FLASH PROMO 90% + 50%! BELAJAR DATA SCIENCE 6 BULAN CUMA 180K
Bebas Akses 65 Modul Data Interaktif, Mentoring, Portofolio Data, dan Bersertifikat
SERBU DISINI!
Pendaftaran ditutup dalam 0 Hari 0 Jam 45 Menit 24 Detik 

Seluk Beluk Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif Terupdate

Belajar Data Science di Rumah 21-September-2022
https://dqlab.id/files/dqlab/cache/4345b496925654344658374421fefe3e_x_Thumbnail800.jpg

Teknik analisis data deskriptif kualitatif adalah salah satu teknik analisis data yang sering digunakan sebagai metode penelitian. Setiap penelitian pasti membutuhkan data. Untuk meningkatkan kualitas penelitian biasanya menggunakan data dari berbagai sumber yang relevan dengan penelitian yang dilakukan.


Data perlu dianalisis untuk memberikan wawasan dan tren berpengaruh yang memungkinkan penelitian berikutnya dibuat sesuai dengan keinginan atau kesukaan populasi umum.


Mengenal lebih jauh tentang teknik analisis data deskriptif penting kamu lakukan agar kamu dapat memahami benar-benar mengenai teknik pengolahan data yang satu ini. Dengan menerapkan teknik analisis data yang tepat maka akan semakin banyak informasi dapat diurutkan dan akan membantu kita untuk mendapatkan pandangan yang lebih jelas dan memiliki pemahaman yang lebih baik. 


Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap mengenai teknik analisis data deskriptif kualitatif. Kira-kira apa saja sih yang harus diperhatikan pada teknik analisis ini? Yuk, simak artikelnya!


1. Sekilas tentang Penelitian Kualitatif

Penelitian kualitatif merupakan penelitian yang akan berfokus pada data kualitatif. Sesuai dengan namanya, data kualitatif merupakan data yang tidak mementingkan jumlah kuantitas yang dimiliki, namun akan berfokus pada kualitas dari data.


Penelitian ini akan menggunakan perspektif subjek, karena akan berfokus pada pendapat pribadi seseorang mengenai sebuah tema atau kejadian yang sedang diteliti.

teknik analisis data

Pada penelitian kualitatif, peneliti akan lebih menekankan makna daripada generalisasi. Sehingga semakin dalam kamu bisa mendapatkan opini dari narasumber, maka data yang kamu miliki akan semakin berkualitas.


Baca juga: Tutorial Teknik Analisis Data untuk Pengambilan Keputusan


2. Analisis Data Deskriptif

Analisis deskriptif adalah salah satu jenis teknik analisis data yang dapat digunakan untuk jenis data kualitatif dan data kuantitatif. Walaupun bisa digunakan untuk kedua jenis data, namun proses analisisnya tetap berbeda.

teknik analisis data


Analisis Deskriptif merupakan salah satu metode yang bisa digunakan untuk menganalisis data. Seperti namanya, deskriptif yang berarti penggambaran lengkap mengenai data dengan cara mendeskripsikannya. Analisis ini merupakan analisis tahap pertama dan paling sederhana yang digunakan untuk mengenal data yang ada lebih lanjut.


Dari sinilah kemudian kita bisa memastikan apakah data yang digunakan tersebut cukup dianalisis dengan menggunakan teknik ini atau harus lanjut ke teknik inferensial atau teknik lainnya. Secara umum tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai masalah atau fenomena yang sedang dijadikan masalah.


3. Teknik Analisis Data Deskriptif Kualitatif

Pada penelitian kualitatif rumusan masalah biasanya diambil dari studi kasus yang akan diteliti. Teknik analisis data deskriptif pada penelitian kualitatif ini berupa proses menganalisis, menggambarkan dan meringkas kejadian atau fenomena dari data yang diperoleh melalui proses wawancara maupun pengamatan langsung ke lapangan.


