Buat Akun DQLab & Akses Kelas Data Science Python, R, SQL, Excel GRATIS!

Seluk Beluk Sistem Operasi SQL dan Perintah Dasarnya

Belajar Data Science di Rumah 16-Oktober-2023
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/1-longtail-jumat-06-2023-10-17-111231_x_Thumbnail800.jpg

Profesi praktisi data merupakan profesi yang saat ini diimpikan oleh banyak orang. Untuk menjadi praktisi data banyak skill yang perlu dikuasai beberapa diantaranya adalah kemampuan matematika ,berpikir secara logis, bahasa pemrograman, sistem informasi pemahaman bisnis, dan masih banyak lainnya.


Berbicara mengenai bahasa pemrograman mungkin sebagian besar orang telah mengetahui bahwa bahasa Python sering digunakan oleh praktisi data. Namun tahukah kalian bahwa untuk menjadi seorang praktisi data tidak cukup hanya menguasai bahasa Python saja.


Terdapat bahasa lainnya yaitu bahasa SQL yang berkaitan dengan sistem manajemen database relasional yang dapat diterapkan dengan beberapa sistem operasi SQL.


Bahasa SQL atau kepanjangan dari Structured Query Language merupakan salah satu bahasa query yang digunakan dalam sistem manajemen database relasional. Dengan menggunakan bahasa SQL ini pengguna dapat membuat, menghapus, mengubah, memanipulasi, mengakses database.


Sama seperti dengan bahasa pemrograman lainnya, SQL juga memiliki kekurangan serta kelebihan. Dalam proses penggunaannya pun terdapat beberapa perintah SQL yang perlu diketahui oleh pengguna agar pengguna dapat memahami cara penggunaan maupun sejarah SQL dengan baik.


1. Fungsi SQL

Seperti yang telah diketahui bahwa SQL ini merupakan bahasa query yang secara umum fungsinya bisa digunakan untuk mengakses database baik itu mulai dari membuat maupun menghapusnya. SQL ini sudah sering digunakan oleh para programmer untuk mengelola database maupun website.


Dengan menguasai SQL dan berbagai sistem operasi serta perintahnya, maka programmer dapat lebih mudah melaksanakan tugasnya tanpa harus menggunakan software lain untuk membuat database. Hal ini dapat dikatakan bahwa SQL cukup membantu dan mengefektifkan pekerjaan para programmer.


SQL


Baca juga : Bootcamp Data Analyst with SQL and Python


2.  Data Definition Language (DDL)

Data Definition Language (DDL) merupakan sub perintah bahasa SQL yang berguna untuk membangun kerangka database serta untuk mendefinisikan, mengatur semua atribut dan properti sebuah database.


Terdapat beberapa perintah dasar dalam DDL antara lain seperti create (untuk membuat beberapa kebutuhan), alter (untuk mengubah struktur tabel yang sudah dibuat) dan drop (untuk  menghapus database ataupun tabel).


3. Data Control Language (DCL)

Data Control Language merupakan sub perintah bahasa SQL yang berfungsi untuk mengontrol data dan server dalam database. Dalam DCL ini terdapat beberapa perintah dasar yang perlu diketahui seperti grant (perintah untuk memberi hak akses dari admin ke pengguna atau user) dan revoke (perintah untuk mencabut hak akses yang sebelumnya diberikan kepada pengguna). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa antara grant dan revoke ini memiliki fungsi yang berkebalikan.


4. Data Manipulation Language

Data manipulation language (DML) adalah salah satu perintah dasar SQL yang berfungsi untuk proses manipulasi data atau mengubah informasi data agar lebih terorganisir. Dengan menggunakan DML, pengguna dapat mengambil beberapa manfaat seperti data yang lebih konsisten dan rapi, bisa mendapatkan proyeksi data, serta membantu proses memperoleh data yang rapi dan efisien.


Contoh proses manipulasi data antara lain seperti mengelola log server, membuat prakiraan tren pasar saham, menilai biaya produk, melihat informasi online, dan menyusun data menurut abjad atau tanggal.


Baca juga : Catat! Ini 3 Keuntungan Belajar SQL dalam Mengolah Data


Penguasaan bahasa SQL juga perlu dipelajari oleh praktisi data. Dengan menguasai bahasa SQL akan memudahkan dalam proses pengelolaan database terutama yang berbasis relasional.


DQLab merupakan suatu platform belajar online yang berfokus pada pengenalan Data Science & Artificial Intelligence (AI) dengan menggunakan berbagai bahasa pemrograman populer. Selain itu DQLab merupakan platform edukasi pertama yang mengintegrasi fitur ChatGPT.


DQLab juga menggunakan metode HERO, yaitu Hands-On, Experiental Learning & Outcome-based, yang dirancang ramah untuk pemula. Untuk bisa merasakan pengalaman belajar yang praktis & aplikatif yuk langsung saja sign up di DQLab.id/signup dan ikuti DQLab LiveClass Bootcamp Data Analyst with SQL and Python sekarang! 


Penulis : Latifah Uswatun Khasanah

Editor : Annissa Widya Davita



Mulai Karier
sebagai Praktisi
Data Bersama
DQLab

Daftar sekarang dan ambil langkah
pertamamu untuk mengenal
Data Science.

Buat Akun


Atau

Sudah punya akun? Login