan diukur) dan variabel independen (data yang digunakan untuk memprediksi variabel dependen). Analisis ini juga dapat menunjukkan bagaimana satu variabel mempengaruhi variabel lainnya, atau bagaimana perubahan dalam satu variabel dapat memicu perubahan dalam variabel lain. Pada intinya, analisis regresi menggambarkan hubungan sebab-akibat, di mana hasil analisis bergantung pada satu atau lebih variabel.


3. Standar Deviasi

Standar deviasi adalah metode statistik yang digunakan untuk menilai seberapa jauh data tersebar dari rata-rata. Standar deviasi yang besar menunjukkan variasi data yang besar, sementara standar deviasi yang kecil menunjukkan variasi data yang kecil. Ada dua jenis standar deviasi, yaitu untuk populasi dan sampel. Standar deviasi untuk populasi disimbolkan dengan tau, sedangkan untuk sampel disimbolkan dengan s. 

Data Analyst


Baca juga : Data Analyst vs Data Scientist, Yuk Kenali Perbedaannya 


4. Hipotesis Test

Pengujian hipotesis dalam analisis statistik adalah sebuah kunci untuk menguji dua buah set variabel acak yang ada di dalam kumpulan data. Metode ini bisa menguji benar atau tidaknya sebuah argumen atau kesimpulan tertentu untuk kumpulan data, sehingga bisa membantu data analyst dalam memperkirakan bagaimana keputusan yang dibuat bisa mempengaruhi jalannya sebuah bisnis.


Belajar menjadi seorang data analyst adalah langkah yang cerdas dan strategis di era digital ini. Profesi ini tidak hanya menawarkan peluang karir yang luas, tetapi juga peran yang krusial dalam pengambilan keputusan bisnis. Sebagai data analyst, Anda akan memiliki kemampuan untuk mengolah data menjadi informasi yang berharga, yang dapat mengarahkan perusahaan ke arah kesuksesan.


Selain itu, belajar analisis data membuka pintu bagi Anda untuk mengembangkan kemampuan teknis seperti penggunaan SQL, Python, dan alat visualisasi data seperti Tableau dan Power BI. Ini adalah keterampilan yang tidak hanya meningkatkan daya saing Anda di pasar kerja, tetapi juga memberikan kepuasan profesional karena Anda dapat melihat langsung dampak dari pekerjaan Anda.


Jadi, jangan ragu untuk memulai perjalanan Anda menjadi data analyst. Investasikan waktu dan usaha Anda untuk belajar, baik melalui kursus online, pelatihan, maupun sertifikasi. Masa depan cerah menanti Anda dengan keterampilan yang kuat di bidang analisis data. 


Mulailah sekarang, dan jadilah bagian dari revolusi data! Cukup sign up di DQLab.id/signup untuk #MulaiBelajarData. Dapatkan sertifikat dan hadiah menarik setelah menyelesaikan modulnya, serta akses semua modul premium dengan berlangganan di DQLab.id atau ikuti Bootcamp Data Analyst with SQL and Python.


Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login