Adapun tujuan dari analisis deskriptif kualitatif adalah untuk menggambarkan secara utuh dan mendalam mengenai kejadian berbagai fenomena yang diteliti.

teknik analisis data

(source: analyticssteps.com)


Pada penelitian kualitatif, analisis deskriptif ini akan memberikan gambaran terkait data seperti nilai rata-rata, nilai median, nilai maksimum, nilai minimum, dan berbagai informasi dasar lainnya.


4. Tahapan Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif 

Tahapan dari penelitian yang menggunakan analisis deskriptif kualitatif sebenarnya tidak jauh berbeda dengan tahapan yang dilakukan oleh jenis penelitian lainnya. Tahapannya seperti berikut:

  • Diawali dari dasar teori. Dari pemilihan teori ini lah peneliti bisa menentukan data seperti apa yang akan dibutuhkan. Biasanya, pada mahasiswa yang sedang menjalani tugas akhir, di tahapan ini pemilihan data bisa disetujui atau tidak oleh dosen pembimbingnya.

  • Setelah pasti dengan data yang akan digunakan, maka peneliti harus mulai menjadi orang, benda, atau keadaan yang dapat menjadi narasumber sehingga bisa menghasilkan data yang dibutuhkan.

  • Selanjutnya, setelah data didapatkan maka data ini akan dianalisis dengan cara induktif sehingga bisa ditemukan pola yang terkandung di dalamnya. Dari hal itu lah peneliti dapat merumuskan hipotesis.

  • Hipotesis yang ada akan diuji. Dari hasil pengujian tersebut barulah bisa diambil kesimpulan.


5. Contoh Teknik Analisis Deskriptif Kualitatif

Jika kita sudah membahas satu persatu mengenai teknik analisis deskriptif kualitatif, maka di poin ini kita akan membahas tentang contohnya. Salah satu metode yang bisa digunakan untuk menganalisis data yang berbentuk kualitatif dengan cara mendeskripsikannya adalah Word Cloud.

teknik analisis data


Teknik analisis ini sering ditemukan untuk analisis sentimen, dimana data yang digunakan hanya berupa pendapat atau data kualitatif. Kata-kata yang muncul di Word Cloud menunjukkan kata-kata yang ada di dalam data.


Semakin sering data tersebut digunakan dalam data, maka ukuran yang akan ditampilkan dalam Word Cloud akan semakin besar. Begitupun sebaliknya, ukuran yang ditampilkan dalam Word Cloud akan semakin kecil jika semakin jarang kata tersebut muncul di dalam data.


Baca juga : Langkah-Langkah Menggunakan Teknik Analisis Data Kualitatif


Teknik analisis deskriptif kualitatif hanyalah salah satu dari berbagai teknik analisis yang sering digunakan dalam penelitian. Ketika kamu ingin melakukan penelitian, kamu harus paham berbagai teknik analisis sehingga bisa tepat penggunaannya untuk penelitian. Kompetensi ini juga berlaku jika kamu ingin menjadi Data Analyst. 


Tidak hanya tekniknya saja, namun tools yang digunakan wajib dikuasai. Salah satunya yaitu Python yang menjadi bahasa pemrograman populer untuk Data Science. Kamu bisa mempelajari analisis data menggunakan Python dengan bergabung di DQLab.id.


Dapatkan sertifikat gratis di setiap penyelesaian modulnya serta wadah sharing bersama member dan instruktur data di Discord DQLab. Yuk, gabung sekarang!


Penulis: Salsabila MR

Editor: Annisa Widya Davita




Mulai Belajar
Data Science Sekarang
Bersama DQLab

Buat Akun Belajarmu & Mulai Langkah
Kecilmu Mengenal Data Science.

Buat Akun Gratis Dengan :

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/8be7fae4b69abead22aa9296bcab7b4b.jpg Sign-Up dengan Google

https://dqlab.id/files/dqlab/file/data-web-1/data-user-2/50040333a3a5d46bf130664e5870ebc6/d0aa879292fb427c0978d2a12b416e98.jpg Sign-Up dengan Facebook

Atau Buat Dengan :